Kawan Mastah, Ini Dia Cara Membaca Alif Lam Syamsiyah

Cara Membaca Alif Lam Syamsiyah

Alif Lam Syamsiyah merupakan salah satu jenis huruf arab yang memiliki karakteristik khusus. Saat membaca ayat yang mengandung Alif Lam Syamsiyah, kamu perlu memperhatikan cara membacanya dengan benar agar tidak salah dalam memahami makna yang tersirat di dalamnya. Berikut ini adalah cara membaca Alif Lam Syamsiyah yang benar:

1. Mengenal Apa Itu Alif Lam Syamsiyah

Alif Lam Syamsiyah adalah gabungan dari huruf Alif, Lam, dan Syamsiyah yang disusun menjadi satu kesatuan. Huruf tersebut memiliki ciri khusus seperti terjadinya penggabungan suara ketika dibaca secara bersambung dengan kata yang mengikutinya.

Contohnya pada ayat Alhamdulillahirobbil ‘aalamiin yang mengandung Alif Lam Syamsiyah. Saat membaca ayat tersebut, kamu perlu meleburkan suara hamzah di dalamnya sehingga terdengar seperti “Alhamdulillahirobbil ‘aalamiin”.

2. Mengenal Fungsi Alif Lam Syamsiyah

Alif Lam Syamsiyah memiliki beberapa fungsi dalam bahasa arab, antara lain:

No
Fungsi
Contoh
1
Menunjukkan sesuatu yang sudah jelas/telah diketahui
Al-Quran, Al-Kitab
2
Menunjukkan sesuatu yang masih akan dibicarakan
Alif Lam Mim, Alif Lam Ra
3
Menunjukkan sesuatu yang spesifik/tertentu
Al-Ba’its, Al-Jannah

3. Cara Membaca Alif Lam Syamsiyah

Untuk membaca Alif Lam Syamsiyah, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

a. Menghilangkan Hukum Tajwid

Saat membaca Alif Lam Syamsiyah, kamu perlu menghilangkan hukum tajwid seperti idgham, iqlab, dan izhar. Hal ini dilakukan karena Alif Lam Syamsiyah merupakan satu kesatuan dan tidak boleh dibaca secara terpisah.

b. Meleburkan Suara Hamzah

Alif Lam Syamsiyah biasanya diikuti oleh huruf yang memiliki hukum bertemu. Hal ini menyebabkan suara hamzah pada huruf Alif bergabung dengan huruf berikutnya dan terdengar seperti satu suara.

c. Memperhatikan Hukum Qolqolah

Jika Alif Lam Syamsiyah diikuti oleh huruf qolqolah, maka kamu perlu memperhatikan hukum qolqolah. Hukum ini dilakukan dengan memberi suara getar pada huruf qolqolah saat dibaca.

d. Membaca Dengan Lancar

Agar membaca Alif Lam Syamsiyah terdengar lancar dan enak didengar, maka kamu perlu melatih pengucapan dengan benar dan berulang-ulang.

4. Kesalahan Umum Saat Membaca Alif Lam Syamsiyah

Beberapa kesalahan umum saat membaca Alif Lam Syamsiyah antara lain:

a. Salah Memperhatikan Hukum Tajwid

Saat membaca Alif Lam Syamsiyah, banyak orang yang tidak memperhatikan hukum tajwid seperti idgham, iqlab, dan izhar. Hal ini menyebabkan kesalahan dalam membaca dan memahami ayat yang ada.

b. Salah Memperhatikan Suara Hamzah

Banyak orang yang salah dalam memperhatikan suara hamzah pada huruf Alif. Sehingga, saat membaca Alif Lam Syamsiyah, pengucapan mereka terdengar salah dan tidak enak didengar.

c. Tidak Melatih Pengucapan

Banyak orang yang hanya membaca Alif Lam Syamsiyah saat membaca Al-Quran tanpa melatih pengucapan dengan benar. Hal ini menyebabkan suara mereka terdengar tidak lancar dan tidak enak didengar.

d. Tidak Membaca Dengan Tenang dan Khusyuk

Saat membaca Al-Quran, kamu perlu membacanya dengan tenang dan khusyuk. Hal ini akan membantu kamu dalam memahami makna yang tersirat di dalamnya.

5. FAQ Tentang Cara Membaca Alif Lam Syamsiyah

a. Apa itu Alif Lam Syamsiyah?

Alif Lam Syamsiyah adalah gabungan dari huruf Alif, Lam, dan Syamsiyah yang disusun menjadi satu kesatuan. Huruf tersebut memiliki ciri khusus seperti terjadinya penggabungan suara ketika dibaca secara bersambung dengan kata yang mengikutinya.

b. Apa saja fungsi Alif Lam Syamsiyah?

Alif Lam Syamsiyah memiliki beberapa fungsi dalam bahasa arab, antara lain menunjukkan sesuatu yang sudah jelas/telah diketahui, menunjukkan sesuatu yang masih akan dibicarakan, dan menunjukkan sesuatu yang spesifik/tertentu.

c. Apa saja kesalahan umum saat membaca Alif Lam Syamsiyah?

Kesalahan umum saat membaca Alif Lam Syamsiyah antara lain salah memperhatikan hukum tajwid, salah memperhatikan suara hamzah, tidak melatih pengucapan, dan tidak membaca dengan tenang dan khusyuk.

Kawan Mastah, Ini Dia Cara Membaca Alif Lam Syamsiyah