Tata Cara Sholat Isya 4 Rakaat

Hello Kawan Mastah! In this article, we will discuss the tata cara sholat isya 4 rakaat in relaxed Indonesian language. We will cover everything you need to know about performing this prayer correctly and efficiently. So, letโ€™s begin!

1. Pengertian Sholat Isya

Sholat Isya adalah salah satu sholat yang dilakukan pada malam hari setelah sholat Maghrib. Sholat Isya terdiri dari 4 rakaat dan merupakan salah satu sholat yang wajib bagi umat muslim.

1.1 Waktu Sholat Isya

Waktu sholat Isya dimulai setelah waktu sholat Maghrib berakhir dan berakhir sebelum tengah malam. Namun, jika waktu tengah malam tiba sebelum sholat Isya dilakukan, maka waktu sholat Isya berakhir pada saat itu.

1.2 Keutamaan Sholat Isya

Sholat Isya memiliki keutamaan yang besar bagi umat muslim. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang sholat Isya dengan jamaah, maka baginya seperti sholat setengah malam. Dan barangsiapa yang sholat shubuh dengan jamaah, maka baginya seperti sholat semalaman penuh.”

2. Tata Cara Sholat Isya 4 Rakaat

2.1 Niat Sholat Isya

Sebelum memulai sholat Isya, kita harus membuat niat terlebih dahulu. Niat sholat Isya dilakukan di dalam hati dan tidak perlu diucapkan.

2.2 Takbiratul Ihram

Setelah niat, kita mengucapkan takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga dan mengucapkan “Allahu Akbar”. Kemudian, tangan dijulurkan ke depan dan diambil posisi bertepuk tangan di atas pusat dada.

2.3 Membaca Surat Al-Fatihah

Setelah takbiratul ihram, kita membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah merupakan surat pembuka dalam Al-Quran dan wajib dibaca pada setiap rakaat sholat.

2.4 Membaca Surat Pendek

Setelah membaca Al-Fatihah, kita kemudian membaca surat pendek. Surat pendek bisa berupa surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Surat pendek harus dibaca setiap rakaat sholat.

2.5 Ruku

Setelah membaca surat pendek, kita melakukan ruku dengan membungkukkan badan dan meletakkan kedua telapak tangan di atas lutut. Kita kemudian membaca “Subhana Rabbiyal ‘Adhim” sebanyak tiga kali.

2.6 I’tidal

Setelah ruku, kita kembali berdiri dengan posisi tangan di samping badan dan membaca “Sami’allahu liman hamidah” kemudian “Rabbana walakal hamd”.

2.7 Sujud

Setelah i’tidal, kita kemudian melakukan sujud dengan menekuk kedua lutut dan meletakkan telapak tangan, dahi, hidung, kedua tangan, lutut, dan ujung kaki di atas lantai. Kemudian kita membaca “Subhana Rabbiyal A’la” sebanyak tiga kali.

2.8 Duduk di Antara Dua Sujud

Setelah sujud, kita kemudian duduk dengan posisi duduk tawarruk dan membaca “Rabbighfirli, Rabbighfirli”. Kemudian kita melakukan sujud lagi seperti pada langkah sebelumnya.

2.9 Tasyahud Awal

Setelah rakaat pertama selesai, kita kemudian duduk dengan posisi duduk tawarruk dan membaca tasyahud awal. Tasyahud awal dibaca dengan mengangkat jari telunjuk sebelah kanan dan menundukkan kepala.

2.10 Tasyahud Akhir

Setelah rakaat kedua selesai, kita melakukan tasyahud akhir. Tasyahud akhir dibaca dengan mengacungkan jari telunjuk kedua tangan ke atas dan menundukkan kepala.

2.11 Salam

Setelah rakaat keempat selesai, kita membaca salam dengan mengucapkan “Assalamu’alaikum Warahmatullah”. Kita kemudian menghadap ke kanan dan mengucapkan salam lagi dengan mengucapkan “Assalamu’alaikum Warahmatullah”.

3. FAQ (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan
Jawaban
1. Apa arti dari sholat Isya?
Sholat Isya adalah salah satu sholat yang dilakukan pada malam hari setelah sholat Maghrib.
2. Berapa rakaat sholat Isya?
Sholat Isya terdiri dari 4 rakaat.
3. Apa saja bacaan dalam sholat Isya?
Bacaan dalam sholat Isya meliputi surat Al-Fatihah, surat pendek, dan tasyahud.
4. Apa waktu sholat Isya?
Waktu sholat Isya dimulai setelah waktu sholat Maghrib berakhir dan berakhir sebelum tengah malam.

Demikianlah artikel tentang tata cara sholat isya 4 rakaat. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kawan-kawan Mastah dalam melaksanakan sholat Isya dengan benar dan khusyu. Terima kasih sudah membaca!

Tata Cara Sholat Isya 4 Rakaat