Cara Membedakan Perkutut Jantan dan Betina

Halo Kawan Mastah, apakah kamu seorang pecinta burung perkutut? Kalau iya, pasti kamu ingin tahu bagaimana cara membedakan perkutut jantan dan betina. Nah, pada artikel ini kita akan membahas tentang hal itu. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Perbedaan Fisik Antara Perkutut Jantan dan Betina

Secara umum, perbedaan antara perkutut jantan dan betina dapat dilihat dari fisiknya. Berikut beberapa hal yang dapat menjadi acuan dalam membedakan perkutut jantan dan betina:

Perkutut Jantan
Perkutut Betina
Memiliki ekor yang lebih panjang
Memiliki ekor yang lebih pendek
Warna bulu lebih terang
Warna bulu lebih gelap
Badan lebih besar dan berisi
Badan lebih kecil dan ramping

Ekor yang Lebih Panjang pada Perkutut Jantan

Perkutut jantan memiliki ekor yang lebih panjang dibandingkan dengan betina. Hal ini dapat dilihat dari bentuk ekornya yang lebih menjorok ke bawah atau lebih melengkung ke bawah. Sedangkan pada burung perkutut betina, ekornya lebih pendek dan lurus.

Perbedaan panjang ekor ini sebenarnya berkaitan dengan keadaan hormon pada burung perkutut. Hormon testosteron yang lebih banyak dihasilkan pada perkutut jantan membuat ekornya tumbuh lebih panjang dan menjorok ke bawah.

Warna Bulu yang Lebih Terang pada Perkutut Jantan

Selain ekor yang lebih panjang, perbedaan antara perkutut jantan dan betina juga dapat dilihat dari warna bulunya. Perkutut jantan cenderung memiliki warna bulu yang lebih terang, sedangkan pada betina warna bulunya lebih gelap.

Perbedaan warna ini juga terkait dengan hormon pada burung perkutut. Warna bulu yang lebih terang pada perkutut jantan disebabkan oleh adanya hormon melanin yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari. Sedangkan pada betina, produksi melanin lebih sedikit sehingga warna bulunya lebih gelap.

Badan yang Lebih Besar pada Perkutut Jantan

Perbedaan terakhir yang dapat menjadi acuan untuk membedakan perkutut jantan dan betina adalah ukuran badannya. Perkutut jantan cenderung memiliki badan yang lebih besar dan berisi, sedangkan pada betina badannya lebih kecil dan ramping.

Perbedaan ukuran badan ini juga berkaitan dengan hormon pada burung perkutut. Hormon testosteron pada perkutut jantan membuat badannya tumbuh lebih besar dan berisi sebagai tanda kejantanan.

Cara Lain Membedakan Perkutut Jantan dan Betina

Selain perbedaan fisik, terdapat beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk membedakan perkutut jantan dan betina. Berikut beberapa cara lainnya:

Mendengarkan Suara Panggilan

Salah satu cara paling mudah untuk membedakan perkutut jantan dan betina adalah dengan mendengarkan suara panggilannya. Perkutut jantan cenderung memiliki suara yang lebih berirama dan keras, sedangkan pada betina suaranya lebih halus dan rendah.

Meskipun cara ini tidak selalu akurat, namun setidaknya dapat memberikan petunjuk awal untuk membedakan burung perkutut jantan dan betina.

Melihat Tingkah Laku Burung

Tingkah laku burung juga dapat menjadi acuan untuk membedakan perkutut jantan dan betina. Perkutut jantan cenderung lebih aktif dan agresif, sedangkan pada betina lebih tenang dan pasif.

Jika kamu melihat dua burung perkutut saling beradu atau saling mengikuti, kemungkinan besar yang satu adalah burung jantan dan yang satu adalah burung betina.

Melihat Bentuk Sarang

Perkutut betina biasanya yang membuat sarang untuk bertelur. Sarang yang dibuat oleh perkutut betina biasanya lebih rapi dan teratur.

Sedangkan pada perkutut jantan, mereka tidak membuat sarang dan hanya menggunakan sarang yang sudah ada. Jadi, jika kamu melihat burung perkutut berada di dalam sarang yang rapi dan teratur, kemungkinan besar itu adalah burung betina.

FAQ tentang Cara Membedakan Perkutut Jantan dan Betina

1. Apakah cara membedakan perkutut jantan dan betina selalu akurat?

Tidak selalu akurat. Ada beberapa kasus di mana burung perkutut jantan memiliki ekor yang tidak terlalu panjang atau warna bulu yang tidak terlalu terang, sehingga sulit untuk membedakannya dengan betina.

2. Apakah perbedaan ukuran badan pada perkutut jantan dan betina selalu terlihat?

Tidak selalu terlihat. Terkadang ada burung perkutut jantan yang tidak memiliki badan yang terlalu besar, sehingga sulit untuk membedakannya dengan betina hanya dari ukuran badan.

3. Apakah mendengarkan suara panggilan dapat menjadi acuan yang akurat untuk membedakan perkutut jantan dan betina?

Tidak selalu akurat. Terkadang ada burung perkutut jantan yang suaranya tidak terlalu keras atau berirama.

4. Apakah melihat bentuk sarang dapat menjadi acuan yang akurat untuk membedakan perkutut jantan dan betina?

Tidak selalu akurat. Terkadang burung perkutut jantan juga bisa masuk ke dalam sarang yang dibuat oleh betina.

5. Apa yang harus dilakukan jika sulit membedakan perkutut jantan dan betina?

Sebaiknya konsultasikan dengan orang yang lebih berpengalaman dalam merawat burung perkutut, seperti peternak atau penghobi burung perkutut yang sudah berpengalaman.

Cara Membedakan Perkutut Jantan dan Betina