Cara Masak Sambal Goreng Kentang: Resep Praktis untuk Kawan Mastah

Halo Kawan Mastah! Bagi kamu yang suka dengan masakan khas Indonesia, pasti tidak asing lagi dengan sambal goreng kentang. Masakan yang terbuat dari kentang dan bumbu-bumbu pedas ini menjadi favorit banyak orang, baik di dalam maupun luar negeri.

Nah, kali ini saya akan berbagi resep praktis cara masak sambal goreng kentang yang mudah dicoba di rumah. Yuk kita simak bersama-sama!

Bahan-bahan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Kentang
5 buah
Cabe merah keriting
10 buah
Cabe rawit merah
5 buah
Bawang merah
5 siung
Bawang putih
3 siung
Terasi
1 sdt
Gula merah
1 sdm
Garam
secukupnya
Air
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Cara Memasak

Berikut langkah-langkah cara memasak sambal goreng kentang yang mudah dan praktis:

1. Menggoreng Kentang

Pertama-tama, kupaslah kentang dan potong menjadi bentuk yang kamu sukai. Kemudian, goreng kentang dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecokelatan. Setelah itu, tiriskan kentang dari minyak dan sisihkan.

2. Membuat Bumbu Sambal

Setelah kentang selesai digoreng, saatnya membuat bumbu sambal. Haluskan cabe merah keriting, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, terasi, gula merah, dan garam menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan air secukupnya agar bumbu sambal tidak terlalu kental.

3. Menumis Bumbu Sambal

Panaskan minyak goreng dalam wajan, kemudian tumis bumbu sambal hingga harum. Jangan lupa aduk-aduk agar bumbu tidak gosong. Setelah itu, masukkan kentang yang sudah digoreng ke dalam wajan dan aduk hingga rata.

4. Menambahkan Air

Tambahkan air secukupnya ke dalam wajan dan aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. Biarkan sambal goreng kentang mendidih dan airnya mengering.

5. Sajikan

Sambal goreng kentang siap disajikan. Kamu bisa menambahkan taburan bawang goreng atau daun bawang sesuai selera. Sambal goreng kentang cocok disajikan bersama nasi hangat atau sebagai lauk makan malam.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak sambal goreng kentang?

Waktu yang dibutuhkan untuk memasak sambal goreng kentang sekitar 30 menit.

2. Apakah sambal goreng kentang pedas?

Ya, sambal goreng kentang termasuk masakan yang pedas. Namun, kamu bisa menyesuaikan kadar pedasnya sesuai selera dengan menambah atau mengurangi jumlah cabe rawit yang digunakan.

3. Bahan apa saja yang diperlukan untuk memasak sambal goreng kentang?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak sambal goreng kentang antara lain kentang, cabe merah keriting, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, terasi, gula merah, garam, minyak goreng, dan air.

4. Apa yang bisa dijadikan pelengkap sambal goreng kentang?

Kamu bisa menambahkan pelengkap sambal goreng kentang seperti bawang goreng atau daun bawang sebagai taburan saat menyajikan.

5. Apakah sambal goreng kentang bisa disimpan?

Ya, sambal goreng kentang bisa disimpan dalam lemari es selama 1-2 hari. Namun, sebaiknya disajikan saat masih hangat atau setelah dipanaskan kembali.

Nah, itulah resep praktis cara masak sambal goreng kentang yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Cara Masak Sambal Goreng Kentang: Resep Praktis untuk Kawan Mastah