Cara Membuat Nastar Lembut 1 kg

Halo Kawan Mastah! Apakah kamu suka dengan kue nastar lembut? Jika iya, maka kali ini kita akan membahas cara membuat nastar lembut dengan takaran 1 kg. Takaran ini cukup besar untuk membuat kue nastar yang enak dan lezat. Yuk, mari simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue nastar, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan agar proses membuat kue jadi lebih lancar. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nastar lembut 1 kg:

Bahan
Takaran
Tepung terigu
500 gram
Maizena
50 gram
Gula halus
200 gram
Butter
300 gram
Kuning telur
6 butir
Susu kental manis
2 sendok makan
Vanili bubuk
1/2 sendok teh
Nanas parut
250 gram
Keju parut
100 gram
Susu bubuk
50 gram

Cara Membuat Nastar Lembut 1 kg

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat nastar lembut dengan takaran 1 kg:

1. Siapkan Wadah dan Mixer

Pertama-tama, siapkan wadah besar untuk melakukan proses pengadukan adonan nastar. Pastikan wadah tersebut bersih dan kering. Selanjutnya, siapkan mixer untuk mengaduk adonan.

2. Campurkan Tepung Terigu dan Maizena

Setelah itu, campurkan tepung terigu dan maizena pada wadah yang telah disiapkan. Aduk hingga merata dan ayak agar tidak ada gumpalan.

3. Tambahkan Gula Halus, Butter, dan Kuning Telur

Selanjutnya, tambahkan gula halus, butter, dan kuning telur pada adonan tepung terigu dan maizena. Aduk dengan mixer hingga tercampur rata dan berubah menjadi adonan yang kalis.

4. Tambahkan Susu Kental Manis dan Vanili Bubuk

Tambahkan susu kental manis dan vanili bubuk pada adonan. Aduk lagi dengan mixer hingga tercampur rata.

5. Tambahkan Nanas Parut, Keju Parut, dan Susu Bubuk

Tambahkan nanas parut, keju parut, dan susu bubuk pada adonan. Aduk lagi dengan mixer hingga tercampur rata. Jangan terlalu lama mengaduk karena dapat membuat adonan menjadi overmixing dan hasil kue akan menjadi tidak lembut.

6. Masukkan Adonan ke dalam Kulkas

Setelah adonan tercampur rata, masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama 1 jam hingga adonan mengeras dan mudah untuk dipulung.

7. Bentuk Adonan Menjadi Bulatan Kecil

Selanjutnya, ambil adonan dari kulkas dan bentuk menjadi bulatan kecil dengan ukuran sekitar 1 cm. Letakkan di atas loyang yang telah dioles dengan margarin atau mentega.

8. Panggang Adonan ke dalam Oven

Siapkan oven dengan suhu 150 derajat Celsius. Panggang adonan ke dalam oven selama 20-25 menit atau hingga matang dengan warna keemasan yang sedikit kecoklatan.

9. Keluarkan dari Oven dan Biarkan Dingin

Setelah matang, keluarkan nastar dari oven dan biarkan dingin selama 5-10 menit di atas rak pendingin. Setelah dingin, nastar siap disajikan dan dinikmati.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Kenapa Adonan Nastar Harus Diamkan di Kulkas?

Adonan nastar harus didiamkan di kulkas agar adonan menjadi lebih mudah dipulung dan bentuknya menjadi lebih rapi. Selain itu, adonan yang didiamkan di kulkas juga dapat membuat kue lebih lembut dan enak.

2. Apa Saja Bahan-bahan yang Diperlukan untuk Membuat Nastar Lembut?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nastar lembut antara lain tepung terigu, maizena, gula halus, butter, kuning telur, susu kental manis, vanili bubuk, nanas parut, keju parut, dan susu bubuk.

3. Apa Saja Langkah-langkah Membuat Nastar Lembut?

Langkah-langkah membuat nastar lembut antara lain siapkan wadah dan mixer, campurkan tepung terigu dan maizena, tambahkan gula halus, butter, dan kuning telur, tambahkan susu kental manis dan vanili bubuk, tambahkan nanas parut, keju parut, dan susu bubuk, masukkan adonan ke dalam kulkas, bentuk adonan menjadi bulatan kecil, panggang adonan ke dalam oven, keluarkan dari oven dan biarkan dingin.

4. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Nastar Lembut?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat nastar lembut sekitar 2-3 jam tergantung dari keahlian dan pengalaman dalam membuat kue. Jangan terburu-buru dan pastikan setiap langkah diikuti dengan benar agar kue nastar menjadi enak dan lezat.

5. Apakah Nanas Parut Dapat Diganti dengan Buah Lain?

Ya, nanas parut dapat diganti dengan buah lain seperti kelapa parut, apel parut, atau buah naga parut. Namun, tetap perhatikan takaran dan jangan lupa untuk mencoba rasa adonan sebelum dipanggang ke dalam oven.

Cara Membuat Nastar Lembut 1 kg