Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

Hello Kawan Mastah! Kamu pasti sudah mengetahui bahwa vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya yang sangat penting untuk memberantas pandemi virus corona yang masih melanda hampir di seluruh dunia. Nah, saat ini pemerintah Indonesia sudah meluncurkan aplikasi Pedulilindungi, yang mana aplikasi ini digunakan untuk mengecek sertifikat vaksin yang kamu miliki. Pada artikel ini, kita akan membahas secara lengkap cara melihat sertifikat vaksin di Pedulilindungi. Yuk simak!

Apa itu Pedulilindungi?

Sebelum membahas cara melihat sertifikat vaksin di Pedulilindungi, ada baiknya kita mengenal sedikit tentang aplikasi Pedulilindungi terlebih dahulu. Pedulilindungi merupakan aplikasi yang dirilis oleh pemerintah Indonesia untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pelacakan kontak, pencegahan, dan pengendalian Covid-19. Selain digunakan untuk melihat sertifikat vaksin, aplikasi ini juga memiliki fitur lainnya seperti cek lokasi tes Covid-19 terdekat, cek lokasi vaksinasi, dan masih banyak lagi.

Langkah-langkah Melihat Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

Langkah 1: Download dan Instal Aplikasi Pedulilindungi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk melihat sertifikat vaksin di Pedulilindungi adalah dengan mengunduh aplikasi Pedulilindungi di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, instal aplikasi tersebut di smartphone kamu.

Langkah 2: Buka Aplikasi Pedulilindungi

Setelah berhasil diunduh dan diinstal, buka aplikasi Pedulilindungi di smartphone kamu. Pada halaman awal, kamu akan melihat beberapa fitur yang tersedia di aplikasi tersebut.

Langkah 3: Pilih Menu Sertifikat Vaksin

Selanjutnya, kamu harus memilih menu “Sertifikat Vaksin” yang terdapat pada halaman utama aplikasi Pedulilindungi. Tampilan menu sertifikat vaksin dapat kamu lihat seperti pada gambar berikut.

Tampilan Menu Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi
Tampilan Menu Sertifikat Vaksin Di Pedulilindungi
Tampilan Menu Sertifikat Vaksin Di Pedulilindungi Source Bing.com

Langkah 4: Tambahkan Nomor Kartu Identitas dan Nama Sesuai Data Vaksin

Setelah memilih menu sertifikat vaksin, kamu akan diminta untuk menambahkan nomor kartu identitas kamu seperti KTP atau SIM, atau nomor paspor jika kamu bukan warga negara Indonesia. Selanjutnya, tuliskan nama lengkap kamu sesuai dengan data vaksinasi yang kamu miliki.

Langkah 5: Verifikasi dengan OTP

Setelah melengkapi data, kamu akan diminta untuk memverifikasi dengan one-time password (OTP) yang akan dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon yang terdaftar pada data vaksinasi kamu. Masukkan OTP tersebut pada kolom yang tersedia di aplikasi Pedulilindungi.

Langkah 6: Cek Sertifikat Vaksin

Jika verifikasi berhasil, kamu akan langsung melihat sertifikat vaksin di aplikasi Pedulilindungi. Sertifikat vaksin tersebut terdiri dari beberapa informasi seperti history vaksinasi, tanggal vaksinasi terakhir, jenis vaksin, dan masih banyak lagi. Berikut adalah contoh tampilan sertifikat vaksin di Pedulilindungi.

Tampilan Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi
Tampilan Sertifikat Vaksin Di Pedulilindungi
Tampilan Sertifikat Vaksin Di Pedulilindungi Source Bing.com

FAQ Tentang Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi

1. Apakah Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi Sah?

Ya, sertifikat vaksin di Pedulilindungi sah dan diakui oleh pemerintah Indonesia. Dalam sertifikat vaksin tersebut terdapat informasi resmi dari Kementerian Kesehatan tentang vaksinasi yang kamu ikuti.

2. Apakah Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi Dapat Digunakan sebagai Syarat Masuk ke Suatu Tempat?

Ya, sertifikat vaksin di Pedulilindungi dapat digunakan sebagai syarat masuk ke suatu tempat atau acara tertentu yang mensyaratkan bukti vaksinasi Covid-19.

3. Apakah Sertifikat Vaksin yang Sudah Dicetak Juga Bisa Dicek di Pedulilindungi?

Ya, sertifikat vaksin yang kamu miliki dalam bentuk fisik atau dicetak juga bisa dicek di Pedulilindungi dengan menggunakan nomor kartu identitas dan nama yang sama dengan data saat vaksinasi.

4. Bagaimana Jika Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi Tidak Sesuai dengan Data Vaksinasi yang Saya Miliki?

Jika ada kesalahan dalam data sertifikat vaksin di Pedulilindungi, segera laporkan ke Dinas Kesehatan atau pihak yang bertanggung jawab.

5. Apa Saja Informasi yang Terdapat pada Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi?

Informasi yang terdapat pada sertifikat vaksin di Pedulilindungi meliputi history vaksinasi, tanggal vaksinasi terakhir, jenis vaksin, dan masih banyak lagi.

Sekian artikel tentang cara melihat sertifikat vaksin di Pedulilindungi. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat dan membantu kamu dalam memantau status vaksinasi Covid-19 kamu. Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan terus jaga kesehatan ya, Kawan Mastah!

Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi