Cara Membuat KFC

Hello Kawan Mastah, apakah kamu suka makanan cepat saji? Kalau iya, pasti kamu juga suka dengan KFC. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat sendiri ayam goreng krispi ala KFC di rumah, yuk ikuti langkah-langkah berikut!

1. Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Ayam potong
1 ekor
Tepung terigu serbaguna
200 gram
Tepung maizena
50 gram
Bawang putih bubuk
1 sendok teh
Lada bubuk
1/2 sendok teh
Garam
1 sendok teh
Paprika bubuk
1/2 sendok teh
Thyme kering
1/2 sendok teh
Keju parut
100 gram
Susu cair
100 ml
Telur ayam
1 butir
Minyak goreng
secukupnya

Jangan lupa juga untuk menyiapkan peralatan dapur, seperti wadah, pengocok telur, sendok, dan lain sebagainya.

2. Cara Membuat Adonan Bumbu Ayam

Langkah pertama dalam membuat ayam goreng krispi ala KFC adalah membuat adonan bumbu ayam. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Memasukkan Tepung Terigu dan Maizena ke Dalam Wadah

Pertama-tama, ambil wadah dan masukkan tepung terigu dan maizena ke dalamnya. Aduk rata hingga tercampur secara merata.

Menambahkan Bawang Putih Bubuk, Lada Bubuk, Garam, Paprika Bubuk, dan Thyme Kering

Selanjutnya, tambahkan bawang putih bubuk, lada bubuk, garam, paprika bubuk, dan thyme kering ke dalam adonan tepung terigu dan maizena. Aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.

Menambahkan Susu Cair dan Telur Ayam ke Dalam Adonan

Selanjutnya, tuangkan susu cair dan telur ayam ke dalam adonan dan aduk rata hingga adonan tercampur sempurna. Jangan terlalu lama mengaduk agar adonan tidak overmixing dan menjadi terlalu lembek.

Memasukkan Ayam Potong ke Dalam Adonan Bumbu

Selanjutnya, masukkan ayam potong ke dalam adonan bumbu dan aduk rata hingga seluruh bagian ayam terbalut oleh adonan. Biarkan selama kurang lebih 10-15 menit agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging ayam.

3. Cara Menggoreng Ayam Krispi ala KFC

Setelah membuat adonan bumbu ayam, saatnya menggoreng ayam krispi ala KFC. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Menyiapkan Minyak Goreng di Wajan

Pertama-tama, panaskan minyak goreng di dalam wajan. Pastikan minyak goreng sudah cukup banyak dan terpenuhi setidaknya 1/3 dari tinggi wajan agar ayam bisa tenggelam sempurna di dalamnya.

Memasukkan Ayam ke Dalam Minyak Goreng

Selanjutnya, masukkan ayam potong yang sudah dibaluri adonan bumbu ke dalam minyak goreng yang sudah panas. Goreng ayam hingga matang dan warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.

Meniriskan Ayam yang Sudah Digoreng

Setelah matang, angkat ayam krispi ala KFC yang sudah digoreng dan tiriskan dari minyak dalam wadah dengan tatakan serbet atau tisu dapur. Agar ayam tetap krispi dan tidak soggy, pastikan untuk meniriskannya sebentar saja.

Menambahkan Keju Parut di Atas Ayam Goreng

Terakhir, taburi ayam krispi yang sudah digoreng dengan keju parut dan sajikan selagi masih hangat untuk hasil yang lebih nikmat dan menggoda.

FAQ

1. Apakah harus menggunakan ayam potong?

Tidak harus. Kamu juga bisa menggunakan dada ayam yang sudah dipotong-potong atau sayap ayam. Namun, pastikan ukurannya tidak terlalu besar agar bumbu bisa meresap dengan sempurna.

2. Apa yang harus dilakukan jika adonan terlalu encer?

Saat membuat adonan bumbu, pastikan takaran tepung terigu dan maizena sesuai dengan resep. Jika adonan terlalu encer, kamu bisa menambahkan tepung terigu secukupnya agar konsistensinya pas.

3. Berapa lama ayam perlu direndam dalam adonan bumbu?

Agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging ayam, kamu bisa merendam ayam dalam adonan bumbu kurang lebih selama 10-15 menit.

4. Apa saja bumbu yang harus digunakan untuk membuat ayam krispi ala KFC?

Ada beberapa bumbu yang harus digunakan untuk membuat ayam krispi ala KFC, seperti bawang putih bubuk, lada bubuk, garam, paprika bubuk, dan thyme kering. Bumbu-bumbu tersebut akan memberikan aroma dan rasa yang khas pada ayam goreng krispi ala KFC.

5. Apakah lebih baik menggunakan minyak goreng yang banyak atau sedikit?

Untuk menghasilkan ayam krispi yang renyah dan garing, pastikan kamu menggunakan minyak goreng yang cukup banyak. Minyak goreng setidaknya harus terpenuhi 1/3 dari tinggi wajan.

Cara Membuat KFC