Cara Sholat Hajat 2 Rakaat: Panduan Lengkap untuk Kawan Mastah

Hello, Kawan Mastah! Bagi seorang muslim, sholat hajat merupakan salah satu caranya untuk memohon kebutuhan atau hajat kepada Allah SWT. Sholat hajat dilakukan dengan cara yang cukup sederhana, yaitu hanya 2 rakaat. Namun, terkadang masih banyak yang belum tahu bagaimana cara sholat hajat dengan benar. Berikut adalah panduan lengkap cara sholat hajat 2 rakaat bagi Kawan Mastah.

Pengertian Sholat Hajat

Sebelum memulai menjelaskan cara sholat hajat 2 rakaat, ada baiknya Kawan Mastah mengetahui dulu apa itu sholat hajat. Sholat hajat adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk meminta kebutuhan atau hajat kepada Allah SWT. Sholat ini sering dilakukan ketika seseorang menghadapi masalah atau kesulitan dalam hidupnya.

Sholat hajat memiliki waktu yang diperbolehkan untuk dilakukan, yaitu setelah sholat isya hingga menjelang subuh. Sholat hajat dapat dilakukan sebanyak-banyaknya, namun sebaiknya tidak lebih dari 8 rakaat.

Persiapan Sebelum Sholat Hajat

Sebelum melakukan sholat hajat, pastikan Kawan Mastah sudah memenuhi persiapan-persiapan berikut:

  1. Bersuci dan memperbaiki niat
  2. Mempersiapkan tempat sholat yang bersih dan tenang
  3. Membaca doa niat sholat hajat

1. Bersuci dan Memperbaiki Niat

Sebelum melaksanakan sholat hajat, Kawan Mastah harus melakukan wudhu terlebih dahulu. Pastikan wudhu yang dilakukan bersih dan sempurna. Setelah itu, perbaiki niat untuk melaksanakan sholat hajat dengan ikhlas dan penuh harapan kepada Allah SWT.

2. Mempersiapkan Tempat Sholat yang Bersih dan Tenang

Persiapan berikutnya adalah mempersiapkan tempat sholat yang bersih dan tenang. Pastikan tempat sholat terbebas dari hal-hal yang dapat mengganggu khusyuk saat melaksanakan sholat, seperti bau tidak sedap, suara bising, atau adanya gangguan dari binatang.

3. Membaca Doa Niat Sholat Hajat

Setelah bersuci dan mempersiapkan tempat sholat, Kawan Mastah perlu membaca doa niat sholat hajat. Berikut ini adalah doa niat sholat hajat yang dapat dibaca sebelum melaksanakan sholat:

No
Doa
Arti
1
Nawaitu shalatan hajati roka’ataini lillahi ta’ala.
Aku berniat shalat hajat 2 rakaat karena Allah SWT.

Langkah-langkah Melakukan Sholat Hajat 2 Rakaat

Setelah persiapan sebelum sholat hajat sudah dilakukan, berikut ini adalah langkah-langkah melaksanakan sholat hajat 2 rakaat:

  1. Bertakbiratul Ihram
  2. Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Pendek di Rakaat Pertama
  3. Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Pendek di Rakaat Kedua
  4. Membaca Doa Setelah Salam

1. Bertakbiratul Ihram

Langkah pertama dalam melaksanakan sholat hajat adalah bertakbiratul ihram. Bertakbiratul ihram dilakukan dengan mengangkat tangan sejajar dengan bahu dan mengucapkan “Allahu Akbar”. Setelah itu, tangan diletakkan di atas dada.

2. Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Pendek di Rakaat Pertama

Setelah melakukan takbiratul ihram, baca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya di rakaat pertama. Surat pendek yang dapat dibaca antara lain surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Setelah itu, rukuk dengan membungkukkan badan dan mengucapkan “Subhana Rabbiyal Adzim” sebanyak 3 kali.

3. Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Pendek di Rakaat Kedua

Setelah selesai rukuk, berdiri kembali dan baca surat Al-Fatihah serta surat pendek lainnya di rakaat kedua. Setelah itu, sujud dengan meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, kedua lutut, dan kedua ujung kaki ke lantai. Dalam posisi sujud, bacalah “Subhana Rabbiyal A’la” sebanyak 3 kali.

4. Membaca Doa Setelah Salam

Setelah selesai sujud di rakaat kedua, kembali berdiri dan melakukan takbiratul ihram. Setelah itu, membaca doa setelah salam sebagai penutup sholat hajat. Berikut ini adalah doa setelah salam dalam sholat hajat:

No
Doa
Arti
1
Allahumma inni asta’inuka wa astaghfiruka wa as’aluka min fadlikal ‘azhim, fa innaka taqdiru wa la aqdiru, wa ta’lamu wa la a’lamu, wa anta ‘allamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amr khairun li fi dini wa ma’asyi wa ‘aqibatil amri faqdirhu li wa yassirhu li thumma barik li fihi wa in kunta ta’lamu anna hadzal amr syarrun li fi dini wa ma’asyi wa ‘aqibatil amri fasrifhu ‘anni wasrifni ‘anhu waqdir liyal khaira haitsu kaana thumma ardini bihi.
Ya Allah, aku memohon pertolonganMu, ampunanMu, dan karunia dariMu yang besar. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa dan aku tidak kuasa. Engkau Maha Mengetahui dan aku tidak mengetahui. Engkau-lah Yang Mengetahui segala yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku dalam agamaku dan kehidupanku, serta akibatnya di masa depan adalah baik, maka takdirkanlah untukku dan mudahkanlah jalannya. Dan berkahilah aku di dalamnya. Namun jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya di masa depan adalah buruk, maka jauhkanlah aku darinya dan jauhkanlah urusan itu dariku, serta takdirkanlah yang baik bagiku di mana saja itu berada. Amin.

FAQ

1. Apa itu sholat hajat?

Sholat hajat adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk memohon kebutuhan atau hajat kepada Allah SWT.

2. Kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat hajat?

Waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat hajat adalah setelah sholat isya hingga menjelang subuh.

3. Apa saja persiapan yang perlu dilakukan sebelum melaksanakan sholat hajat?

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum melaksanakan sholat hajat adalah bersuci dan memperbaiki niat, mempersiapkan tempat sholat yang bersih dan tenang, serta membaca doa niat sholat hajat.

4. Berapa kali rakaat yang disarankan untuk dilakukan dalam sholat hajat?

Sholat hajat dapat dilakukan sebanyak-banyaknya, namun sebaiknya tidak lebih dari 8 rakaat.

5. Apa saja surat yang dibacakan dalam sholat hajat?

Dalam sholat hajat, surat yang dibacakan adalah Al-Fatihah dan surat pendek lainnya.

Cara Sholat Hajat 2 Rakaat: Panduan Lengkap untuk Kawan Mastah