Cara Mengembalikan Indra Penciuman karena Flu

Hello Kawan Mastah! Flu memang selalu hadir setiap musim hujan. Selain membuat badan mudah lelah, flu juga dapat menghilangkan indra penciuman. Tentunya hal ini sangat mengganggu, karena kita jadi sulit merasakan aroma makanan atau bau-bau lainnya. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan indra penciuman yang hilang akibat flu. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Penjelasan Tentang Indra Penciuman

Sebelum kita membahas cara mengembalikan indra penciuman yang hilang akibat flu, marilah kita mengenal terlebih dahulu tentang indra penciuman itu sendiri. Indra penciuman adalah salah satu dari lima indera manusia. Indra ini terletak di bagian hidung dan berfungsi untuk menangkap dan memproses aroma atau bau. Ketika kita mencium aroma atau bau, maka indra penciuman akan mengirimkan sinyal ke otak dan memberikan informasi tentang apa yang kita mencium.

Indra penciuman yang hilang akibat flu disebabkan oleh virus influenza yang menyerang saluran pernapasan. Virus ini dapat menyebar melalui udara atau kontak dengan orang yang terinfeksi. Ketika virus tersebut memasuki saluran pernapasan, maka sel-sel di hidung yang terdapat pada bagian indra penciuman akan rusak dan tidak dapat bekerja dengan baik. Inilah yang menyebabkan indra penciuman kita terganggu.

Cara Mengembalikan Indra Penciuman yang Hilang

1. Gunakan Steam

Salah satu cara termudah untuk mengembalikan indra penciuman yang hilang akibat flu adalah dengan menggunakan steam. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan air panas di wadah kemudian membungkukkan kepala ke atas wadah tersebut. Tutup kepala dan wadah dengan kain dan hirup uap air panas tersebut selama kurang lebih 5-10 menit. Dengan menggunakan steam, hidung kita akan terasa lebih lega dan mampu membantu membuka saluran pernapasan yang tersumbat.

2. Konsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas juga dapat membantu mengembalikan indra penciuman yang hilang akibat flu. Makanan pedas akan membantu membuka saluran pernapasan dan memperbaiki fungsi indra penciuman yang rusak. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan, karena dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan pada tubuh kita.

3. Gunakan Essential Oil

Essential oil seperti minyak kayu putih atau minyak eucalyptus juga dapat membantu mengembalikan indra penciuman yang hilang akibat flu. Caranya cukup mudah, yaitu dengan meneteskan beberapa tetes essential oil ke dalam air panas di wadah kemudian membungkukkan kepala ke atas wadah tersebut. Hirup uap essential oil tersebut selama kurang lebih 5-10 menit. Essential oil akan membantu membuka saluran pernapasan dan memperbaiki fungsi indra penciuman yang hilang.

4. Gunakan Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membantu mengurangi inflamasi pada saluran pernapasan dan membantu mengembalikan indra penciuman yang hilang. Caranya, potong beberapa siung bawang putih menjadi beberapa bagian dan hirup aroma bawang putih tersebut selama beberapa menit. Namun, bagi yang memiliki alergi terhadap bawang putih, disarankan untuk tidak menggunakan cara ini.

5. Menggunakan Air Garam Hangat

Langkah pertama untuk menggunakan air garam hangat adalah dengan menghangatkan air dengan suhu sedang. Kemudian, campurkan garam pada air tersebut. Sebelum memulai menghirup air garam, pastikan kandungan garam sudah tercampur rata di air. Caranya, ambil air garam sedikit dengan jari dan ratakan pada bagian selaput lendir pada hidung. Hirup air garam tersebut selama beberapa menit. Pada kandungan garam dan air hangat tersebut, dapat membantu mengembalikan kembali indra penciuman yang hilang akibat flu.

FAQ Tentang Indra Penciuman

No
Pertanyaan
Jawaban
1
Apa penyebab indra penciuman hilang?
Indra penciuman yang hilang biasanya disebabkan oleh virus flu. Virus ini menyerang saluran pernapasan dan merusak sel-sel di hidung yang mengatur indra penciuman.
2
Apakah indra penciuman yang hilang dapat pulih kembali?
Ya, indra penciuman yang hilang dapat pulih kembali dan fungsi indra penciuman bisa kembali normal.
3
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk indra penciuman pulih kembali?
Harga waktu yang dibutuhkan dalam mengembalikan indra penciuman akibat flu biasanya tidak lama, yakni sekitar 1-2 minggu. Namun, untuk beberapa kasus, bisa berkisar antara 1-3 bulan atau lebih.
4
Apakah indra penciuman yang hilang bisa kembali normal?
Ya, indra penciuman yang hilang dapat kembali normal, tergantung dari tingkat kerusakan sel-sel di hidung. Semakin banyak sel yang rusak, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih kembali.
5
Apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah kehilangan indra penciuman?
Mencegah kehilangan indra penciuman dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan diri, menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang flu, dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya penyakit flu.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan indra penciuman yang hilang akibat flu. Selain melakukan beberapa cara di atas, pastikan juga untuk terus menjaga kesehatan tubuh dan mencegah terjadinya flu. Semoga bermanfaat.

Cara Mengembalikan Indra Penciuman karena Flu