Cara Membuat Gado-gado Sederhana

Halo kawan mastah, kali ini kita akan berbicara tentang cara membuat gado-gado sederhana. Gado-gado merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer di seluruh dunia. Gado-gado biasanya terbuat dari sayuran segar yang dicampur dengan bumbu kacang yang khas. Yuk, kita simak cara membuatnya!

Bahan-bahan

Untuk membuat gado-gado sederhana, kita memerlukan bahan-bahan sebagai berikut:

1 buah mentimun, iris halus
1 buah tauge, seduh dengan air panas
1 lembar kol, iris halus
1 buah wortel, iris halus
1 buah kentang, kukus dan potong kecil-kecil
2 butir telur, rebus dan iris menjadi 4 bagian
2 lembar ketupat, potong kecil-kecil
100 gram kerupuk, goreng
50 gram tahu, goreng dan potong kecil-kecil

Bumbu Kacang

Untuk membuat bumbu kacang yang khas, kita memerlukan bahan-bahan sebagai berikut:

100 gram kacang tanah, goreng
3 siung bawang putih, iris halus
5 buah cabai merah, iris halus
1 buah tomat, iris halus
1 sdm air asam
1 sdt gula merah, serut halus
1 sdt garam
100 ml air

Cara Membuat

1. Membuat Bumbu Kacang

Pertama-tama, kita buat dulu bumbu kacangnya ya kawan mastah. Caranya sebagai berikut:

Kita blender kacang tanah, bawang putih, cabai merah, tomat, air asam, gula merah, dan garam. Tambahkan air sedikit-sedikit sampai bumbu menjadi halus dan tercampur rata. Setelah itu, bumbu kacang siap digunakan.

2. Menyiapkan Sayuran dan Pelengkap

Selanjutnya, kita siapkan sayuran dan pelengkapnya. Sayuran yang telah dipotong-potong tadi kita campurkan dalam satu mangkuk besar. Lalu, kita tambahkan ketupat, kerupuk, dan tahu yang telah digoreng. Jangan lupa juga menambahkan telur rebus yang telah diiris kecil-kecil.

3. Menyajikan Gado-gado

Setelah semua bahan siap, kita bisa menyajikan gado-gado sederhana yang enak dan sehat ini. Cara menyajikannya adalah dengan menambahkan bumbu kacang ke dalam mangkuk sayuran dan pelengkap tadi. Aduk rata sampai semua bahan tercampur dengan baik.

Nah, gado-gado sederhana kita sudah siap disantap. Selamat mencoba ya kawan mastah!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah gado-gado sehat?

Ya, gado-gado adalah makanan sehat karena terbuat dari sayuran segar yang kaya akan nutrisi dan serat. Namun, jika terlalu banyak menggunakan bumbu kacang atau kerupuk, maka gado-gado bisa menjadi tidak sehat.

2. Bisa gak ya menggunakan saus kacang instan?

Tentu saja bisa, namun rasanya tidak akan sama dengan bumbu kacang khas gado-gado yang terbuat dari bahan-bahan alami. Selain itu, saus kacang instan biasanya mengandung banyak bahan pengawet dan tambahan lainnya yang tidak sehat untuk tubuh.

3. Apa yang bisa dijadikan pengganti ketupat?

Jika tidak suka menggunakan ketupat, bisa diganti dengan lontong atau nasi putih. Namun, rasanya akan berbeda sedikit karena ketupat memiliki tekstur yang lebih padat dan kenyal.

4. Apa yang bisa dijadikan pengganti tahu?

Jika tidak suka tahu, bisa diganti dengan tempe atau bahan lain yang disukai. Namun, perlu diingat bahwa tahu dan tempe memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat baik untuk tubuh.

5. Bisakah membuat bumbu kacang tanpa gula merah?

Bisa, namun gula merah berfungsi sebagai pemanis alami yang memberikan kelezatan pada bumbu kacang. Jika tidak suka menggunakan gula merah, bisa diganti dengan gula kelapa atau madu alami.

Cara Membuat Gado-gado Sederhana