Cara Membuat Kue Semprong

Halo Kawan Mastah, kali ini kita akan membahas cara membuat kue semprong yang lezat dan gurih. Kue semprong merupakan salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang banyak disukai oleh masyarakat. Kue ini memiliki rasa yang unik karena terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, dan santan. Cara membuatnya sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan wajan khusus yang disebut dengan kue semprong.

Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat kue semprong, pastikan kamu sudah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan seperti:

Alat
Bahan
Wajan kue semprong
Tepung terigu
Spuit kue semprong
Telur
Sendok makan
Gula pasir
Kompor gas
Santan kental

Setelah semua alat dan bahan siap, kita bisa segera memulai membuat kue semprong.

Persiapan Adonan

Langkah pertama dalam membuat kue semprong adalah membuat adonan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Campurkan Telur dan Gula Pasir

Pertama-tama, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang. Pastikan keduanya tercampur sempurna dan berwarna kuning pucat.

2. Tambahkan Tepung Terigu Secara Bertahap

Selanjutnya, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata. Jangan terlalu banyak mengaduknya agar adonan tidak mengental.

3. Tambahkan Santan

Kemudian, tambahkan santan ke dalam adonan dan aduk kembali hingga rata. Pastikan adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental.

4. Diamkan Adonan

Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit agar adonan menjadi mengental dan mudah untuk diambil dengan spuit.

Membuat Kue Semprong

Setelah adonan siap, kita bisa segera membuat kue semprong. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Panaskan Wajan Kue Semprong

Panaskan wajan kue semprong di atas kompor gas dengan api kecil sampai wajan benar-benar panas. Pastikan wajan sudah benar-benar panas agar kue semprong bisa matang dengan sempurna.

2. Isi Spuit dengan Adonan

Isi spuit kue semprong dengan adonan hingga setengah atau tiga perempat bagian dari spuit terisi. Jangan terlalu banyak mengisi adonan agar tidak tumpah ketika di tuangkan ke dalam wajan kue semprong.

3. Tuangkan Adonan ke dalam Wajan

Setelah spuit terisi adonan, tuangkan adonan ke dalam wajan dengan gerakan melingkar hingga membentuk pola bulat di atas wajan.

4. Goreng Kue Semprong

Goreng kue semprong selama kurang lebih 1-2 menit atau sampai kue semprong berwarna kekuningan dan matang. Angkat kue semprong dan tiriskan.

5. Sajikan Kue Semprong

Sajikan kue semprong dalam wadah yang menarik dan nikmati dengan segelas teh atau kopi.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa yang membuat kue semprong kenyal?

Kenyalnya kue semprong disebabkan oleh adonan yang mengandung tepung terigu, telur, dan santan. Ketika digoreng, adonan akan mengembang dan membuat kue semprong menjadi kenyal.

2. Apakah bisa membuat kue semprong tanpa spuit kue semprong?

Bisa. Kamu bisa menggunakan alat lain seperti botol plastik atau kantong plastik yang diisi dengan adonan. Namun, untuk hasil yang lebih rapi dan cantik, sebaiknya menggunakan spuit kue semprong.

3. Apakah harus menggunakan santan kental?

Tidak harus. Kamu bisa menggunakan santan biasa namun harus menambahkan jumlahnya agar adonan tidak terlalu encer. Santan kental digunakan untuk memperoleh rasa yang lebih gurih.

4. Berapa lama adonan harus didiamkan sebelum diisi ke dalam spuit kue semprong?

Adonan sebaiknya didiamkan selama kurang lebih 30 menit agar adonan menjadi lebih mengental dan mudah diambil dengan spuit kue semprong.

5. Bagaimana cara membersihkan wajan kue semprong?

Cuci wajan kue semprong dengan air hangat dan sabun. Gunakan spon lembut untuk membersihkan permukaan wajan agar tidak tergores. Jangan menggunakan bahan kimia atau benda tajam untuk membersihkan wajan kue semprong.

Cara Membuat Kue Semprong