Cara Masak Rendang untuk Kawan Mastah

Hello, Kawan Mastah! Siapa yang tidak kenal dengan masakan khas Indonesia yang satu ini? Ya, rendang, masakan Padang yang begitu terkenal ini memang telah memikat lidah banyak orang. Meski terkesan sulit karena banyak rempah-rempahnya, namun siapa sangka, cara masak rendang sebenarnya tidak sesulit itu. Yuk, kita simak bersama-sama di bawah ini.

Apa Itu Rendang?

Sebelum membahas cara masak rendang, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu apa itu rendang. Rendang merupakan masakan khas Indonesia yang berasal dari daerah Padang, Sumatera Barat. Masakan ini dibuat dari potongan daging sapi yang direbus dalam santan dengan rempah-rempah khas Padang.

Masakan rendang memang terkenal dengan rempah-rempahnya yang banyak dan kompleks, namun itulah yang membuat rendang memiliki cita rasa yang begitu menyenangkan. Rempah-rempah yang digunakan untuk membuat rendang antara lain seperti lengkuas, daun salam, serai, kunyit, cabai merah, cabe rawit, dan masih banyak lagi.

Meski dikenal sebagai masakan khas Padang, namun kini rendang telah menjadi masakan populer di seluruh Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Tak heran jika rendang menjadi salah satu masakan Indonesia yang begitu terkenal di dunia.

Cara Masak Rendang

Persiapan Bahan

Langkah pertama dalam cara masak rendang adalah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rendang antara lain seperti:

Bahan
Jumlah
Daging sapi
500 gram
Santan kental
500 ml
Bawang merah
10 butir
Bawang putih
5 siung
Cabe merah keriting
10 buah
Cabe rawit
5 buah
Lengkuas
2 ruas jari
Serai
3 batang
Daun salam
3 lembar
Gula merah
100 gram
Garam
secukupnya

Cara mempersiapkan bahan-bahan ini adalah dengan membersihkan daging sapi hingga bersih. Kemudian potong-potong daging sapi sesuai dengan selera. Mode daging sapi yang biasa digunakan untuk rendang antara lain seperti mode bagian dada, sandung lamur, atau mode yang banyak mengandung urat. Setelah itu, haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, dan cabe rawit. Kemudian iris-iris lengkuas dan serai.

Masak Rendang

Setelah bahan-bahan sudah siap, langkah selanjutnya adalah memasak rendang. Berikut adalah cara masak rendang yang dapat Kawan Mastah ikuti.

1. Menggoreng Bumbu

Langkah pertama dalam cara masak rendang adalah dengan menggoreng bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai harum dan matang. Gunakan minyak secukupnya untuk menggoreng bumbu tersebut.

2. Masukkan Daging

Setelah bumbu sudah matang, masukkan potongan daging sapi yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk hingga daging tercampur rata dengan bumbu. Tambahkan gula merah dan garam secukupnya. Aduk kembali hingga merata.

3. Tambahkan Santan

Selanjutnya, tambahkan santan kental ke dalam adonan. Aduk-aduk hingga santan tercampur rata dengan bumbu dan daging. Masak adonan dengan api sedang hingga kuahnya berkurang dan kental.

4. Masukkan Daun Salam, Lengkuas, dan Serai

Masukkan daun salam, lengkuas, dan serai ke dalam adonan. Aduk-aduk kembali hingga tercampur rata. Masak adonan dengan api kecil selama kurang lebih 3 jam hingga daging sapi empuk dan rempah-rempah meresap.

5. Rendang Siap Disajikan

Setelah daging empuk dan kuah kental, rendang siap dihidangkan. Biasanya rendang disajikan dengan nasi putih atau nasi kuning.

FAQ Cara Masak Rendang

Apa Saja Bahan-Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Rendang?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rendang antara lain seperti daging sapi, santan kental, bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, cabe rawit, lengkuas, serai, daun salam, gula merah, dan garam.

Bagaimana Cara Membersihkan Daging Sapi?

Untuk membersihkan daging sapi, cuci daging sapi dengan air bersih hingga bersih dari kotoran. Kemudian potong-potong sesuai selera dan siapkan untuk dimasak.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Memasak Rendang?

Waktu yang dibutuhkan untuk memasak rendang biasanya kurang lebih 3 jam untuk membuat rendang dengan tekstur daging yang empuk dan kuah yang kental.

Bisa Tidak Membuat Rendang Tanpa Santan?

Tentu saja bisa. Untuk membuat rendang tanpa santan, gunakan bahan pengganti santan seperti susu kental manis atau susu cair. Namun, rasanya tentu berbeda dengan rendang yang menggunakan santan.

Apakah Rendang Hanya Menggunakan Daging Sapi?

Tidak. Meski dikenal sebagai rendang sapi, namun ada juga rendang yang dibuat dari bahan lain seperti ayam atau ikan. Rasanya juga tidak kalah lezat dengan rendang sapi.

Demikianlah cara masak rendang untuk Kawan Mastah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Cara Masak Rendang untuk Kawan Mastah