Cara Membuat Kimchi Sawi

Salam Kawan Mastah, kali ini saya akan berbagi resep cara membuat kimchi sawi yang enak dan mudah untuk dilakukan di rumah. Kimchi sawi adalah hidangan fermentasi khas Korea Selatan yang terbuat dari sawi putih yang dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Rasa kimchi sawi yang sedikit pedas dan asam ini sangat cocok untuk disajikan sebagai lauk atau pelengkap makanan. Yuk, simak resep berikut ini!

Bahan-bahan

Sebelum memulai proses pembuatan kimchi sawi, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

1/2 kg sawi putih
1/4 cup garam
1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang halus
2 cm jahe, parut
2 sdm paprika bubuk
1 sdm gula pasir
1 sdt kecap ikan
2 sdm cuka putih
1 sdt air jeruk nipis

Langkah-langkah

1. Menyiapkan Sawi Putih

Bersihkan sawi putih dan potong-potong sesuai selera. Letakkan dalam mangkuk dan campur dengan garam. Aduk rata dan biarkan selama 2 jam agar sawi bisa lebih empuk.

2. Membuat Bumbu Kimchi Sawi

Siapkan bawang bombay, bawang putih, jahe, paprika bubuk, gula pasir, kecap ikan, cuka putih, dan air jeruk nipis. Tumis bumbu-bumbu tersebut hingga harum dan matang. Kemudian, biarkan bumbu dingin selama 10 menit.

3. Mencampurkan Sawi dengan Bumbu

Setelah 2 jam, bilas sawi dengan air bersih untuk menghilangkan garam berlebih. Sisihkan dan biarkan air mengalir. Setelah itu, campurkan sawi dengan bumbu kimchi yang sudah diolah tadi.

4. Fermentasi Kimchi Sawi

Siapkan mangkuk penyimpanan kimchi yang bersih dan rapat. Letakkan campuran sawi dan bumbu di dalamnya dan padatkan. Tutup rapat dan biarkan selama 2-3 hari pada suhu ruangan. Setelah itu, pindahkan ke lemari pendingin agar proses fermentasi berhenti.

5. Sajikan Kimchi Sawi

Kimchi sawi siap disajikan sebagai pelengkap makanan atau bisa dijadikan lauk dengan nasi. Selamat mencoba!

FAQ

Apa itu kimchi sawi?

Kimchi sawi adalah hidangan fermentasi khas Korea Selatan yang terbuat dari sawi putih yang dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah.

Bagaimana cara membuat kimchi sawi?

Untuk membuat kimchi sawi, pertama-tama siapkan sawi putih dan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, bawang putih, jahe, paprika bubuk, gula pasir, kecap ikan, cuka putih, dan air jeruk nipis. Kemudian, potong-potong sawi dan campur dengan garam selama 2 jam. Setelah itu, bilas sawi dan campurkan dengan bumbu. Fermentasikan campuran sawi dan bumbu selama 2-3 hari pada suhu ruangan, lalu pindahkan ke lemari pendingin. Kimchi sawi siap disajikan sebagai pelengkap makanan atau bisa dijadikan lauk dengan nasi.

Berapa lama proses fermentasi kimchi sawi?

Proses fermentasi kimchi sawi memakan waktu sekitar 2-3 hari pada suhu ruangan. Setelah itu, pindahkan ke lemari pendingin agar proses fermentasi berhenti.

Bagaimana cara menyimpan kimchi sawi?

Kimchi sawi dapat disimpan dalam kulkas selama beberapa minggu.

Apakah kimchi sawi pedas?

Kimchi sawi memiliki rasa yang sedikit pedas dan asam.

Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kimchi sawi?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kimchi sawi antara lain sawi putih, garam, bawang bombay, bawang putih, jahe, paprika bubuk, gula pasir, kecap ikan, cuka putih, dan air jeruk nipis.

Cara Membuat Kimchi Sawi