Cara Buat Watermark di Word

Halo Kawan Mastah! Apakah kamu sering membuat dokumen di Microsoft Word? Jika ya, pasti kamu tidak asing dengan istilah watermark. Watermark adalah sebuah gambar atau teks yang ditempatkan pada latar belakang dokumen untuk memberikan informasi lebih tentang dokumen tersebut. Watermark juga dapat digunakan sebagai tanda pengenal atau sebagai proteksi dokumen.

Apa Itu Watermark di Word?

Watermark adalah gambar atau teks yang ditempatkan di latar belakang dokumen. Watermark bisa digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang dokumen, seperti logo perusahaan, tanda air, atau tanda hak cipta.

Watermark juga dapat digunakan sebagai tanda pengenal atau sebagai proteksi dokumen dari penyalinan dan pemalsuan. Sehingga, tidak semua orang dapat mengakses dokumen tersebut.

Berikut ini adalah contoh watermark yang sering digunakan:

Watermark1
Watermark1 Source Bing.com
Watermark2
Watermark2 Source Bing.com
Watermark3
Watermark3 Source Bing.com

Cara Membuat Watermark di Word

Untuk membuat watermark di Word, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Buka dokumen

Pertama-tama, buka dokumen Word yang ingin kamu tambahkan watermark.

Langkah 2: Pilih Watermark

Pilih tab Design di menu bar, kemudian pada bagian Page Background, klik Watermark.

Untuk memilih watermark yang sudah disediakan oleh Word, kamu dapat memilih salah satu watermark yang ada di daftar di bawah Select Watermark.

Jika kamu ingin membuat watermark sendiri, kamu dapat memilih Custom Watermark.

Langkah 3: Membuat Watermark Sendiri

Jika kamu ingin membuat watermark sendiri, pilih Custom Watermark.

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke jendela Printed Watermark. Pilih Text Watermark untuk membuat watermark dengan teks. Pilih Picture Watermark untuk membuat watermark dengan gambar.

Langkah 4: Mengatur Teks atau Gambar Watermark

Jika kamu memilih Text Watermark, masukkan teks pada Text box dan atur font, ukuran dan posisi teks watermark. Jika kamu memilih Picture Watermark, klik Select Picture untuk memilih gambar dan atur ukuran dan posisi gambar watermark.

Langkah 5: Menetapkan Transparency Watermark

Atur Transparency watermark di bagian bottom of the Printed Watermark window. Kamu dapat mengatur transparansi dari 0 hingga 100 persen.

Langkah 6: Menambahkan Watermark ke Dokumen

Setelah kamu selesai mengatur watermark, klik OK untuk menambahkan watermark ke dokumen.

Selamat Kawan Mastah, kamu telah berhasil menambahkan watermark ke dokumen Word!

FAQ Cara Buat Watermark di Word

1. Apa itu watermark?

Watermark adalah gambar atau teks yang ditempatkan di latar belakang dokumen untuk memberikan informasi lebih tentang dokumen tersebut.

2. Apa fungsi watermark di Word?

Watermark di Word digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang dokumen, seperti logo perusahaan, tanda air, atau tanda hak cipta. Watermark juga dapat digunakan sebagai tanda pengenal atau sebagai proteksi dokumen dari penyalinan dan pemalsuan.

3. Bagaimana cara membuat watermark sendiri di Word?

Kamu dapat memilih Custom Watermark pada tab Design di menu bar, kemudian pilih Text Watermark atau Picture Watermark untuk membuat watermark sendiri. Atur teks atau gambar watermark, lalu klik OK untuk menambahkan watermark ke dokumen.

4. Bagaimana cara menghapus watermark di Word?

Untuk menghapus watermark di Word, pilih tab Design di menu bar, kemudian pada bagian Page Background, klik Watermark, dan pilih Remove Watermark.

5. Apakah semua versi Word mendukung penggunaan watermark?

Ya, semua versi Word mendukung penggunaan watermark.

Sekian artikel tentang cara buat watermark di Word, semoga bermanfaat untuk Kawan Mastah. Jangan lupa untuk menambahkan watermark di dokumen Word mu!

Cara Buat Watermark di Word