Cara Sholat Istikhoroh Langsung Dapat Petunjuk

Hello Kawan Mastah, dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan dengan berbagai pilihan. Terkadang, kita bisa memilih dengan mudah. Namun, ada juga saat-saat ketika kita merasa bingung dan tidak tahu arah yang harus diambil. Nah, salah satu cara untuk mendapatkan petunjuk dari Allah adalah dengan melakukan sholat istikhoroh. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melakukan sholat istikhoroh sehingga kita bisa langsung mendapatkan petunjuk dari Sang Pencipta.

Apa itu Sholat Istikhoroh?

Sholat istikhoroh adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk meminta petunjuk dari Allah dalam mengambil keputusan. Sholat ini dilakukan dengan menghadap kiblat dan berdoa dengan niat khusus. Niatnya adalah untuk meminta petunjuk dari Allah dalam memilih antara dua hajat atau lebih yang baik dan membawa kebaikan bagi kita di dunia maupun akhirat.

Contoh Hajat dalam Sholat Istikhoroh

Contoh hajat dalam sholat istikhoroh antara lain dalam memilih pasangan hidup, pekerjaan, atau hal-hal penting dalam hidup. Dalam sholat istikhoroh, kita memohon kepada Allah untuk membimbing kita memilih yang terbaik sehingga lebih dekat dengan ridha-Nya.

Waktu Terbaik untuk Sholat Istikhoroh

Waktu terbaik untuk melakukan sholat istikhoroh adalah setelah sholat sunnah malam, sebelum sholat fardhu subuh atau setelah sholat fardhu magrib. Namun, jika tidak memungkinkan dilakukan pada waktu tersebut, sholat istikhoroh juga bisa dilakukan pada waktu lain selama hari atau malam.

Keutamaan Sholat Istikhoroh pada Malam Jumat

Sholat istikhoroh pada malam Jumat mempunyai keutamaan yang luar biasa. Hal ini dikarenakan malam Jumat adalah malam yang sangat istimewa di sisi Allah. Sholat istikhoroh pada malam Jumat bisa menjadi amalan yang sangat bermanfaat bagi kita.

Cara Melakukan Sholat Istikhoroh dengan Benar

Berikut ini adalah langkah-langkah cara melakukan sholat istikhoroh yang benar:

Langkah
Cara
1
Berwudhu atau membersihkan diri terlebih dahulu
2
Bersiap-siap seperti sholat biasa, kemudian niatkan sholat istikhoroh di dalam hati
3
Bagi yang ingin memilih antara dua pilihan atau lebih, sebutkanlah secara rinci di dalam hati
4
Bacalah surah Al-Fatihah dan surah lainnya seperti dalam sholat biasa
Setelah selesai membaca surah, ucapkanlah doa khusus sholat istikhoroh
6
Setelah selesai sholat, jangan lupa untuk mengucapkan salam seperti saat sholat biasa

Doa Khusus Sholat Istikhoroh

Berikut adalah doa khusus sholat istikhoroh yang bisa dibaca setelah selesai membaca surah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ خَيْرٌ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي فَاقْدُرْهُ لِي وَيَسِّرْهُ لِي ثُمَّ بَارِكْ لِي فِيهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِي عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ ارْضِنِي بِهِ

Pertanyaan Umum tentang Sholat Istikhoroh

1. Apakah sholat istikhoroh dapat dilakukan setiap hari?

Ya, sholat istikhoroh dapat dilakukan setiap hari. Namun, sebaiknya dilakukan pada waktu yang dianjurkan, yaitu setelah sholat sunnah malam, sebelum sholat fardhu subuh, atau setelah sholat fardhu maghrib.

2. Apakah sholat istikhoroh harus mengalami mimpi atau tanda-tanda lainnya setelah sholat?

Tidak. Tidak semua orang mendapatkan mimpi atau tanda-tanda lainnya setelah sholat istikhoroh. Namun, jika Allah mengirimkan petunjuk melalui mimpi atau tanda-tanda lainnya, maka kita harus bersyukur dan mengambil keputusan sesuai dengan petunjuk tersebut.

3. Apakah sholat istikhoroh dapat dilakukan dalam hati saja?

Sholat istikhoroh harus dilakukan dengan sholat yang sebenarnya, yaitu melalui gerakan sholat dan bacaan surah. Namun, niat dan doa istikhoroh dilakukan dalam hati.

4. Apa yang harus dilakukan jika setelah sholat istikhoroh tidak mendapatkan petunjuk?

Kita harus tetap bersabar dan yakin bahwa Allah akan memberikan petunjuk pada waktu yang tepat. Selain itu, kita juga bisa mengulang sholat istikhoroh hingga mendapatkan petunjuk yang diinginkan.

5. Apakah sholat istikhoroh bisa dilakukan untuk memilih hal-hal yang bersifat duniawi, seperti membeli mobil atau rumah?

Ya, sholat istikhoroh bisa dilakukan untuk memilih hal-hal yang bersifat duniawi. Namun, kita harus tetap memperhatikan keputusan yang akan kita ambil tidak hanya membawa manfaat di dunia, tetapi juga di akhirat.

Demikianlah artikel tentang cara sholat istikhoroh langsung dapat petunjuk. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk selalu memohon petunjuk pada Allah dalam setiap keputusan yang kita ambil. Wassalamu’alaikum.

Cara Sholat Istikhoroh Langsung Dapat Petunjuk