Cara Main Domino untuk Kawan Mastah yang Tidak Terlalu Serius

Halo Kawan Mastah, apa kabar? Semoga kamu selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini, kita akan membahas tentang cara main domino yang sangat mudah dipahami dan cocok untuk kamu yang tidak terlalu serius dalam bermain. Yuk, kita mulai!

Pengertian Domino

Domino adalah sebuah permainan kartu yang terdiri dari 28 buah kartu dengan titik-titik kecil di dalamnya. Permainan ini biasanya dimainkan oleh dua hingga empat orang. Tujuan dari permainan domino adalah untuk mencetak poin sebanyak-banyaknya dari kartu yang dipegang.

Sejarah Domino

Asal usul dari permainan domino belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa sejarawan meyakini bahwa permainan ini berasal dari Tiongkok pada abad ke-12 dan kemudian menyebar ke Eropa pada abad ke-18. Di Indonesia sendiri, permainan domino sudah sangat populer sejak lama dan menjadi salah satu permainan yang sering dimainkan oleh masyarakat.

Jenis-jenis Domino

Ada banyak jenis domino yang dapat kamu mainkan. Di antaranya adalah:

Jenis Domino
Jumlah Kartu
Tipe Permainan
Domino Klasik
28 kartu
2-4 pemain
Domino Qiu-Qiu
28 kartu
2-6 pemain
Domino Gaple
28 atau 32 kartu
2-4 pemain
Domino Ceme
28 kartu
2-8 pemain

Cara Main Domino Klasik

Domino klasik merupakan jenis domino yang paling sering dimainkan. Berikut adalah cara mainnya:

Persiapan

Sebelum memulai permainan, kamu perlu menyiapkan beberapa hal berikut:

  • 28 buah kartu domino
  • Meja atau tempat yang rata untuk bermain
  • Pemain yang berjumlah 2-4 orang
  • Penanda poin

Tata Cara Main

Setelah persiapan selesai, kamu bisa mulai memainkan domino dengan cara berikut:

  1. Bagikan masing-masing pemain sebanyak 7 kartu dan tutup sisa kartu dengan membentuk tumpukan di tengah meja.
  2. Pemain yang memiliki kartu dengan jumlah titik terbanyak akan menjadi pemain pertama.
  3. Pemain pertama harus meletakkan kartu dengan jumlah titik yang sama pada salah satu sisi kartu yang sudah diletakkan di tengah meja.
  4. Pemain selanjutnya harus meletakkan kartu dengan jumlah titik yang sama pada salah satu sisi kartu yang sudah diletakkan di tengah meja.
  5. Jika seorang pemain tidak bisa memasangkan kartu yang dimilikinya dengan kartu yang ada di tengah meja, maka pemain tersebut harus mengambil satu kartu dari tumpukan kartu di tengah meja. Jika kartu tersebut bisa dimainkan, maka pemain tersebut harus memainkan kartu tersebut pada gilirannya. Namun, jika kartu tersebut tidak bisa dimainkan, maka pemain tersebut harus melewatkan giliran.
  6. Pemain yang berhasil melawan semua kartu yang dimilikinya adalah pemenangnya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah domino hanya bisa dimainkan secara offline?

Tidak, sekarang sudah banyak platform online yang menyediakan permainan domino secara virtual. Kamu bisa bermain dengan pemain dari seluruh dunia melalui smartphone atau komputer.

2. Apakah ada strategi khusus dalam bermain domino?

Tentu saja, ada beberapa strategi khusus yang bisa kamu terapkan dalam bermain domino. Namun, strategi tersebut tergantung dari jenis domino yang kamu mainkan dan gaya permainanmu sendiri.

3. Apakah domino termasuk permainan judi?

Tergantung dari negara dan regulasi yang berlaku. Namun, di Indonesia sendiri, domino tidak dianggap sebagai permainan judi asalkan tidak ada uang yang dipertaruhkan.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bermain domino?

Waktu yang dibutuhkan untuk bermain domino tergantung dari banyak faktor, seperti jumlah pemain, jenis domino, dan gaya permainan. Namun, sekitar 20-30 menit adalah waktu yang cukup umum untuk satu sesi permainan.

5. Bagaimana jika ada perbedaan dalam aturan bermain antara pemain?

Sebaiknya, sebelum memulai permainan, kamu dan pemain lainnya harus menyepakati aturan yang akan diterapkan. Jika ada perbedaan, sebaiknya coba mencari jalan tengah yang bisa diterima oleh semua pihak.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang cara main domino. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu untuk memulai permainan domino dengan baik. Selamat mencoba!

Cara Main Domino untuk Kawan Mastah yang Tidak Terlalu Serius