Cara Membuat Uli Ketan

Halo kawan mastah, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat uli ketan. Uli ketan adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia yang sangat populer. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang diolah menjadi adonan dan kemudian digulung dan dipanggang. Uli ketan sangat cocok dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi. Yuk, kita mulai!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat uli ketan, kawan mastah perlu menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Beras ketan
500 gram
Santan kental
400 ml
Gula pasir
150 gram
Garam
1/2 sendok teh
Air matang
500 ml

Cara Membuat Uli Ketan

1. Rendam Beras Ketan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merendam beras ketan selama 2-3 jam. Setelah itu, tiriskan beras ketan dan kukus selama 20-25 menit hingga matang.

2. Olah Santan

Selagi menunggu beras ketan matang, kawan mastah bisa mempersiapkan santan. Campur santan dengan gula pasir dan garam lalu aduk hingga tercampur rata.

3. Uli Adonan

Setelah beras ketan matang, uli adonan hingga halus. Tambahkan sedikit air matang jika adonan terlalu kering atau sedikit tepung ketan jika adonan terlalu basah.

4. Bentuk Adonan

Setelah adonan halus, ambil sejumput adonan dan pipihkan sampai setebal 1 cm. Setelah itu, gulung adonan hingga berbentuk seperti suji (bulat pipih).

5. Panggang Uli Ketan

Panaskan wajan datar atau teflon dengan api sedang. Setelah itu, panggang uli ketan hingga matang dan berwarna coklat kekuningan. Balikkan ketan sebentar sebelum diangkat.

Tips Membuat Uli Ketan

1. Perbandingan Ketan dan Santan

Untuk mendapatkan rasa yang pas, perbandingan ketan dan santan harus disesuaikan. Gunakan santan yang sedikit lebih banyak untuk mendapatkan rasa yang lebih kaya.

2. Tekstur Ketan

Ukuran butiran ketan dapat memengaruhi tekstur uli ketan. Ketan yang halus akan menghasilkan uli ketan yang lembut dan kenyal. Sedangkan ketan yang kasar akan menghasilkan uli ketan yang agak keras.

3. Konsistensi Adonan

Pastikan adonan tidak terlalu kering atau basah. Adonan yang terlalu kering akan sulit diuleni, sedangkan adonan yang terlalu basah akan sulit dibentuk.

4. Cara Panggang Uli Ketan

Panggang uli ketan dengan api sedang agar uli ketan matang merata dan tidak gosong. Balikkan uli ketan sebentar sebelum diangkat agar matang merata di kedua sisi.

5. Penyimpanan Uli Ketan

Uli ketan dapat disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari. Sebelum disajikan, uli ketan dapat dipanaskan dengan cara dipanggang di atas teflon atau dengan cara dikukus.

Frequently Asked Questions

1. Apakah Uli Ketan Hanya Dapat Dibuat dengan Beras Ketan?

Ya, uli ketan hanya dapat dibuat dengan beras ketan. Ketan memiliki kandungan amilopektin yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras biasa sehingga dapat membuat uli ketan yang kenyal.

2. Bagaimana Jika Tidak Suka dengan Rasa Manis?

Agar tidak terlalu manis, kawan mastah dapat mengurangi jumlah gula yang digunakan pada santan.

3. Bisakah Uli Ketan Dibuat dengan Tepung Ketan?

Ya, uli ketan juga dapat dibuat dengan tepung ketan. Namun perlu diingat bahwa tekstur dan rasa uli ketan dari tepung ketan akan berbeda dengan menggunakan beras ketan.

4. Jenis Minuman Apa yang Cocok dengan Uli Ketan?

Uli ketan cocok disajikan dengan teh atau kopi.

5. Berapa Lama Uli Ketan Dapat Disimpan?

Uli ketan dapat disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari.

Sekian kawan mastah, itulah cara membuat uli ketan yang enak dan kenyal. Selamat mencoba!

Cara Membuat Uli Ketan