Cara Bikin Kembang Goyang

Halo Kawan Mastah! Siapa yang tidak kenal dengan kembang goyang? Kue tradisional yang satu ini memang sudah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Namun, tahukah kalian bahwa sebenarnya cara membuat kembang goyang itu sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan kembang goyang, pastikan terlebih dahulu bahwa semua bahan yang diperlukan sudah siap. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
200 gram
Tepung beras
50 gram
Gula pasir
50 gram
Santan kental
300 ml
Daun pandan
2 lembar
Garam
1/4 sendok teh
Air daun pandan
250 ml
Minyak goreng
secukupnya

Dari bahan-bahan tersebut, kalian sudah bisa membuat kembang goyang dengan jumlah sekitar 30 buah. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

2. Cara Membuat Kembang Goyang

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kembang goyang:

2.1. Membuat Adonan

1. Campurkan tepung terigu, tepung beras, dan gula pasir dalam sebuah wadah.

2. Rebus santan kental bersama dengan daun pandan dan garam hingga mendidih. Setelah itu, saring santan hingga bersih dan sisihkan.

3. Tuangkan sedikit-sedikit air daun pandan ke dalam campuran tepung dan aduk hingga adonan menjadi kalis dan bisa dipulung.

4. Masukkan santan sedikit-sedikit ke dalam adonan sambil terus diuleni hingga adonan tercampur rata.

2.2. Membuat Kembang Goyang

1. Panaskan minyak goreng dalam wajan hingga cukup panas.

2. Ambil sejumput adonan lalu masukkan ke dalam cetakan kembang goyang. Tekan-tekan dengan sendok hingga adonan keluar dari lubang-lubang cetakan dan membentuk pola kembang goyang.

3. Goreng adonan hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

4. Ulangi proses yang sama hingga adonan habis.

3. Tips Membuat Kembang Goyang yang Enak

Agar hasil kembang goyang yang kalian buat bisa lebih enak dan lezat, berikut adalah beberapa tips yang dapat dijadikan referensi:

3.1. Gunakan Santan Murni

Pilihlah santan kental yang murni atau tanpa bahan pengawet. Hal ini akan membuat kembang goyang yang dihasilkan lebih gurih dan sedap.

3.2. Pastikan Minyak Cukup Panas

Sebelum menggoreng adonan, pastikan minyak sudah cukup panas. Hal ini akan membuat kembang goyang matang secara merata dan tidak terlalu banyak menyerap minyak.

3.3. Tekan-tekan Cetakan Kembang Goyang

Agar adonan bisa lebih mudah keluar dari cetakan kembang goyang, tekankan cetakan dengan sendok saat mengaduk adonan. Dengan begitu, adonan akan lebih mudah keluar dari lubang-lubang cetakan.

4. FAQ tentang Cara Bikin Kembang Goyang

4.1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kembang goyang?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kembang goyang sekitar 1 jam. Hal ini tergantung pada jumlah adonan yang akan dibuat dan kemampuan masing-masing dalam menggoreng adonan.

4.2. Apakah kembang goyang bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Kembang goyang bisa disimpan dalam waktu yang lama dengan cara disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas atau freezer. Sebelum dimakan kembali, kembang goyang bisa digoreng kembali untuk mendapatkan rasa yang lebih renyah.

4.3. Apakah tepung beras bisa diganti dengan tepung terigu?

Bisa, tepung beras bisa diganti dengan tepung terigu. Namun, penggunaan tepung beras akan membuat kembang goyang yang dihasilkan lebih kenyal dan empuk.

Nah, itulah cara membuat kembang goyang yang mudah dan praktis. Selamat mencoba di rumah ya, Kawan Mastah!

Cara Bikin Kembang Goyang