Cara Buat Martabak Manis untuk Kawan Mastah

Salam hangat untuk Kawan Mastah! Bagi yang belum pernah mencicipi martabak manis, pasti penasaran bagaimana rasanya yang lezat dan menggoyang lidah. Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan cara membuat martabak manis yang lezat dan mudah untuk Kawan Mastah coba di rumah. Mari kita mulai!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat martabak manis, pastikan kita sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
5 sendok makan
Telur
3 butir
Susu cair
300 ml
Ragi
1 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh
Vanili
1/2 sendok teh
Mentega
50 gram, lelehkan
Mesin pemanggang martabak
1 buah

Cara Membuat

1. Siapkan Adonan Martabak Manis

Pertama-tama, siapkan mangkuk besar untuk membuat adonan martabak manis. Masukkan tepung terigu, gula pasir, ragi, garam, dan vanili ke dalam mangkuk, lalu aduk rata.

Selanjutnya, tambahkan telur dan susu cair, lalu aduk kembali sampai adonan tercampur rata. Tambahkan mentega cair, kemudian aduk kembali sampai adonan tercampur rata dan lembut.

2. Diamkan Adonan Martabak Manis

Cover mangkuk dengan serbet bersih atau plastik wrap, lalu diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang dua kali lipat.

3. Panaskan Mesin Pemanggang Martabak

Panaskan mesin pemanggang martabak dengan api sedang selama 5-10 menit. Setelah itu, olesi permukaan pemanggang dengan mentega atau minyak agar adonan tidak lengket.

4. Tuangkan Adonan ke dalam Mesin Pemanggang

Tuangkan adonan ke dalam mesin pemanggang martabak. Pastikan adonan merata pada permukaan pemanggang dan tidak terlalu tebal.

5. Tambahkan Topping

Tambahkan topping martabak manis sesuai selera, seperti cokelat, keju, kacang, atau selai. Taburi topping di atas adonan yang sudah di tuangkan ke dalam mesin pemanggang. Jangan lupa, jangan terlalu banyak menambahkan topping agar martabak manis tidak terlalu penuh dan enak saat di makan.

6. Tutup Mesin Pemanggang

Tutup mesin pemanggang dan biarkan adonan martabak matang selama 5-10 menit. Pastikan martabak manis tidak terlalu matang atau terlalu basah, yang penting matang merata.

7. Angkat dan Sajikan

Buka tutup mesin pemanggang, angkat martabak manis dengan spatula, lalu sajikan di piring. Martabak manis siap di hidangkan untuk Kawan Mastah.

FAQ

Apa keuntungan membuat martabak manis sendiri?

Keuntungan membuat martabak manis sendiri adalah kita dapat menyesuaikan rasa dan topping sesuai selera. Selain itu, kita juga dapat mengetahui bahan-bahan yang digunakan dan bisa menggunakan bahan yang lebih sehat untuk kesehatan kita.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat martabak manis?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat martabak manis adalah kurang lebih 1,5 – 2 jam, tergantung dari fermentasi adonan dan jumlah martabak manis yang ingin dibuat.

Bisakah martabak manis di simpan di kulkas?

Tidak disarankan untuk menyimpan martabak manis di kulkas karena martabak manis akan kehilangan kelembutan dan kelezatannya. Sebaiknya, martabak manis langsung dihidangkan setelah matang.

Dapatkah martabak manis dijadikan ide bisnis?

Tentu saja! Martabak manis dapat dijadikan sebagai ide bisnis yang menjanjikan. Kita dapat memulai dengan membuat martabak manis dirumah, lalu menjualnya di lingkungan sekitar. Kemudian, jika bisnis sukses, kita bisa membuka toko martabak.

Demikianlah cara membuat martabak manis yang lezat dan mudah untuk Kawan Mastah. Selamat mencoba membuat martabak manis sendiri di rumah!

Cara Buat Martabak Manis untuk Kawan Mastah