Cara Membuat Puding Nutrijel untuk Kawan Mastah

Selamat datang, Kawan Mastah! Pernahkah Anda mencoba membuat puding nutrijel sendiri di rumah? Jika belum, artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk membuat puding nutrijel yang lezat dan menggugah selera. Puding nutrijel adalah salah satu jenis puding yang terbuat dari bahan khusus bernama Nutrijel. Nutrijel adalah bahan puding instan yang mudah digunakan dan murah meriah. Dengan bahan-bahan yang mudah dicari, Anda bisa membuat puding nutrijel sendiri di rumah. Mari kita mulai!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Nutrijel rasa apa saja
1 bungkus
Susu cair
500 ml
Keju parut
50 gram
Gula pasir
100 gram
Vanili bubuk
1/2 sendok teh
Air matang
1000 ml

Sebelum memulai pembuatan puding nutrijel, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Jika semua bahan sudah tersedia, mari kita lanjut ke tahap selanjutnya.

Cara Membuat:

1. Siapkan Wadah dan Alat-alat Masak

Pertama-tama, siapkan wadah kaca atau plastik yang besar dan tahan panas. Alat-alat yang dibutuhkan adalah kompor, sendok, pengaduk, dan cetakan puding. Pastikan bahwa cetakan puding sudah dicuci bersih sebelum digunakan.

2. Campurkan Bahan-bahan

Selanjutnya, campurkan nutrijel dengan gula pasir dan vanili bubuk. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan sempurna. Setelah itu, tambahkan susu cair dan aduk kembali hingga tercampur rata.

3. Masak Bahan-bahan

Panaskan air matang di atas kompor hingga mendidih. Setelah itu, tuang campuran nutrijel ke dalam air mendidih sambil terus diaduk dengan pengaduk. Masak hingga campuran mengental dan meletup-letup.

4. Tambahkan Keju Parut

Selanjutnya, tambahkan keju parut ke dalam campuran puding nutrijel yang sudah mengental. Aduk rata hingga keju parut tercampur sempurna dengan puding nutrijel. Matikan kompor dan biarkan campuran puding nutrijel dingin selama beberapa menit.

5. Tuang ke dalam Cetakan

Setelah campuran puding nutrijel sudah dingin, tuang ke dalam cetakan puding yang sudah disediakan. Pastikan cetakan puding sudah dicuci bersih sebelum digunakan. Dinginkan puding nutrijel di dalam kulkas selama beberapa jam hingga benar-benar mengeras.

FAQ:

1. Apakah Nutrijel Bisa Diganti dengan Bahan Lain?

Tentu saja, Anda bisa mengganti nutrijel dengan bahan puding lainnya seperti agar-agar atau tepung maizena. Namun, cara pembuatan dan takaran bahan akan berbeda.

2. Apa Saja Varian Rasa Nutrijel yang Tersedia?

Nutrijel tersedia dalam berbagai varian rasa seperti strawberry, coklat, vanilla, dan masih banyak lagi. Pilih varian rasa sesuai dengan selera Anda.

3. Berapa Lama Puding Nutrijel Harus Didinginkan?

Setelah dicetak, puding nutrijel harus didinginkan di dalam kulkas selama minimal 4 jam hingga benar-benar mengeras. Lebih baik didinginkan semalaman agar tekstur puding lebih lembut dan kenyal.

4. Bisakah Puding Nutrijel Dihidangkan dengan Topping Lain?

Tentu saja, Anda bisa menambahkan topping sesuai dengan selera seperti buah segar, saus kental, atau whipped cream. Topping akan menambah cita rasa dan tampilan puding nutrijel Anda.

5. Bisakah Puding Nutrijel Disimpan di Luar Kulkas?

Puding nutrijel harus disimpan di dalam kulkas agar tidak cepat basi. Puding nutrijel bisa disimpan di dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama 2-3 hari.

Itulah panduan lengkap untuk membuat puding nutrijel yang lezat dan mudah di rumah. Selamat mencoba, Kawan Mastah!

Cara Membuat Puding Nutrijel untuk Kawan Mastah