Cara Membuat Cireng Bumbu Rujak

Halo, Kawan Mastah! Apa kabar? Apakah Kawan Mastah suka cireng? Cireng adalah salah satu makanan khas Indonesia yang menjadi favorit banyak orang. Nah, kali ini saya akan berbagi resep cara membuat cireng bumbu rujak yang enak dan mudah untuk dibuat di rumah. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Persiapan

Sebelum memulai membuat cireng bumbu rujak, pastikan Kawan Mastah sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung tapioka
250 gram
Tepung terigu
50 gram
Air matang
300 ml
Bawang putih
3 siung
Garam
secukupnya
Kecap manis
2 sendok makan
Gula merah
50 gram
Cabe rawit
5 buah
Minyak goreng
secukupnya

Setelah semua bahan siap, mari kita mulai membuat cireng bumbu rujak!

Membuat Adonan Cireng

Langkah pertama dalam membuat cireng bumbu rujak adalah membuat adonan cireng terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Campurkan tepung tapioka dan tepung terigu dalam wadah yang besar.
  2. Tambahkan air matang sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan menjadi kalis. Pastikan adonan tidak terlalu lembek atau terlalu keras.
  3. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil seukuran bola pingpong.
  4. Rebus adonan cireng dalam air mendidih hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Membuat Bumbu Rujak

Setelah adonan cireng matang, langkah selanjutnya adalah membuat bumbu rujak sebagai saus pelengkap. Berikut adalah cara membuat bumbu rujak:

  1. Tumis bawang putih yang sudah dihaluskan hingga harum.
  2. Tambahkan garam, kecap manis, gula merah yang sudah disiram air, dan cabai rawit yang sudah diiris tipis.
  3. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dan mengental.
  4. Tuangkan bumbu rujak ke atas cireng yang sudah matang. Cireng bumbu rujak siap disajikan!

FAQ

1. Apa bedanya cireng dengan tahu gejrot?

Cireng dan tahu gejrot memiliki bahan yang sama, yaitu tepung tapioka dan tepung terigu. Namun, bentuk dan teksturnya berbeda. Cireng berbentuk bola kecil dan kenyal, sementara tahu gejrot berbentuk dadu dan lunak. Selain itu, tahu gejrot biasanya disajikan dengan kuah bumbu kacang, sedangkan cireng bisa disajikan dengan berbagai macam bumbu, termasuk bumbu rujak.

2. Apakah tepung tapioka bisa diganti dengan tepung kanji?

Iya, tepung kanji bisa digunakan sebagai pengganti tepung tapioka jika tidak tersedia. Namun, tekstur dan rasanya bisa sedikit berbeda.

3. Bagaimana cara membuat cireng yang tidak lengket?

Untuk membuat cireng yang tidak lengket, pastikan adonan sudah tepat kalis dan tidak terlalu lembek. Jangan lupa juga untuk menaburi adonan dengan tepung terigu atau tepung kanji saat membentuk adonan menjadi bola-bola kecil. Tepung ini akan membantu mencegah cireng lengket saat direbus.

4. Apakah cireng bisa disimpan di kulkas?

Iya, cireng bisa disimpan di kulkas dalam wadah tertutup selama 1-2 hari. Namun, sebaiknya cireng dimakan dalam keadaan yang masih hangat atau setidaknya dihangatkan kembali sebelum disajikan agar tetap enak dan kenyal.

5. Apa saja bahan-bahan alternatif yang bisa digunakan dalam membuat cireng?

Selain tepung tapioka dan tepung terigu, bisa juga menggunakan tepung ketan atau tepung jagung. Untuk variasi rasa, bisa ditambahkan bahan-bahan seperti daun bawang cincang, udang kecil yang sudah dihaluskan, atau daging ayam cincang.

Nah, itulah resep cara membuat cireng bumbu rujak yang mudah dan enak. Selamat mencoba, Kawan Mastah!

Cara Membuat Cireng Bumbu Rujak