Cara Membuat Piscok

Selamat datang kawan Mastah! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat piscok. Piscok adalah salah satu makanan tradisional yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, terutama di wilayah Jakarta. Piscok terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan parutan kelapa dan gula merah. Piscok biasanya dijual di pasar-pasar tradisional atau toko kue di Jakarta. Namun, kamu juga bisa membuat piscok sendiri di rumah dengan mudah. Yuk, simak cara membuat piscok berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum mencoba membuat piscok, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Parutan kelapa
200 gram
Gula merah
150 gram
Santan kental
150 ml
Minyak goreng
secukupnya
Air matang
200 ml
Daun pisang
secukupnya

Cara Membuat Piscok

Berikut ini adalah cara membuat piscok:

1. Membuat Adonan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat adonan piscok. Campurkan tepung terigu dengan air matang sedikit-sedikit, aduk hingga adonan kalis. Setelah itu, bulatkan adonan dan diamkan selama 30 menit.

2. Membuat Isian

Setelah adonan siap, selanjutnya adalah membuat isian piscok. Rebus gula merah dengan santan hingga gula merah larut dan santan mengental. Setelah itu, masukkan parutan kelapa ke dalam adonan gula merah dan aduk rata.

3. Membuat Piscok

Setelah adonan dan isian siap, selanjutnya adalah membuat piscok. Ambil sejumput adonan, pipihkan dengan tangan dan beri isian di tengahnya. Bulatkan adonan hingga isian tertutup rapat. Goreng piscok dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan.

4. Menyajikan Piscok

Setelah matang, piscok siap disajikan. Letakkan piscok di atas daun pisang atau piring saji, dan piscok siap untuk dinikmati.

FAQ

1. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat piscok?

Untuk membuat piscok, kamu membutuhkan tepung terigu, parutan kelapa, gula merah, santan kental, minyak goreng, air matang, dan daun pisang.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat piscok?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat piscok sekitar 1 jam, termasuk waktu istirahat adonan selama 30 menit.

3. Apakah piscok hanya bisa dibeli di pasar tradisional?

Tidak, kamu juga bisa membuat piscok sendiri di rumah dengan mudah. Selain itu, piscok juga banyak dijual di toko kue atau bakery.

4. Bisakah piscok disimpan dalam waktu yang lama?

Piscok bisa disimpan dalam waktu yang lama jika disimpan di dalam lemari es atau kulkas dengan suhu rendah.

5. Bagaimana cara memastikan piscok matang secara merata?

Setelah menggoreng piscok, balikkan piscok agar matang secara merata. Jangan menggoreng terlalu banyak piscok dalam satu waktu.

Cara Membuat Piscok