Cara Membuat Donat Kentang Empuk

Hello Kawan Mastah! Siapa yang tidak suka dengan donat? Rasanya yang manis dan lezat memang sulit untuk ditolak. Apalagi jika donat tersebut empuk dan lembut di dalamnya. Nah, kali ini aku akan berbagi resep cara membuat donat kentang empuk yang bisa kamu coba di rumah. Yuk simak!

Bahan-bahan

Sebelum membuat donat, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu protein tinggi
500 gram
Kentang, rebus dan haluskan
250 gram
Gula pasir
100 gram
Susu bubuk
50 gram
Ragi
11 gram
Garam
5 gram
Kuning telur
5 butir
Butter, lelehkan
75 gram
Air matang
250 ml
Minyak, untuk menggoreng
secukupnya

Cara Membuat Donat Kentang Empuk

Berikut langkah-langkah dalam membuat donat kentang empuk:

1. Membuat Adonan Donat

Pertama-tama, siapkan mangkuk besar untuk membuat adonan donat. Campurkan tepung terigu, kentang yang sudah direbus dan dihaluskan, gula pasir, susu bubuk, ragi, dan garam. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.

2. Membuat Adonan Cair

Selanjutnya, siapkan mangkuk kecil dan campurkan kuning telur, butter yang sudah dilelehkan, dan air matang. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

3. Menggabungkan Adonan Donat dan Cair

Tuang adonan cair ke dalam mangkuk besar yang berisi adonan donat. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata dan adonan menjadi kalis.

4. Mengistirahatkan Adonan

Tutup mangkuk dengan kain bersih dan biarkan adonan mengistirahatkan selama 30 menit hingga 1 jam. Hal ini bertujuan agar adonan mengembang dengan baik.

5. Menggiling Adonan

Setelah adonan mengembang, tuang adonan ke atas meja kerja yang sudah diolesi tepung terigu. Giling adonan dengan menggunakan rolling pin hingga setebal 1 cm.

6. Membentuk Donat

Gunting adonan dengan diameter sesuai selera. Buat lubang di tengah donat menggunakan alat pembentuk donat atau menggunakan gelas kecil. Letakkan donat di atas loyang yang sudah diolesi minyak dan biarkan kembali mengembang selama 10-15 menit.

7. Menggoreng Donat

Setelah donat mengembang, panaskan minyak di dalam wajan. Goreng donat dalam minyak panas hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Tips and Trick

Agar donat kentang empuk yang kamu buat lebih lezat dan enak, kamu bisa mencoba beberapa tips dan trick berikut:

1. Gunakan Kentang yang Sudah Direbus dan Dihaluskan

Dalam resep donat kentang empuk ini, kentang dijadikan salah satu bahan utama. Agar donat lebih empuk, gunakan kentang yang sudah direbus dan dihaluskan dengan baik.

2. Gunakan Tepung Terigu Protein Tinggi

Agar donat kentang empuk yang kamu buat lebih kenyal dan empuk, gunakan tepung terigu protein tinggi. Hal ini akan membuat adonan lebih kalis dan menghasilkan donat yang lebih empuk di dalamnya.

3. Biarkan Adonan Mengistirahatkan Secara Cukup

Setelah adonan donat tercampur rata, jangan langsung menggiling dan membuat donat. Biarkan adonan mengistirahatkan selama minimal 30 menit hingga 1 jam. Hal ini bertujuan agar adonan mengembang dengan baik dan kalis.

4. Gunakan Minyak yang Cukup untuk Menggoreng

Agar donat kentang empuk yang kamu buat tidak terlalu berminyak, gunakan minyak yang cukup untuk menggoreng. Jangan terlalu banyak karena hal ini bisa membuat donat terlalu berminyak dan tidak sehat untuk dikonsumsi.

FAQs

1. Kenapa Donat Saya Terasa Keras?

Hal ini bisa terjadi jika kamu menggunakan tepung terigu yang salah atau adonan donat tidak cukup kalis. Pastikan kamu menggunakan tepung terigu protein tinggi dan membiarkan adonan mengistirahatkan dengan cukup.

2. Apa yang Harus Dilakukan Jika Adonan Donat Terasa Terlalu Kering?

Jika adonan donat terasa terlalu kering, tambahkan sedikit air matang secukupnya. Aduk-aduk hingga adonan menjadi lebih lembut dan tidak terlalu kering.

3. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Menggoreng Donat?

Waktu yang dibutuhkan untuk menggoreng donat tergantung dari ukuran dan ketebalan donat. Jika donat yang kamu buat cukup kecil dan tipis, waktu menggoreng bisa kurang dari 1 menit saja. Namun, jika donat yang kamu buat cukup besar dan tebal, waktu menggoreng bisa mencapai 2-3 menit.

4. Apa yang Harus Dilakukan Agar Donat Tidak Melekat di Wajan saat Digoreng?

Agar donat tidak melekat di wajan saat digoreng, pastikan wajan dalam keadaan panas dan minyak yang cukup. Jangan terlalu banyak menggoreng donat dalam satu waktu sehingga donat tidak menempel satu sama lain. Jangan lupa untuk terus mengaduk adonan donat agar donat tercampur rata.

5. Bolehkah Menggunakan Gula Pasir yang Kurang atau Lebih dari 100 Gram?

Ya, kamu boleh mengatur jumlah gula pasir sesuai dengan selera masing-masing. Namun, pastikan tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit karena hal ini bisa mempengaruhi rasa dan tekstur donat yang dihasilkan.

Nah, itu dia resep cara membuat donat kentang empuk yang bisa kamu praktekkan di rumah. Selamat mencoba!

Cara Membuat Donat Kentang Empuk