Cara Menutup Akun Facebook

Hello Kawan Mastah! Apa kabar? Apakah kalian ingin mengetahui cara menutup akun Facebook? Tidak perlu khawatir, karena di artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menutup akun Facebook dengan mudah dan cepat.

Persiapan Sebelum Menutup Akun Facebook

Sebelum memutuskan untuk menutup akun Facebook, pastikan Anda sudah mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

1. Men-download data pribadi

Sebelum menutup akun Facebook, pastikan Anda telah men-download semua data yang ingin Anda simpan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah
Keterangan
1
Login ke akun Facebook Anda
2
Klik tautan “Pengaturan” di pojok kanan atas
3
Klik “Unduh Salinan Anda” di bagian bawah halaman
4
Pilih “Pilih informasi apa yang ingin Anda download”
Klik “Buat File”
6
Tunggu beberapa saat hingga file data Anda siap didownload
7
Download file yang telah selesai dibuat

2. Menghapus Aplikasi yang Tersambung dengan Akun Facebook

Selain mengunduh data pribadi, pastikan Anda juga menghapus semua aplikasi yang terhubung dengan akun Facebook Anda. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah
Keterangan
1
Login ke akun Facebook Anda
2
Klik tautan “Pengaturan” di pojok kanan atas
3
Pilih opsi “Aplikasi dan Website”
4
Pilih aplikasi yang ingin dihapus
Klik “Hapus”

3. Keluar Dari Grup dan Halaman yang Dibuat

Jika Anda adalah admin dari beberapa grup dan halaman di Facebook, pastikan Anda keluar dari grup dan halaman tersebut sebelum menutup akun Facebook. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah
Keterangan
1
Login ke akun Facebook Anda
2
Buka grup atau halaman yang ingin Anda keluar
3
Klik tombol “Tindakan” di sebelah kanan halaman grup atau halaman
4
Pilih “Keluar dari grup” atau “Keluar dari halaman”

Cara Menutup Akun Facebook Secara Permanen

Jika Anda sudah mempersiapkan beberapa hal di atas, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk menutup akun Facebook secara permanen:

1. Login ke Akun Facebook Anda

Pertama-tama, login ke akun Facebook Anda seperti biasa menggunakan email dan password yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.

2. Akses Halaman Penghapusan Akun

Setelah berhasil login, akses halaman penghapusan akun Facebook menggunakan tautan ini: https://www.facebook.com/help/delete_account. Halaman ini akan memberi tahu Anda tentang konsekuensi dari menutup akun Facebook dan memberikan akses ke formulir penghapusan akun.

3. Konfirmasi Penghapusan Akun

Setelah membaca informasi di halaman penghapusan akun, klik tombol “Hapus Akun” untuk melanjutkan. Anda akan diminta untuk memasukkan password akun Facebook Anda dan menyelesaikan proses verifikasi keamanan untuk melanjutkan.

4. Tunggu 14 Hari

Setelah mengkonfirmasi penghapusan akun, Facebook akan menunda proses penghapusan selama 14 hari. Jadi, jika Anda berubah pikiran, Anda masih punya waktu untuk membatalkan proses penghapusan selama 14 hari tersebut.

5. Selesai

Jika Anda sudah yakin ingin menutup akun Facebook, tunggu sampai 14 hari berlalu. Setelah itu, Facebook akan menghapus akun Anda secara permanen.

FAQ

1. Apakah Saya Bisa Membuka Kembali Akun Facebook yang Sudah Dihapus?

Setelah menghapus akun Facebook, Anda tidak akan bisa mengakses informasi atau konten yang pernah Anda posting. Selain itu, Anda tidak bisa membuat akun baru dan menggunakan email atau nomor telepon yang pernah digunakan di akun Facebook yang lama.

2. Apakah Saya Akan Ke Hilangan Kontak dengan Teman dan Keluarga yang Tersimpan di Akun Facebook Saya?

Tidak. Jika Anda ingin menyimpan kontak teman dan keluarga yang tersimpan di akun Facebook, Anda bisa mengunduh semua data pribadi seperti yang sudah dijelaskan di atas.

3. Apakah Ada Cara Lain Selain Menutup Akun Facebook untuk Menghentikan Penggunaan Facebook?

Facebook memiliki fitur untuk menonaktifkan akun sementara jika Anda masih ingin menyimpan data pribadi Anda. Anda bisa mengaktifkan kembali akun Anda di kemudian hari jika Anda sudah siap. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah
Keterangan
1
Login ke akun Facebook Anda
2
Klik tautan “Pengaturan” di pojok kanan atas
3
Pilih opsi “Manajemen Akun”
4
Pilih opsi “Menonaktifkan Akun”
5
Ikuti langkah-langkah yang diberikan dan klik “Menonaktifkan”

Dengan menonaktifkan akun Facebook, Anda masih bisa mengakses kontak teman dan keluarga tanpa harus kehilangan data pribadi. Namun, Anda tidak bisa melakukan aktivitas lain di Facebook seperti posting konten atau mengirim pesan ke teman.

Cara Menutup Akun Facebook