Cara Membuat Nasi Goreng Jawa untuk Kawan Mastah yang Terbaik

Selamat datang, Kawan Mastah! Hari ini saya akan berbagi tentang cara membuat nasi goreng Jawa yang enak dan lezat. Nasi goreng merupakan salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang di Indonesia. Tidak heran jika banyak variasi nasi goreng yang bermunculan, salah satunya adalah nasi goreng Jawa. Nasi goreng Jawa memiliki cita rasa yang khas dan unik, terinspirasi dari kekayaan rempah-rempah di Jawa.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita mulai mengolah masakan, kita harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi goreng Jawa:

Bahan
Jumlah
Nasi putih
2 piring
Bawang putih
4 siung, cincang halus
Bawang merah
4 siung, cincang halus
Cabe merah
3 buah, iris tipis
Cabe rawit
5 buah, iris tipis
Kencur
1 ruas jari, haluskan
Kunyit
1 ruas jari, haluskan
Daun salam
3 lembar
Sereh
1 batang, geprek
Garam
secukupnya
Gula pasir
secukupnya
Air asam jawa
1 sendok makan

Langkah Membuat

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat nasi goreng Jawa:

1. Tumis Bumbu

Panaskan minyak di wajan. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai hingga harum. Tambahkan kencur, kunyit, daun salam, dan sereh. Aduk rata dan masak bumbu hingga matang.

2. Masukkan Nasi

Tambahkan nasi ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Aduk rata dan masak hingga nasi berubah warna kekuningan.

3. Tambahkan Air Asam Jawa

Tambahkan air asam jawa ke dalam nasi goreng. Aduk rata dan tunggu sampai nasi kering. Angkat dan sajikan nasi goreng Jawa pada piring saji. Taburi dengan bawang goreng. Nasi goreng Jawa siap disajikan dan dinikmati.

FAQ

1. Apa yang membuat nasi goreng Jawa berbeda dari nasi goreng biasa?

Nasi goreng Jawa memiliki bumbu khas Jawa, seperti kencur, kunyit, dan daun salam. Bumbu-bumbu tersebut memberikan cita rasa yang khas dan unik pada nasi goreng Jawa.

2. Apa yang bisa dipadukan dengan nasi goreng Jawa?

Nasi goreng Jawa bisa dipadukan dengan telur dadar, sate ayam, atau kerupuk. Tambahkan bawang goreng dan acar untuk pelengkap.

3. Bagaimana cara membuat nasi goreng Jawa yang pedas?

Tambahkan lebih banyak cabai saat membuat bumbu atau gunakan cabe rawit yang lebih pedas.

4. Bolehkah menggunakan nasi yang sudah basi?

Tidak, sebaiknya gunakan nasi yang masih segar. Nasi basi dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan mempengaruhi rasa nasi goreng Jawa.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng Jawa?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng Jawa sekitar 30-40 menit.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Kawan Mastah yang ingin membuat nasi goreng Jawa yang lezat dan enak. Selamat mencoba!

Cara Membuat Nasi Goreng Jawa untuk Kawan Mastah yang Terbaik