Tata Cara Sholat Jenazah dan Bacaannya

Hello Kawan Mastah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tata cara sholat jenazah dan bacaannya. Tentu saja, sebagai seorang muslim yang taat, sholat jenazah merupakan salah satu bentuk penghormatan terakhir kita bagi saudara-saudara kita yang telah meninggal dunia. Tak hanya itu, sholat jenazah juga menjadi wajib bagi kita sebagai umat muslim. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami tata cara sholat jenazah dan bacaannya dengan benar. Simak ulasan berikut ini ya, Kawan Mastah.

Pengertian Sholat Jenazah

Sholat jenazah adalah sholat yang dilakukan bagi jenazah yang telah meninggal dunia. Sholat jenazah termasuk dalam golongan sholat fardhu kifayah, artinya jika sudah ada sebagian dari jamaah yang menunaikan sholat jenazah, maka kewajiban sholat jenazah bagi semua umat muslim dianggap telah terpenuhi. Namun, tentu saja sangat dianjurkan bagi kita untuk menunaikan sholat jenazah sebagai bentuk penghormatan terakhir bagi saudara-saudara kita yang telah meninggal dunia.

Tata Cara Sholat Jenazah

Berikut adalah tata cara sholat jenazah yang benar:

Langkah
Tata Cara
1
Menyempurnakan wudhu terlebih dahulu
2
Mendirikan jenazah di tempat yang disediakan, atau di atas tanah
3
Memperhatikan jenazah, jika jenazah laki-laki maka letakkan di sebelah kanan anda. Sebaliknya jika jenazah perempuan maka letakkan di sebelah kiri anda.
4
Memulai sholat jenazah dengan membaca takbir 4 kali
Membaca doa iftitah
6
Membaca surat Al Fatihah
7
Membaca doa selamat atas Nabi Muhammad SAW
8
Membaca doa untuk jenazah yang akan disolatkan
9
Berdiri untuk rakaat pertama dan membaca takbir
10
Membaca doa jika rakaat pertama, atau membaca doa untuk jenazah jika rakaat kedua
11
Berkumandangnya takbir, rukuk dan iktidal seperti sholat biasa
12
Setelah selesai rakaat pertama, membaca doa untuk jenazah
13
Berdiri untuk rakaat kedua, membaca takbir, dan membaca doa untuk jenazah
14
Berkumandangnya takbir, rukuk dan iktidal seperti sholat biasa
15
Setelah selesai rakaat kedua, membaca doa untuk jenazah
16
Membaca salam yang pertama ke kanan
17
Membaca salam yang kedua ke kiri

Bacaan Sholat Jenazah

Berikut ini adalah bacaan sholat jenazah:

Takbir Pertama

Allahu Akbar

Takbir Kedua

Allahu Akbar

Takbir Ketiga

Allahu Akbar

Takbir Keempat

Allahu Akbar

Doa Iftitah

Subhanakallahumma wa bihamdika wa tabarakasmuka wa ta’ala jadduka wa la ilaha ghairuk.

Artinya: Maha Suci Engkau Ya Allah, aku memuji-Mu, Mahasuci nama-Mu, Maha Mulia kerajaan-Mu, tiada Tuhan selain Engkau.

Surat Al Fatihah

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Ar rahmanir rahim. Maliki yawmid din. Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’in. Ihdinash shiratal mustaqim. Shiratal ladzina an’amta ‘alaihim ghairil maghdubi ‘alaihim walad dhallin.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Raja yang menguasai hari pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan, tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan jalan orang-orang yang dimurkai dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat.

Doa Selamat atas Nabi Muhammad SAW

Allohumma shalli ‘alanabiyyina Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kama shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim wa barik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim fil ‘alamin, Innaka Hamidun Majid.

Artinya: Ya Allah limpahkanlah shalawat atas Nabi kami Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau limpahkan shalawat atas Ibrahim dan keluarga Ibrahim; Dan berilah keberkahan atas Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau berikan keberkahan atas Ibrahim dan keluarga Ibrahim, di seluruh alam. Engkaulah yang Maha Terpuji dan Maha Mulia.

Doa untuk Jenazah

Allahummaghfir lahu warhamhu wa afihi wa’fuanhu, wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu waghsilhu bil ma’i, waththalji, wal barad, wa naqqihi minal khataya kama yunaqqa aththawbu al abyadu min adhdanas, wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, wa adkhilhul jannah, wa a’izhu min azabil qabri, wa min azabil nar.

Artinya: Ya Allah, ampunilah dia, sayangilah dia, maafkanlah dia, muliakanlah kedudukannya, luaskanlah kuburnya, mandikanlah dia dengan air dan salju dan es, dan bersihkanlah dia dari segala dosa sebagaimana baju putih yang dicuci dari kotoran, gantilah rumahnya yang lebih baik dari rumahnya, keluarga yang lebih baik dari keluarganya, istri yang lebih baik dari istrinya, dan masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksa kubur dan api neraka.

Doa untuk Rakaat Kedua

Allahummaghfir lihayyina wa mayyitina wa syahidina wa ghaibina wa saghirina wa kabirina wa dhakarina wa untsana. Allahumma man ahyaytahu minna fa ahyihi ‘ala islam, wa man tawaffaytahu minna fatawaffahu ‘ala iman.

Artinya: Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami yang masih hidup dan yang sudah meninggal, yang terlihat dan yang tidak terlihat, yang masih kecil dan yang sudah besar, yang laki-laki dan yang perempuan. Ya Allah, siapa yang Engkau hidupkan dari kami, hidupkanlah dia dengan Islam, dan siapa yang Engkau matikan dari kami, matikanlah dia dengan iman.

FAQ Sholat Jenazah

1. Apakah sholat jenazah wajib bagi kita?

Ya, sholat jenazah merupakan salah satu kewajiban bagi kita sebagai umat muslim yang taat.

2. Apakah sholat jenazah termasuk dalam sholat fardhu atau sunnah?

Sholat jenazah termasuk ke dalam sholat fardhu kifayah, artinya jika sudah ada sebagian dari jamaah yang menunaikan sholat jenazah, maka kewajiban sholat jenazah bagi semua umat muslim dianggap telah terpenuhi.

3. Apakah syarat-syarat melaksanakan sholat jenazah?

Syarat-syarat melaksanakan sholat jenazah antara lain: sudah memperoleh wudhu, jenazah telah diletakkan di atas tanah atau tempat yang disediakan, dan memperhatikan posisi jenazah apabila laki-laki harus berada di sebelah kanan atau perempuan harus berada di sebelah kiri saat sholat berlangsung.

4. Apa bacaan yang harus dibaca ketika sholat jenazah?

Bacaan yang harus dibaca ketika sholat jenazah meliputi takbir, doa iftitah, surat Al Fatihah, doa selamat atas Nabi Muhammad SAW, doa untuk jenazah, dan doa untuk rakaat kedua.

5. Apakah ada doa lain yang bisa dibaca selain doa yang sudah disebutkan diatas?

Ya, selain doa-do yang sudah disebutkan diatas, ada juga doa untuk jenazah yang lainnya, seperti doa takziyah atau doa selamat, yakni, Allahumma la tahrimna ajrah wa la tudhillana ba’dah. Artinya, Ya Allah, janganlah Engkau menghalangi kami dari pahala yang telah Kau berikan kepadanya, dan janganlah Engkau menyesatkan kami setelah dia pergi.

Tata Cara Sholat Jenazah dan Bacaannya