Cara Membuat Wajik Bandung

Cara Membuat Wajik Bandung – Journal Article

Hello, Kawan Mastah! Selamat datang di artikel kami kali ini yang akan membahas tentang cara membuat wajik bandung. Wajik bandung merupakan makanan khas dari Jawa Barat yang terbuat dari ketan dan gula merah. Meskipun resepnya terkesan sederhana, namun terdapat beberapa trik agar hasilnya sempurna. Yuk, simak cara membuat wajik bandung yang enak dan lezat!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat wajik bandung, pastikan sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan sebagai berikut:

Bahan-bahan
Jumlah
Ketan
500 gram
Gula Merah
250 gram
Santan kelapa
400 ml
Garam
1 sendok teh
Pandan
2 lembar

Langkah-langkah Pembuatan

Langkah 1: Mempersiapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, cuci bersih ketan dan rendam dalam air selama minimal 2 jam. Setelah itu, tiriskan ketan dan sisihkan. Selanjutnya, iris gula merah menjadi potongan-potongan kecil dan sisihkan. Panaskan santan, garam, dan pandan dalam panci dengan api sedang.

Langkah 2: Mencampurkan Ketan dengan Santan

Masukkan ketan yang sudah ditiriskan ke dalam santan yang telah dipanaskan tadi. Aduk rata hingga santan meresap sempurna ke dalam ketan. Biarkan ketan matang dengan api sedang.

Langkah 3: Memasukkan Gula Merah

Setelah ketan matang, tambahkan gula merah ke dalam adonan ketan. Aduk rata hingga gula merah larut sempurna ke dalam ketan. Kecilkan api dan terus aduk hingga adonan menebal dan terlihat mengkilap. Hal ini menandakan bahwa wajik bandung sudah matang.

Langkah 4: Menata dan Memotong Wajik Bandung

Siapkan loyang dan lapisi dengan daun pisang. Tuangkan adonan wajik bandung ke dalam loyang dan ratakan permukaannya. Diamkan hingga wajik bandung dingin dan mengeras. Setelah itu, keluarkan dari loyang dan potong dengan bentuk segi empat atau segi delapan seperti wajik bandung pada umumnya.

FAQ tentang Cara Membuat Wajik Bandung

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat wajik bandung?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat wajik bandung kurang lebih 2-3 jam tergantung pada kecepatan Anda dalam mempersiapkan bahan-bahan dan mengikuti langkah-langkah pembuatan.

2. Apa yang membuat wajik bandung tidak terlalu keras?

Untuk membuat wajik bandung yang tidak terlalu keras, pastikan campuran santan tidak terlalu banyak dan api yang digunakan sedang atau kecil agar ketan tidak terlalu overcook.

3. Apakah wajik bandung bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Wajik bandung bisa disimpan dalam wadah tertutup di ruangan ber-AC selama 3-4 hari atau di dalam kulkas selama seminggu.

4. Apakah ada variasi rasa untuk wajik bandung?

Tentu saja. Anda bisa menambahkan rasa lain seperti pandan atau cokelat ke dalam adonan wajik bandung untuk mendapatkan variasi rasa.

5. Apakah wajik bandung cocok sebagai oleh-oleh?

Ya, wajik bandung sangat cocok sebagai oleh-oleh khas dari Jawa Barat yang bisa dijadikan sebagai hadiah atau pembelian kembali untuk keluarga dan kerabat di rumah.

Cara Membuat Wajik Bandung