Cara Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan

Hello Kawan Mastah! Apakah kamu tahu bahwa Pemerintah Indonesia memiliki program bantuan sosial bagi para pekerja yang terkena dampak pandemi COVID-19? Program tersebut disebut BLT BPJS Ketenagakerjaan. Kamu bisa mengecek apakah kamu berhak menerima bantuan tersebut dengan cara yang sangat mudah. Berikut ini adalah cara cek BLT BPJS Ketenagakerjaan yang dapat kamu lakukan.

1. Persiapkan Nomor BPJS Ketenagakerjaanmu

Sebelum kamu melakukan pengecekan apakah kamu berhak menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan atau tidak, pastikan kamu sudah memiliki nomor BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu. Nomor tersebut sangatlah penting karena nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor BPJS Ketenagakerjaanmu ketika melakukan pengecekan.

Kenapa Harus Memiliki Nomor BPJS Ketenagakerjaan?

Nomor BPJS Ketenagakerjaan digunakan untuk memverifikasi apakah kamu benar-benar terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan atau tidak. Selain itu, nomor tersebut juga digunakan untuk menghitung besaran bantuan yang akan kamu terima apabila kamu berhak menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan.

2. Buka Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Setelah kamu memiliki nomor BPJS Ketenagakerjaan, langkah selanjutnya adalah membuka website resmi BPJS Ketenagakerjaan di www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Pastikan kamu membuka website tersebut dari browser yang aman dan terpercaya agar data pribadi kamu tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Klik Menu “CEK BLT”

Setelah kamu membuka website BPJS Ketenagakerjaan, carilah menu “CEK BLT” yang biasanya berada di bagian atas halaman utama. Jika kamu tidak menemukan menu tersebut, kamu bisa langsung memasukkan kata kunci “cek BLT BPJS Ketenagakerjaan” di kolom pencarian yang tersedia.

4. Masukkan Nomor BPJS Ketenagakerjaan dan Tanggal Lahirmu

Setelah kamu menemukan menu “CEK BLT”, klik menu tersebut dan kamu akan diarahkan ke halaman baru. Di halaman tersebut, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor BPJS Ketenagakerjaanmu dan tanggal lahir. Pastikan data yang kamu masukkan sesuai dengan data yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

5. Klik Tombol “CEK”

Setelah kamu memasukkan nomor BPJS Ketenagakerjaan dan tanggal lahir, klik tombol “CEK” untuk melakukan pengecekan. Tunggu beberapa saat hingga data kamu terverifikasi oleh sistem.

6. Lihat Hasil Pengecekan

Setelah data kamu terverifikasi, maka kamu akan melihat hasil pengecekan apakah kamu berhak menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan atau tidak. Jika kamu berhak menerima bantuan tersebut, maka kamu akan diminta untuk mengisi formulir dan mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Berapa Besar Bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan?

Besaran bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan tergantung pada gaji yang kamu terima per bulan. Berikut ini adalah besaran bantuan yang akan kamu terima:

Gaji per Bulan
Besaran Bantuan
Kurang dari Rp 5.000.000,-
Rp 1.200.000,-
Antara Rp 5.000.000,- hingga Rp 10.000.000,-
Rp 600.000,-

FAQ

1. Apakah saya berhak menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan?

Kamu berhak menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan jika kamu terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

2. Bisakah saya mengecek BLT BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJS Ketenagakerjaan?

Ya, kamu juga bisa mengecek BLT BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang dapat diunduh melalui Play Store atau App Store.

3. Apabila saya tidak berhak menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan, apakah ada program bantuan sosial lainnya yang bisa saya dapatkan?

Ya, Pemerintah Indonesia memiliki berbagai program bantuan sosial untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19. Kamu bisa menghubungi Dinas Sosial atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah di wilayahmu untuk informasi lebih lanjut.

Demikianlah cara cek BLT BPJS Ketenagakerjaan yang dapat kamu lakukan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan dan privasi data pribadimu saat melakukan pengecekan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, Kawan Mastah!

Cara Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan