Cara Membuat Bolu Karamel untuk Kawan Mastah

Halo, kawan Mastah! Apakah kamu suka makanan manis? Jika ya, pasti kamu bakal suka dengan bolu karamel. Bolu karamel adalah salah satu jenis kue yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan unik membuat bolu karamel menjadi makanan favorit banyak orang. Nah, jika kamu ingin membuat bolu karamel sendiri di rumah, yuk simak cara membuatnya berikut ini.

Daftar Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat bolu karamel, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan yang harus kamu siapkan.

Bahan untuk Bolu
Bahan untuk Karamel
250 gram tepung terigu
150 gram gula pasir
250 gram gula pasir
100 ml air matang
6 butir telur ayam
2 sendok makan sirup kental
100 gram mentega
50 gram butter
1 sendok teh baking powder
1 sendok teh vanili bubuk
1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Bolu Karamel

1. Siapkan Loaf Pan

Pertama-tama, siapkan loyang loaf pan dan olesi dengan mentega. Panaskan oven pada suhu 180 derajat celcius.

2. Buat Karamel

Untuk membuat karamel, masukkan gula pasir, air matang, dan sirup kental ke dalam panci. Panaskan panci dengan api sedang. Aduk-aduk hingga gula larut dan berubah warna menjadi cokelat keemasan. Jangan sampai terlalu lama karena bisa membuat karamel terlalu pahit.

3. Tuangkan Karamel ke Loaf Pan

Setelah karamel siap, tuangkan ke dalam loaf pan yang sudah dipersiapkan tadi. Pastikan karamel merata dan menutupi seluruh permukaan loyang. Sisihkan dan biarkan sampai dingin.

4. Campurkan Bahan untuk Bolu

Siapkan mangkuk besar dan campurkan tepung terigu, baking powder, vanili bubuk, dan garam. Aduk hingga rata.

5. Kocok Telur dan Gula

Selanjutnya, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih. Gunakan mixer dengan kecepatan tinggi agar proses mengocok lebih cepat.

6. Tambahkan Mentega Cair

Setelah telur dan gula tercampur rata, tambahkan mentega cair dan aduk rata hingga tercampur merata.

7. Campurkan Tepung

Tambahkan campuran tepung dan aduk rata hingga tidak ada gumpalan. Pastikan adonan bolu tercampur rata dan tidak bergerindil.

8. Tuangkan Adonan ke Loaf Pan

Setelah adonan tercampur rata, tuangkan ke dalam loaf pan yang sudah berisi karamel. Pastikan adonan merata dan menutupi seluruh permukaan karamel.

9. Panggang Bolu Karamel

Panggang bolu karamel selama kurang lebih 50-60 menit atau hingga matang. Gunakan tusuk gigi untuk mengecek apakah bolu sudah matang atau belum. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti bolu sudah matang.

10. Angkat dan Sajikan

Setelah matang, angkat bolu karamel dari dalam oven dan biarkan dingin sejenak. Setelah dingin, balikkan loyang sehingga karamel berada di atas dan bolu di bawah. Potong sesuai ukuran yang diinginkan dan sajikan di atas piring.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah bisa membuat bolu karamel tanpa karamel?

Tentu saja bisa. Kamu tetap bisa membuat bolu biasa tanpa menggunakan karamel. Namun, untuk rasa yang lebih unik dan nikmat, karamel tetap menjadi bahan wajib untuk membuat bolu karamel.

2. Apakah mentega bisa diganti dengan margarin?

Ya, mentega bisa diganti dengan margarin. Namun, rasanya tidak seharum dan se-enak jika menggunakan mentega asli.

3. Apakah bisa menggunakan loyang bulat?

Tentu saja bisa. Kamu bisa menggunakan loyang bulat atau bentuk loyang lainnya. Namun, pastikan ukuran loyang yang digunakan sama dengan ukuran loyang yang ada pada resep.

4. Berapa lama bolu karamel bisa disimpan?

Bolu karamel bisa disimpan di dalam kulkas selama kurang lebih 3-4 hari. Pastikan untuk menyimpannya di dalam wadah tertutup agar tidak terkena bakteri dan membuat bolu cepat rusak.

5. Bisakah bolu karamel dibuat tanpa oven?

Tidak bisa. Bolu karamel hanya bisa dibuat dengan menggunakan oven karena proses pembakarannya yang membutuhkan suhu yang cukup tinggi dan merata.

Cara Membuat Bolu Karamel untuk Kawan Mastah