Cara Masuk ke Aplikasi PeduliLindungi

Halo Kawan Mastah, kali ini kita akan membahas tentang cara masuk ke aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini saat ini sangat penting karena dapat membantu kita dalam melacak penyebaran Covid-19. Namun, tak sedikit dari kita yang masih bingung tentang bagaimana cara masuk ke aplikasi tersebut. Oleh karena itu, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu Aplikasi PeduliLindungi?

PeduliLindungi adalah sebuah aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu memutus rantai penyebaran Covid-19. Dengan aplikasi ini, kita dapat melakukan pelacakan kontak yang kita temui dalam satu pekan terakhir. Jika suatu saat ada seseorang yang terdiagnosis positif Covid-19, aplikasi ini akan memberitahu kita apakah kita masuk ke dalam daftar kontak yang pernah berinteraksi dengan orang tersebut.

Bagaimana Cara Mendownload Aplikasi PeduliLindungi?

Sebelum masuk ke tutorial cara masuk ke aplikasi PeduliLindungi, tentu kita harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Berikut adalah cara untuk mengunduh aplikasi tersebut:

Langkah-langkah
Keterangan
Buka Google Play Store
Google Play Store adalah tempat kita bisa mengunduh aplikasi Android. Buka Google Play Store dari smartphone kita.
Search “PeduliLindungi”
Cari aplikasi PeduliLindungi di Google Play Store.
Pilih “Install”
Saat sudah menemukan aplikasi tersebut, klik “Install”.
Tunggu proses unduhan
Tunggu sampai proses unduhan selesai.

Bagaimana Cara Masuk ke Aplikasi PeduliLindungi?

Setelah selesai mengunduh aplikasi PeduliLindungi, kita langsung bisa membukanya. Namun, masuk ke dalam aplikasi tersebut tidak semudah yang kita bayangkan. Berikut adalah tahapan-tahapan yang harus kita lakukan untuk masuk ke aplikasi PeduliLindungi:

Tahapan-tahapan Masuk ke Aplikasi PeduliLindungi

1. Buka Aplikasi PeduliLindungi

Pertama-tama, kita buka aplikasi PeduliLindungi yang sudah kita unduh. Biasanya aplikasi ini bisa kita temukan di menu “Apps” atau “All Apps” pada smartphone kita.

2. Klik “Lanjutkan dengan Nomor HP”

Saat pertama kali membuka aplikasi PeduliLindungi, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Kita pilih opsi “Lanjutkan dengan Nomor HP” untuk masuk ke dalam aplikasi.

Masuk Ke Aplikasi Pedulilindungi
Masuk Ke Aplikasi Pedulilindungi Source Bing.com

3. Masukkan Nomor HP

Selanjutnya, kita diminta untuk memasukkan nomor HP kita. Pastikan nomor HP yang kita masukkan sudah terhubung dengan kartu SIM kita ya!

4. Masukkan Kode Verifikasi

Setelah memasukkan nomor HP, kita akan menerima SMS kode verifikasi dari pihak PeduliLindungi. Masukkan kode verifikasi tersebut pada layar yang tersedia.

5. Masukkan Nama dan Email

Setelah berhasil memasukkan kode verifikasi, kita diminta untuk memasukkan nama dan email. Pastikan kita memasukkan nama dan email yang valid dan benar ya!

6. Selesai

Setelah melakukan tahapan-tahapan di atas, kita berhasil masuk ke dalam aplikasi PeduliLindungi. Selamat!

FAQ: Pertanyaan seputar Cara Masuk ke Aplikasi PeduliLindungi

1. Apakah aplikasi PeduliLindungi harus selalu terhubung dengan internet?

Ya, aplikasi PeduliLindungi harus selalu terhubung dengan internet. Tanpa koneksi internet, aplikasi ini tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

2. Saya sudah mengunduh aplikasi PeduliLindungi, namun tidak bisa masuk ke dalam aplikasi. Apa yang harus saya lakukan?

Jika mengalami masalah seperti ini, kita bisa mencoba untuk menghapus aplikasi PeduliLindungi dan mengunduhnya kembali. Pastikan juga kita memasukkan nomor HP yang sudah terhubung dengan kartu SIM kita ya!

3. Saya tidak menerima kode verifikasi dari pihak PeduliLindungi. Apa yang harus saya lakukan?

Jika mengalami masalah seperti ini, kita bisa mencoba mengirim ulang kode verifikasi. Jika masih tidak bisa, kita bisa menghubungi customer service PeduliLindungi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

4. Apakah aplikasi PeduliLindungi dapat digunakan di semua jenis smartphone?

Ya, aplikasi PeduliLindungi dapat digunakan di semua jenis smartphone yang sudah menggunakan sistem operasi Android minimal versi 6.0 (Marshmallow).

5. Apakah menggunakan aplikasi PeduliLindungi sama dengan melaporkan diri sebagai pasien Covid-19?

Tidak. Aplikasi PeduliLindungi hanya digunakan untuk membantu memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan melacak kontak yang kita temui dalam satu pekan terakhir. Aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk melaporkan diri sebagai pasien Covid-19.

Demikianlah ulasan mengenai cara masuk ke aplikasi PeduliLindungi. Tidak terlalu sulit bukan? Selalu gunakan aplikasi ini dengan bijak dan patuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Semoga bermanfaat!

Cara Masuk ke Aplikasi PeduliLindungi