Cara Membuat Sambal ala Kawan Mastah

Halo Kawan Mastah! Siapa yang tidak suka dengan sambal? Sambal memang menjadi satu diantara sajian makanan yang bisa membuat lidah bergoyang dan ketagihan. Tidak hanya sebagai pelengkap, namun sambal juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah cara membuat sambal ala Kawan Mastah yang bisa kamu coba di rumah.

Persiapan Bahan

Sebelum membuat sambal, pastikan terlebih dahulu kamu memiliki bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu :

Bahan
Jumlah
Cabe Rawit
200 gram
Bawang Merah
5 siung
Bawang Putih
3 siung
Garam
1 sendok makan
Gula Pasir
1 sendok makan
Air Jeruk Nipis
2 sendok makan
Aceh Gelugur
3 butir
Minyak Goreng
secukupnya
Air
secukupnya

Pastikan semua bahan sudah dicuci bersih dan siap digunakan. Jika sudah siap, maka kita lanjut ke tahap selanjutnya.

Cara Membuat Sambal

1. Tumis Bahan Utama

Panaskan minyak goreng secukupnya, kemudian tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris halus hingga harum. Setelah itu tambahkan cabe rawit yang sudah dipotong-potong kecil. Aduk rata dan tunggu hingga cabe rawit layu.

2. Blender Semua Bahan

Setelah tumisannya dingin, masukkan semua bahan tumisan, garam, dan gula pasir ke dalam blender. Blender hingga semua bahan tercampur rata dengan tekstur yang halus.

3. Tambahkan Air Jeruk Nipis dan Aceh Gelugur

Tambahkan air jeruk nipis dan aceh gelugur ke dalam adonan sambal yang sudah di-blender tadi. Aduk rata hingga semua bahan tercampur merata dan terlihat rapi.

4. Tambahkan Air

Tambahkan air secukupnya ke dalam adonan sambal, aduk rata hingga tercampur merata dan tidak terlalu kental atau encer.

5. Rebus Sambal

Panaskan panci dan masukkan adonan sambal ke dalam panci tersebut. Rebus sambal dengan api kecil selama sekitar 15-20 menit dengan terus diaduk agar sambal tidak gosong. Rebusan sambal siap dihidangkan.

FAQ tentang Sambal

1. Apa manfaat dari memakan sambal?

Sambal mengandung capsaicin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sambal juga dapat membantu mengurangi rasa sakit, mengurangi risiko kanker, dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Apa yang membuat sambal menjadi pedas?

Sambal menjadi pedas karena kandungan capsaicin yang terdapat pada cabe rawit. Semakin banyak cabe rawit yang digunakan, maka semakin pedas sambal yang dihasilkan.

3. Apa jenis cabe rawit yang sebaiknya digunakan untuk membuat sambal?

Ada beberapa jenis cabe rawit, namun cabe rawit hijau atau merah biasanya yang paling umum digunakan. Pilih cabe rawit yang masih segar dan berwarna cerah untuk menghasilkan sambal yang enak dan pedas.

4. Berapa lama sambal dapat bertahan?

Sambal dapat bertahan selama beberapa minggu hingga beberapa bulan tergantung pada cara penyimpanannya. Sambal yang disimpan di kulkas dalam wadah kedap udara dapat bertahan lebih lama.

5. Apakah sambal dapat mengganggu pencernaan?

Sambal dapat mengganggu pencernaan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan atau jika kamu memiliki masalah pencernaan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi sambal dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Cara Membuat Sambal ala Kawan Mastah