Cara Bikin Pempek Palembang

Hello, Kawan Mastah! Apa kabar? Sudah mencoba membuat pempek palembang di rumah? Jika belum, yuk kita coba mengolahnya bersama-sama. Pempek palembang adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Rasanya yang gurih dan kenyal membuat banyak orang jatuh hati padanya. Nah, berikut ini adalah 20 langkah mudah cara bikin pempek palembang yang harus kamu coba di rumah.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat pempek palembang, kamu membutuhkan beberapa bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Ikan tenggiri
500 gram
Tepung sagu
250 gram
Tepung terigu
50 gram
Bawang putih
3 siung
Garam
secukupnya
Gula
secukupnya
Ketumbar bubuk
secukupnya
Air es
3 liter

2. Siapkan ikan tenggiri

Pertama-tama, kamu perlu membersihkan ikan tenggiri terlebih dahulu. Buang kepalanya dan bersihkan insangnya. Jangan lupa untuk menghilangkan kulit ikan dan duri yang masih menempel. Setelah itu, cuci ikan dengan air bersih dan tiriskan.

Selanjutnya, potong ikan tenggiri menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dihaluskan. Simpan dalam wadah dan berikan garam secukupnya. Biarkan selama kurang lebih 15 menit agar garam meresap ke dalam ikan.

3. Haluskan ikan tenggiri

Kunjungi pasar ikan pagi hari untuk mendapatkan ikan tenggiri yang segar. Setelah itu, haluskan ikan tenggiri dengan menggunakan blender atau gilingan. Jangan terlalu halus, cukup sampai tercampur rata saja. Tambahkan bawang putih, garam, gula, dan ketumbar bubuk secukupnya ke dalam adonan ikan.

Tips: Tambahkan sedikit air dingin agar adonan ikan lebih mudah diproses.

4. Tambahkan tepung sagu dan terigu

Tambahkan tepung sagu dan terigu ke dalam adonan ikan, aduk rata. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer. Tujuannya agar pempek tetap kenyal dan enak.

5. Diamkan adonan semalaman

Cover adonan ikan dengan plastik wrap atau serbet bersih dan diamkan semalaman di dalam kulkas. Tunggu hingga adonan mengeras dan dapat dibentuk menjadi pempek.

6. Tuang air es ke dalam wadah

Siapkan wadah berisi air es secukupnya. Ukuran wadah disesuaikan dengan jumlah pempek yang akan kamu buat. Dalam hal ini, kamu membutuhkan air es sebanyak 3 liter.

7. Panaskan air dalam panci

Selain air es, kamu juga membutuhkan air yang akan digunakan untuk merebus pempek. Sediakan panci berukuran cukup besar dan isi dengan air secukupnya. Panaskan panci di atas kompor hingga airnya mendidih.

8. Bentuk adonan menjadi pempek

Sambil menunggu air panci mendidih, ambil adonan ikan dari kulkas. Bentuk adonan menjadi pempek dengan ukuran yang berbeda-beda. Kamu bisa membuat pempek bulat, lenjer, kapal selam, atau yang lainnya.

9. Rebus pempek dalam air mendidih

Sekarang, masukkan pempek ke dalam panci yang berisi air mendidih. Jangan terlalu banyak memasukkan pempek, biarkan dulu setengah matang selama kurang lebih 5 menit. Tunggu hingga pempek mengapung di permukaan air. Ini menandakan pempek sudah matang.

10. Tiriskan pempek

Selanjutnya, angkat pempek dari panci menggunakan saringan atau alat berlubang lainnya. Tiriskan pempek sampai airnya benar-benar hilang.

11. Goreng pempek

Sekarang, kamu bisa menggoreng pempek agar lebih garing dan lezat. Panaskan minyak dalam wajan dan masukkan pempek ke dalamnya. Goreng pempek hingga berwarna kuning kecoklatan.

12. Sajikan pempek dengan cuka

Setelah pempek selesai digoreng, tiriskan minyak yang berlebihan. Haluskan cabai rawit dan bawang putih, campurkan dengan cuka. Sajikan pempek dengan cuka pedas ini dan nikmati!

13. Variasi pempek lenjer

Untuk membuat pempek lenjer, bentuk adonan menjadi lonjong dan pipih. Kemudian, isikan dengan telur ayam rebus yang telah dipotong-potong kecil-kecil. Gulung dan rapatkan, lalu rebus seperti membuat pempek biasa.

14. Variasi pempek kapal selam

Untuk membuat pempek kapal selam, bentuk adonan menjadi pipih dan lebar. Isikan dengan telur ayam rebus dan potongan tahu. Gulung dan rapatkan, lalu rebus seperti membuat pempek biasa.

15. Variasi pempek kulit

Untuk membuat pempek kulit, kamu bisa menambahkan tepung sagu secara bertahap hingga adonan menjadi agak keras. Ambil adonan beberapa sendok makan dan pipihkan. Letakkan di atas daun pisang yang telah diolesi minyak. Gulung dan rapatkan, lalu kukus selama kurang lebih 20 menit.

16. Pilih bahan ikan yang tepat

Pilihlah ikan tenggiri yang segar dan berkualitas. Ikan yang tidak segar dapat membuat pempek menjadi tidak enak dan mudah busuk. Kamu juga bisa menggunakan ikan belida, selar, atau ikan lainnya sebagai pengganti ikan tenggiri.

17. Tambahkan tepung tapioka

Untuk membuat pempek yang lebih kenyal, kamu bisa menambahkan tepung tapioka. Tepung tapioka juga membuat pempek lebih awet dan tahan lama. Tambahkan tepung tapioka secara bertahap saat mengaduk adonan.

18. Jangan menggunakan air panas

Saat mencampurkan adonan ikan dengan sagu dan terigu, jangan menggunakan air panas. Air panas akan membuat adonan menggumpal dan sulit diolah. Sebaiknya gunakan air dingin atau es batu.

19. Rebus pempek dengan benar

Agar pempek tidak hancur saat direbus, pastikan air dalam panci sudah benar-benar mendidih sebelum dimasukkan pempek. Jangan terlalu banyak memasukkan pempek, biarkan dulu setengah matang selama kurang lebih 5 menit.

20. Simpan pempek di tempat yang tepat

Setelah selesai menggoreng, simpan pempek di dalam wadah tertutup dan letakkan di dalam lemari es. Pempek bisa bertahan selama kurang lebih 2 hari di dalam kulkas.

FAQ tentang Cara Bikin Pempek Palembang

1. Apakah bisa menggunakan ikan jenis lain?

Ya, kamu bisa menggunakan ikan jenis lain seperti belida atau selar sebagai pengganti ikan tenggiri.

2. Apa fungsi tepung terigu dalam adonan pempek?

Tepung terigu berfungsi untuk membuat tekstur pempek menjadi lebih kenyal.

3. Apa yang harus dilakukan jika adonan ikan terlalu encer?

Bisa menambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit hingga adonan tidak terlalu encer.

4. Bagaimana agar pempek tidak hancur saat direbus?

Pastikan air dalam panci sudah benar-benar mendidih sebelum dimasukkan pempek. Jangan terlalu banyak memasukkan pempek, biarkan dulu setengah matang selama kurang lebih 5 menit.

5. Berapa lama pempek bisa disimpan?

Pempek bisa bertahan selama kurang lebih 2 hari di dalam kulkas.

Sekian, Kawan Mastah, cara bikin pempek palembang yang mudah dan enak. Selamat mencoba di rumah!

Cara Bikin Pempek Palembang