Cara Membuat Tomyam

Hello Kawan Mastah, kali ini kita akan membahas cara membuat tomyam yang tentunya enak dan lezat. Tomyam adalah salah satu masakan Thailand yang terkenal di seluruh dunia. Masakan ini memiliki rasa yang pedas, asam, dan segar yang membuatnya sangat populer. Berikut adalah cara membuat tomyam yang mudah dan praktis.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum kita mulai membuat tomyam, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat tomyam:

Bahan-Bahan
Jumlah
Air
1 liter
Serai
2 batang
Daun Jeruk
5 lembar
Jeruk Nipis
1 buah
Cabe Merah
10 buah
Cabe Rawit
5 buah
Jahe
1 ruas jari
Tomat
2 buah
Bawang Putih
5 siung
Bawang Merah
5 siung
Gula Merah
1 sendok makan
Garam
secukupnya
Kaldu Ayam
secukupnya
Ikan Teri
secukupnya
Caraishi
secukupnya
Daging Ayam
250 gram

Langkah-Langkah Membuat Tomyam

Setelah semua bahan siap, kita bisa mulai membuat tomyam dengan langkah-langkah berikut:

1. Membuat Kaldu Ayam

Langkah pertama dalam membuat tomyam adalah membuat kaldu ayam terlebih dahulu. Untuk membuat kaldu ayam, rebus air bersama dengan serai dan daun jeruk hingga mendidih. Setelah itu, masukkan daging ayam dan rebus hingga daging ayam matang.

2. Membuat Bumbu Halus

Setelah kaldu ayam matang, haluskan bawang putih, bawang merah, cabe merah, cabe rawit, jahe, dan tomat menggunakan blender atau ulekan. Setelah itu, tumis bumbu halus menggunakan minyak goreng hingga harum.

3. Menambahkan Kaldu Ayam

Setelah bumbu halus harum, tambahkan kaldu ayam yang telah dibuat sebelumnya ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan biarkan mendidih.

4. Menambahkan Bahan Lainnya

Setelah tomyam mendidih, tambahkan garam, gula merah, ikan teri, caraishi, dan irisan jeruk nipis. Aduk rata dan biarkan mendidih kembali.

5. Menyajikan Tomyam

Setelah tomyam matang, sajikan dalam mangkuk dan taburi daun seledri atau daun ketumbar di atasnya. Tomyam siap disajikan dan dinikmati.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ)

1. Apa itu tomyam?

Tomyam adalah salah satu masakan Thailand yang terkenal di seluruh dunia. Masakan ini memiliki rasa yang pedas, asam, dan segar yang membuatnya sangat populer.

2. Apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat tomyam?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tomyam antara lain air, serai, daun jeruk, jeruk nipis, cabe merah, cabe rawit, jahe, tomat, bawang putih, bawang merah, gula merah, garam, kaldu ayam, ikan teri, caraishi, dan daging ayam.

3. Apa saja langkah-langkah dalam membuat tomyam?

Langkah-langkah dalam membuat tomyam antara lain membuat kaldu ayam, membuat bumbu halus, menambahkan kaldu ayam ke dalam tumisan bumbu, menambahkan bahan lainnya, dan menyajikan tomyam.

4. Apa sajakah bahan pengganti untuk membuat tomyam?

Bahan pengganti untuk membuat tomyam antara lain udang, cumi-cumi, daging sapi, dan jamur shiitake.

5. Bagaimana cara membuat tomyam yang lebih pedas?

Untuk membuat tomyam yang lebih pedas, tambahkan lebih banyak cabe rawit dan cabe merah sesuai selera.

Cara Membuat Tomyam