Cara Buat Vla Puding – Resep Mudah dan Enak untuk Kawan Mastah

Halo teman-teman semua, selamat datang di artikel kami tentang cara membuat vla puding yang lezat dan enak. Kawan Mastah pasti sudah tidak sabar untuk mencoba resep ini, bukan? Baiklah, langsung saja kita mulai.

1. Persiapan Bahan-Bahan

Sebelum memasak, pertama-tama kita harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat vla puding. Berikut adalah daftar bahan yang perlu disiapkan:

1. Puding instan
1 sachet
2. Susu cair
500 ml
3. Gula pasir
100 gram
4. Vanili bubuk
1 sendok makan
5. Telur ayam
2 butir
6. Maizena
2 sendok makan
7. Air
100 ml

Bahan-bahan yang sudah disiapkan sebaiknya diletakkan di tempat yang mudah dijangkau dan sudah diukur sesuai dengan takaran yang diperlukan. Hal ini akan memudahkan proses memasak dan menghindari kekeliruan dalam mengukur takaran bahan.

2. Langkah-Langkah Membuat Puding

Setelah bahan-bahan sudah siap, selanjutnya kita mulai memasak puding dengan langkah-langkah berikut:

a. Membuat Puding

1. Siapkan panci dan masak susu cair, gula pasir, dan vanili bubuk di dalamnya dengan api kecil hingga mendidih.

2. Setelah mendidih, masukkan puding instan. Aduk rata hingga tidak terdapat gumpalan.

3. Masak lagi puding sambil terus diaduk selama sekitar 2-3 menit. Kemudian, matikan api dan diamkan beberapa saat hingga puding sedikit dingin.

b. Membuat Vla Puding

1. Pisahkan putih dan kuning telur. Pada wadah yang berbeda, kocok kuning telur dan maizena dengan whisk hingga rata.

2. Setelah rata, campurkan dengan sedikit air dan tuang ke dalam puding yang sudah dibuat tadi. Kemudian, aduk rata.

3. Masak kembali adonan puding sambil terus diaduk selama sekitar 3-5 menit dengan api kecil hingga mengental. Kemudian, matikan api dan diamkan beberapa saat hingga mengendap.

3. Penyajian Vla Puding

Setelah vla puding sudah dihasilkan, maka selanjutnya kita tinggal menyajikannya dengan cara yang sesuai. Berikut adalah tips dalam menyajikan vla puding:

a. Penyajian Sederhana

Cara sederhana dalam menyajikan vla puding adalah dengan menuangkan vla puding di atas puding yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian beri topping yang diinginkan seperti buah-buahan atau kacang.

b. Penyajian Spesial

Jika ingin menyajikan vla puding dengan tampilan yang lebih spesial, bisa mencoba menyajikannya dengan cara seperti berikut:

1. Siapkan cangkir atau wadah saji yang diinginkan.

2. Ambil potongan cake atau biskuit, kemudian taruh di dasar cangkir tersebut.

3. Tuangkan puding di atas cake atau biskuit tersebut.

4. Tambahkan lagi potongan cake atau biskuit di atas puding tersebut.

5. Tuangkan vla di atas cake atau biskuit yang sudah ditambahkan tadi.

6. Beri topping seperti buah-buahan atau coklat serut di atas vla puding tersebut.

4. FAQ (Frequently Asked Questions)

a. Apakah vla puding ini cocok untuk dijadikan hidangan penutup?

Tentu saja! Vla puding ini sangat cocok untuk dijadikan hidangan penutup yang lezat dan enak untuk keluarga atau tamu yang berkunjung ke rumah. Menampilkan vla puding ini juga bisa memberikan kesan yang spesial untuk tamu yang berkunjung.

b. Bisa gak memakai puding buatan sendiri?

Biasanya, vla puding yang dihasilkan akan lebih baik jika menggunakan puding instan yang sudah ada di pasaran. Namun, jika memang ingin menghasilkan puding dengan resep sendiri, bisa mencoba menggunakan bahan-bahan seperti tepung maizena, telur, susu cair, dan gula pasir.

c. Apakah vla puding ini bisa disimpan dalam freezer?

Ya, vla puding yang sudah matang bisa disimpan dalam freezer. Namun, sebaiknya jangan disimpan terlalu lama agar rasa dan tekstur dari vla puding tetap terjaga. Selain itu, simpan vla puding dalam wadah yang rapat untuk menghindari bau freezer masuk ke dalam vla puding.

d. Bagaimana cara membuat vla puding yang lebih kental?

Jika ingin membuat vla puding yang lebih kental, bisa menambahkan beberapa sendok tepung maizena pada saat memasak vla puding. Selain itu, memasak vla puding dengan api yang lebih lama juga bisa membuat vla puding lebih kental.

e. Apakah ada rekomendasi bahan pengganti untuk telur?

Untuk kawan-kawan yang tidak bisa mengonsumsi telur, bisa mencoba menggunakan bahan pengganti seperti susu kental manis atau bubuk agar-agar. Namun, rasanya bisa berbeda dengan vla puding yang menggunakan telur sebagai bahan utama.

Demikianlah resep cara membuat vla puding yang mudah dan enak untuk kawan Mastah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan kawan-kawan semua bisa mencoba membuat vla puding sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Cara Buat Vla Puding – Resep Mudah dan Enak untuk Kawan Mastah