Cara Membersihkan Tas yang Berjamur

Hello Kawan Mastah! Apakah kamu pernah menemukan tas kesayanganmu yang berjamur? Memiliki tas yang berjamur bukan hanya tidak sedap dipandang, tetapi juga bisa mengganggu kesehatanmu. Jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan tips cara membersihkan tas yang berjamur dengan mudah dan efektif.

1. Kenali Jenis-jenis Jamur pada Tas

Jamur yang biasa tumbuh pada tas bervariasi, ada yang berwarna hijau atau putih, bahkan hitam. Penting untuk mengenali jenis jamur pada tasmu sebelum membersihkannya agar kamu bisa menentukan jenis pembersih yang tepat untuk digunakan.

Jenis-jenis Jamur pada Tas

Nomor
Jenis Jamur
Ciri-ciri
1
Aspergillus
Berwarna putih dengan bagian tengah berwarna hijau atau kuning
2
Penicillium
Tumbuh dalam kelompok/massa, berwarna hijau
3
Cladosporium
Berwarna coklat, hitam atau hijau keabu-abuan.

2. Pisahkan Tas dari Benda Lain

Sebelum membersihkan tas yang berjamur, pastikan untuk memisahkan tas dari barang-barang lainnya yang ada di dekatnya. Hal ini dilakukan agar jamur tidak menyebar ke barang lainnya di sekitarnya.

3. Bersihkan Tas dengan Kuas

Setelah memisahkan tas dari barang lainnya, gunakan kuas yang lembut dan kering untuk membersihkan debu atau kotoran yang melekat pada permukaan tas. Jangan gunakan air terlebih dahulu karena hal tersebut bisa membuat jamur menyebar lebih luas pada tas.

4. Keringkan Tas dengan Udara Terbuka

Jika kamu menemukan tas yang berjamur, jangan mencucinya terlebih dahulu. Sebaiknya keringkan tas dengan udara terbuka sehingga sirkulasi udara bisa mengeringkan tas dan mencegah jamur tumbuh lebih lanjut.

5. Gunakan Cairan Pembersih

Jika dirasa cukup kering, gunakan cairan pembersih yang tepat untuk membersihkan tas yang berjamur. Pastikan cairan pembersih yang digunakan aman untuk bahan tasmu. Campurkan cairan pembersih dengan air secukupnya dan aplikasikan pada permukaan tas dengan kuas lembut hingga bersih.

FAQ

1. Apa bahan tas yang rentan terkena jamur?

Bahan tas yang rentan terkena jamur adalah kulit, suede, kanvas, dan vinyl.

2. Bagaimana mencegah tas agar tidak berjamur?

Untuk mencegah tas agar tidak berjamur, pastikan tas selalu kering dan jangan biarkan tas dalam kondisi lembab terlalu lama. Hindari menaruh tas di tempat yang lembap seperti di dekat air atau tempat yang terpapar sinar matahari langsung.

3. Apakah boleh menggunakan cairan pembersih yang kuat untuk membersihkan tas?

Tidak disarankan untuk menggunakan cairan pembersih yang kuat untuk membersihkan tas karena bisa merusak bahan tas dan menyebabkan perubahan warna pada bahan tas.

4. Apa cara membersihkan tas yang terbuat dari bahan kulit?

Untuk membersihkan tas yang terbuat dari bahan kulit, gunakan lap halus yang telah dibasahi dengan air. Usapkan lap halus tersebut pada permukaan tas dengan lembut dan keringkan dengan lap kering dan bersih.

5. Bagaimana cara membersihkan jamur pada tas yang terbuat dari kanvas?

Untuk membersihkan jamur pada tas yang terbuat dari kanvas, gunakan cairan pembersih yang aman untuk kanvas. Campurkan cairan pembersih dengan air secukupnya dan aplikasikan pada permukaan tas dengan kuas lembut hingga bersih.

Cara Membersihkan Tas yang Berjamur