Cara Membuat Tempe Krispi untuk Kawan Mastah

Halo, Kawan Mastah! Siapa yang tidak suka dengan tempe krispi? Makanan yang nikmat ini sering disantap sebagai cemilan atau camilan. Apalagi jika bisa dibuat sendiri di rumah, tentunya lebih menyenangkan. Nah, kali ini kami akan membahas cara membuat tempe krispi dengan mudah dan praktis. Yuk simak langkah-langkahnya!

1. Persiapan Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan tempe krispi, pastikan semua bahan sudah tersedia. Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain:

Tempe
250 gram
Tepung terigu
100 gram
Tepung beras
50 gram
Baking powder
1/2 sendok teh
Gula pasir
1/2 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh
Merica bubuk
1/4 sendok teh
Air
150 ml
Minyak goreng
secukupnya

Persiapkan semua bahan dan jangan lupa untuk menimbangnya dengan tepat. Ini akan mempengaruhi hasil akhir dari tempe krispi yang akan kalian buat.

2. Proses Pembuatan Tempe Krispi

2.1. Iris Tempe

Langkah pertama adalah memotong tempe menjadi irisan tipis. Iris tipis tempe akan mempercepat proses pengolahan dan membuat tempe krispi lebih renyah.

2.2. Campurkan Bahan Kering

Campurkan tepung terigu, tepung beras, baking powder, gula pasir, garam, dan merica bubuk dalam sebuah mangkuk besar. Aduk hingga rata.

2.3. Tambahkan Air

Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang kental dan cukup lembut. Pastikan tidak terlalu cair dan terlalu kental.

2.4. Celupkan Tempe dalam Adonan

Masukkan irisan tempe ke dalam adonan. Pastikan seluruhnya terlapisi oleh adonan.

2.5. Goreng Tempe

Goreng tempe dalam minyak panas hingga kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan. Jangan lupa untuk menggoreng dalam api yang sedang agar tidak gosong dan matang merata.

3. Cara Menyajikan Tempe Krispi

3.1. Hidangkan dengan Saus

Tempe krispi dapat disajikan dengan berbagai jenis saus. Contohnya, saus sambal, saus tomat, atau saus mayonaise. Saus ini dapat menambah cita rasa dan kelezatan dari tempe krispi.

3.2. Tambahkan Bumbu Lainnya

Tambahkan bumbu lainnya seperti cabe rawit, bawang putih goreng, atau daun ketumbar untuk menambah sensasi rasa dan aromanya.

FAQ

1. Apakah tempe krispi cocok untuk vegetarian?

Iya, tempe krispi cocok untuk vegetarian karena bahan utamanya adalah tempe yang berasal dari kedelai.

2. Bisakah saya menggunakan tepung jagung?

Tidak ada salahnya mencoba menggunakan tepung jagung sebagai variasi pengganti tepung beras. Namun, bisa jadi tekstur dan rasa tempe krispi sedikit berbeda dengan menggunakan tepung beras.

3. Berapa lama bisa disimpan?

Tempe krispi sebaiknya disajikan segera setelah digoreng. Namun, jika ingin disimpan dalam jangka pendek, bisa dimasukkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam kulkas. Kualitas tempe krispi dapat bertahan selama 1-2 hari.

4. Apakah bisa dibuat menggunakan tempe kedelai hitam?

Iya, bisa menggunakan tempe kedelai hitam sebagai variasi. Namun, kualitas dan rasa tempe krispi bisa berbeda dengan menggunakan tempe kedelai biasa.

5. Tahukah Anda bahwa tempe krispi juga bisa dibuat vegan?

Tentu saja, Kawan Mastah! Cukup ganti telur dalam bahan adonan dengan pengganti telur vegan seperti jus apel atau cuka sari apel.

Nah, itulah langkah-langkah mudah dalam membuat tempe krispi. Dengan sedikit usaha, kalian bisa membuat camilan yang lezat dan sehat di rumah. Selamat mencoba!

Cara Membuat Tempe Krispi untuk Kawan Mastah