Cara Isi EHCAC untuk Kawan Mastah

Hayoo… kawan-kawan Mastah, ada yang sudah tahu cara isi EHCAC? EHCAC sendiri merupakan kependekan dari Electronic Health Certificate of Covid-19 atau dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan sertifikat kesehatan elektronik Covid-19. Sertifikat ini biasanya dibutuhkan ketika kita ingin melakukan perjalanan ke luar kota oleh karena itu kita harus mengetahui cara mengisi EHCAC dengan benar. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Apa itu EHCAC?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengisi EHCAC, sebaiknya kita tahu terlebih dahulu apa itu EHCAC. EHCAC adalah sertifikat kesehatan elektronik yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia untuk memudahkan dalam mengakses informasi kesehatan terkait Covid-19 dari seseorang.

Sertifikat ini bisa kita dapatkan dengan melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi pedulilindungi.id. Dalam EHCAC terdapat informasi terkait riwayat kesehatan kita dan hasil tes Covid-19 yang telah kita lakukan.

EHCAC menjadi dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin melakukan perjalanan, baik itu dalam kota atau ke luar kota. Selain itu, EHCAC juga sering diminta oleh beberapa instansi pemerintah atau perusahaan saat kita harus melakukan kegiatan tertentu yang mengumpulkan banyak orang, seperti seminar atau diskusi.

Syarat Mengisi EHCAC

Untuk bisa mengisi EHCAC, kita harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu. Syarat-syarat tersebut antara lain:

No
Syarat
1
Mengisi data diri dengan benar sesuai KTP atau paspor.
2
Mengisi riwayat kesehatan kita secara lengkap.
3
Hasil tes Covid-19 harus negatif.
4
Foto diri dengan background putih.

Jika semua syarat tersebut sudah terpenuhi, maka kita bisa mulai untuk mengisi EHCAC dengan benar. Namun, sebelum itu perlu kita ketahui terlebih dahulu cara mengisi EHCAC.

Cara Mengisi EHCAC

Mengisi EHCAC sebenarnya cukup mudah. Namun, kita harus memenuhi beberapa tahapan terlebih dahulu agar kita dapat mengisi EHCAC dengan benar. Tahapan-tahapannya adalah:

1. Membuka Situs Pedulilindungi.id

Langkah pertama cara mengisi EHCAC adalah membuka situs Pedulilindungi.id. Kita bisa mengunjungi situs tersebut melalui browser di komputer atau smartphone kita.

2. Registrasi dan Login di Situs Pedulilindungi.id

Setelah berhasil membuka situs Pedulilindungi.id, kita harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi bisa dilakukan dengan mengisi data diri kita seperti nama, alamat, dan nomor telepon. Jangan lupa untuk memasukkan nomor KTP atau paspor yang valid.

Setelah registrasi, kita perlu login ke situs tersebut dengan memasukkan username dan password yang sudah kita daftarkan sebelumnya. Jika berhasil login, maka kita akan langsung masuk ke halaman utama Pedulilindungi.id

3. Mengakses Halaman EHCAC

Setelah berhasil login, kita perlu mencari halaman EHCAC. Halaman EHCAC bisa kita temukan di bagian bawah halaman utama Pedulilindungi.id. Klik tombol EHCAC untuk masuk ke halaman pengisian EHCAC.

4. Mengisi Data Diri dan Riwayat Kesehatan

Selanjutnya kita bisa mulai mengisi data diri dan riwayat kesehatan kita pada form yang tersedia. Pastikan data yang kita masukkan benar dan sesuai dengan dokumen yang kita miliki, seperti KTP atau paspor.

Isilah data riwayat kesehatan dengan lengkap. Jika kita pernah melakukan tes Covid-19, maka kita perlu melampirkan hasil tes tersebut dalam bentuk softcopy atau hardcopy.

5. Foto Diri dengan Background Putih

Setelah mengisi data diri dan riwayat kesehatan, kita perlu mengupload foto diri dengan background putih. Pastikan foto yang kita upload sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Pedulilindungi.id.

6. Verifikasi Data

Setelah semua data telah kita isi dengan benar, kita perlu melakukan verifikasi data yang kita masukkan. Pastikan data yang kita masukkan sudah sesuai dan benar sebelum kita melakukan verifikasi.

7. Proses Verifikasi

Setelah melakukan verifikasi data, kita bisa langsung klik tombol submit untuk melakukan proses verifikasi. Selanjutnya kita tinggal menunggu notifikasi dari pihak Pedulilindungi.id mengenai hasil verifikasi EHCAC kita.

8. Download EHCAC

Jika sudah mendapatkan notifikasi bahwa EHCAC kita sudah selesai diverifikasi, maka kita bisa langsung download EHCAC tersebut dalam bentuk PDF. EHCAC siap untuk digunakan saat kita melakukan perjalanan atau kegiatan tertentu yang membutuhkan EHCAC.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu EHCAC?

EHCAC merupakan kependekan dari Electronic Health Certificate of Covid-19 atau dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan sertifikat kesehatan elektronik Covid-19. Sertifikat ini dibutuhkan untuk memudahkan dalam mengakses informasi kesehatan terkait Covid-19 dari seseorang.

2. Apa saja syarat untuk membuat EHCAC?

Untuk membuat EHCAC, kita harus memenuhi beberapa syarat, antara lain mengisi data diri dengan benar sesuai KTP atau paspor, mengisi riwayat kesehatan kita secara lengkap, hasil tes Covid-19 yang negatif, dan foto diri dengan background putih.

3. Bagaimana cara mengisi EHCAC?

Cara mengisi EHCAC cukup mudah, yaitu dengan melakukan registrasi dan login di situs Pedulilindungi.id, mengakses halaman EHCAC, mengisi data diri dan riwayat kesehatan secara lengkap, mengupload foto diri dengan background putih, melakukan verifikasi data, dan download EHCAC dalam bentuk PDF

4. Apakah EHCAC hanya diperlukan untuk perjalanan ke luar kota saja?

Tidak, EHCAC juga sering diminta oleh beberapa instansi pemerintah atau perusahaan saat kita harus melakukan kegiatan tertentu yang mengumpulkan banyak orang, seperti seminar atau diskusi.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat EHCAC?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat EHCAC bervariasi tergantung dari ketersediaan data dan hasil tes Covid-19 kita. Jika semua data sudah lengkap dan hasil tes Covid-19 sudah keluar, maka proses pembuatan EHCAC bisa selesai dalam waktu 1-3 hari.

Itulah ulasan lengkap mengenai cara mengisi EHCAC yang bisa kawan-kawan Mastah coba. Jangan lupa untuk memenuhi semua syarat dan mengisi data diri dan riwayat kesehatan dengan benar agar EHCAC kita dapat segera diverifikasi. Semoga bermanfaat!

Cara Isi EHCAC untuk Kawan Mastah