Cara Membuat Tauge

Cara Membuat Tauge

Halo Kawan Mastah! Bagaimana kabarnya hari ini? Hari ini kita akan berbicara tentang cara membuat tauge. Tauge adalah salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Tauge mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional dan bisa dibuat di rumah. Yuk, simak cara membuat tauge di bawah ini.

1. Persiapan Bahan

Sebelum membuat tauge, ada beberapa bahan yang harus disiapkan, yaitu:

Bahan
Jumlah
Kacang Hijau
250 gram
Air
2 liter
Toples
1 buah

1.1 Kacang Hijau

Beli kacang hijau yang masih segar di pasar atau supermarket terdekat. Pastikan kacang hijau yang dipilih tidak terlalu tua atau kering. Cuci kacang hijau dengan air bersih dan rendam dalam air selama 3-4 jam. Setelah itu, tiriskan kacang hijau dan siapkan untuk proses selanjutnya.

1.2 Air

Siapkan air yang cukup banyak, sekitar 2 liter. Gunakan air bersih dan pastikan air tersebut tidak tercemar. Air yang digunakan harus bersih karena akan mempengaruhi kualitas tauge yang akan dihasilkan.

2. Proses Pembuatan Tauge

Setelah semua bahan siap, ikuti langkah-langkah berikut ini:

2.1 Prosedur Mencuci Kacang Hijau

Cuci kacang hijau dengan air bersih dan rendam dalam air selama 3-4 jam. Setelah itu, tiriskan kacang hijau dan letakkan di dalam toples yang sudah dibasahi dengan air.

2.2 Pembuatan Tauge

Tutup toples dengan kain atau tutup toples yang telah di lubangi. Jangan lupa untuk menyimpan toples di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Biarkan selama 2-3 hari, tauge akan tumbuh di dalamnya.

2.3 Penyaringan Air

Setelah 2-3 hari, buka tutup toples dan saring airnya dengan menggunakan saringan. Cuci tauge dengan air bersih dan tiriskan.

3. FAQ

3.1 Apakah Hanya Bisa Menggunakan Kacang Hijau?

Tidak, selain menggunakan kacang hijau, kamu juga bisa menggunakan kedelai untuk membuat tauge. Namun, cara pembuatannya sedikit berbeda.

3.2 Berapa Lama Proses Pembuatan Tauge?

Proses pembuatan tauge memakan waktu sekitar 2-3 hari, tergantung pada suhu dan kelembaban tempat penyimpanan.

3.3 Apa Saja Manfaat Tauge?

Tauge mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti protein, vitamin C, dan serat. Mengonsumsi tauge secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

3.4 Bisa Tidak Membuat Tauge di Rumah?

Tentu saja bisa! Membuat tauge di rumah sangat mudah dan tidak memerlukan banyak peralatan. Kamu bisa mencoba sendiri di rumah.

3.5 Apakah Tauge Bisa Dikonsumsi Mentah?

Tauge mentah bisa dikonsumsi, namun disarankan untuk memasak tauge terlebih dahulu untuk menghindari bakteri dan kotoran yang mungkin masih menempel pada tauge.

Cara Membuat Tauge