Cara Memblokir Rekening Penipu Lewat HP

Halo Kawan Mastah! Saat ini, kejahatan penipuan semakin marak terjadi di dunia maya. Salah satu bentuk penipuan yang kerap terjadi adalah melalui panggilan telepon atau pesan singkat yang meminta data pribadi atau nomor rekening. Untuk menghindari hal tersebut, kita perlu tahu cara memblokir rekening penipu lewat HP. Berikut adalah cara yang dapat kita lakukan:

1. Memblokir Nomor Telepon Penipu

Cara pertama adalah dengan memblokir nomor telepon yang digunakan oleh penipu. Dengan memblokir nomor tersebut, maka penipu tidak akan bisa menghubungi kita lagi. Berikut ini cara memblokir nomor telepon di HP:

  1. Buka aplikasi Telepon pada HP anda
  2. Cari nomor telepon yang akan diblokir
  3. Tap dan tahan nomor tersebut hingga muncul opsi
  4. Pilih “Blokir” atau “Tambahkan ke Daftar Hitam”
  5. Selesai.

Jika nomor tersebut mencoba menghubungi kita lagi, maka panggilan atau pesan singkat tersebut akan langsung diblokir. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa penipu bisa saja menggunakan nomor telepon yang berbeda untuk menghubungi kita kembali.

2. Mengaktifkan Fasilitas SMS Banking

Cara kedua adalah dengan mengaktifkan fasilitas SMS Banking. Dengan mengaktifkan layanan SMS Banking, kita bisa mengetahui detail transaksi yang terjadi di rekening kita. Jika terjadi transaksi yang tidak kita lakukan, kita bisa langsung menghubungi bank untuk memblokir rekening tersebut. Berikut ini cara mengaktifkan fasilitas SMS Banking:

  1. Buka aplikasi Mobile Banking yang terdapat pada HP anda
  2. Login ke akun Mobile Banking anda
  3. Pilih menu “Layanan SMS Banking”
  4. Registrasi nomor HP anda
  5. Selesai.

Dengan mengaktifkan fasilitas SMS Banking, kita juga bisa langsung menerima notifikasi SMS dari bank terkait transaksi yang terjadi di rekening kita.

3. Menghubungi Call Center Bank

Jika kita merasa nomor telepon yang digunakan oleh penipu berasal dari bank yang kita gunakan, maka kita bisa langsung menghubungi Call Center Bank untuk memblokir rekening tersebut. Berikut ini cara menghubungi Call Center Bank:

  1. Buka aplikasi Telepon pada HP anda
  2. Cari nomor Call Center Bank yang akan dihubungi
  3. Hubungi nomor tersebut
  4. Ikuti instruksi yang sudah disediakan oleh pihak bank
  5. Selesai.

Setelah kita menghubungi Call Center Bank, maka rekening kita akan diblokir dan tidak bisa digunakan sampai kita mengunjungi bank secara langsung untuk melakukan verifikasi data pribadi.

4. Memilih Bank yang Terpercaya

Langkah terbaik untuk menghindari penipuan melalui HP adalah dengan memilih bank yang terpercaya. Pilihlah bank yang sudah berpengalaman dan memiliki layanan yang memadai dalam menjaga keamanan rekening kita. Selain itu, sebaiknya kita juga menghindari penggunaan aplikasi perbankan yang tidak resmi atau tidak terpercaya.

FAQ

No.
Pertanyaan
Jawaban
1
Bagaimana cara mengetahui nomor rekening yang digunakan oleh penipu?
Kita bisa mengetahui nomor rekening yang digunakan oleh penipu melalui SMS atau email yang dikirimkan oleh penipu.
2
Apakah ada resiko jika kita memblokir nomor telepon penipu?
Tidak ada risiko yang terkait dengan memblokir nomor telepon penipu. Penipu tidak akan bisa menghubungi kita lagi melalui nomor tersebut.
3
Apakah setiap bank memiliki Call Center yang bisa dihubungi?
Ya, setiap bank biasanya memiliki Call Center yang bisa dihubungi oleh nasabahnya.
4
Apakah kita harus membayar jika menggunakan SMS Banking?
Tidak ada biaya yang harus dibayar jika kita menggunakan fasilitas SMS Banking.
Bagaimana jika kita tidak mengaktifkan fasilitas SMS Banking?
Jika kita tidak mengaktifkan fasilitas SMS Banking, maka kita akan sulit mengetahui transaksi yang terjadi di rekening kita.

Cara Memblokir Rekening Penipu Lewat HP