Cara Bikin Sambal Pecel Ayam: Lezatnya Bikin Ketagihan!

Halo kawan mastah, siapa yang tak mengenal sambal pecel ayam? Sajian khas Jawa Timur yang satu ini memang memiliki rasa yang begitu nikmat dan menggoda selera. Jika biasanya sambal pecel disajikan dengan sayuran hijau seperti kacang panjang, tauge, dan kangkung, kini hadir varian baru yaitu sambal pecel ayam. Dijamin, cita rasanya yang khas dan lezat akan membuat Anda ketagihan.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memasak sambal pecel ayam, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan:

Bahan
Jumlah
Ayam fillet
500 gram
Bawang putih
5 siung
Cabe merah keriting
10 buah
Cabe rawit (opsional)
5 buah
Tomat
2 buah
Kacang tanah goreng
100 gram
Gula merah
50 gram
Garam
secukupnya
Air matang
100 ml
Acecook mie instan
1 bungkus

Cara Membuat Sambal Pecel Ayam

Setelah bahan-bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah memasak sambal pecel ayam. Simak cara membuatnya berikut ini:

1. Memasak Ayam

Pertama-tama, siapkan ayam fillet yang telah dicuci bersih. Potong ukuran sesuai selera, kemudian rebus dalam air mendidih hingga matang. Tiriskan dan suwir-suwir daging ayam.

2. Membuat Sambal

Cuci bersih cabe merah, tomat, dan bawang putih. Haluskan semua bahan tersebut dengan menggunakan blender atau cobek. Setelah itu, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.

3. Menambahkan Bahan Lainnya

Tambahkan kacang goreng, gula merah, dan garam ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan masak hingga matang. Setelah itu, tambahkan air matang dan aduk kembali hingga bumbu tercampur merata.

4. Membuat Mie Instan

Siapkan air dalam panci dan rebus mie instan hingga matang. Tiriskan.

5. Sajikan Sambal Pecel Ayam

Letakkan mie instan di atas piring saji, kemudian letakkan suwiran ayam di atasnya. Siram dengan sambal pecel yang telah matang. Sajikan dengan pelengkap seperti tahu goreng atau tempe goreng.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah Sambal Pecel Ayam Sulit Dibuat?

Tidak. Sambal pecel ayam sangat mudah dibuat, bahkan untuk pemula sekalipun. Selain bahan-bahannya mudah ditemukan, cara membuatnya juga cukup sederhana.

2. Apakah Bisa Menggunakan Ayam Bagian Lain Selain Fillet?

Tentu saja. Anda bisa menggunakan ayam bagian paha atau dada, atau bahkan ayam kampung. Namun, pastikan ayam tersebut sudah dicuci bersih dan dipotong ukuran sesuai selera.

3. Apakah Sambal Pecel Ayam Bisa Bertahan Lama?

Tidak. Sambal pecel ayam sebaiknya dimakan dalam waktu 1-2 hari setelah dibuat. Jika disimpan terlalu lama, rasa dan aroma sambal akan berubah dan tidak lagi sedap.

4. Bagaimana Jika Sambal Pecel Terlalu Pedas?

Jika sambal pecel terlalu pedas, Anda bisa menambahkan sedikit gula atau air matang untuk meredakan rasa pedasnya. Namun, pastikan tidak terlalu banyak agar rasa sambal tidak terganggu.

5. Bisakah Tidak Menggunakan Mie Instan?

Tentu saja. Anda bisa menggunakan nasi putih atau nasi uduk sebagai pengganti mie instan.

Sekian kawan mastah, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat sambal pecel ayam sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Cara Bikin Sambal Pecel Ayam: Lezatnya Bikin Ketagihan!