Cara Membuat Kue Lumpur Kentang untuk Kawan Mastah

Selamat datang, Kawan Mastah! Kali ini, saya akan membagikan resep cara membuat kue lumpur kentang yang lezat dan mudah untuk dibuat di rumah. Kue lumpur kentang adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari kentang dan kelapa parut. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat kue lumpur kentang, Anda memerlukan beberapa bahan sebagai berikut:

Bahan
Jumlah
Kentang
500 gram
Kelapa parut
200 gram
Gula pasir
200 gram
Tepung terigu
150 gram
Santan kental
500 ml
Vanili bubuk
1 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh
Air matang
200 ml
Pewarna makanan (opsional)
Sesuai selera

Anda bisa mendapatkan semua bahan tersebut di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Pastikan untuk memilih bahan-bahan yang segar dan berkualitas untuk hasil yang maksimal.

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kue lumpur kentang yang mudah dan praktis:

1. Kukus kentang yang sudah diparut

Setelah mencuci bersih kentang, parut kentang dengan kasar. Setelah itu, kukus kentang yang sudah diparut selama kurang lebih 20 menit atau sampai kentang matang dan lunak. Setelah itu, angkat dan dinginkan.

2. Buat adonan kue

Dalam sebuah wadah, campurkan tepung terigu, gula pasir, vanili bubuk, dan garam. Aduk rata. Setelah itu, tambahkan santan kental dan air matang sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan hingga adonan kue tercampur rata.

3. Tambahkan parutan kentang ke dalam adonan kue

Tambahkan parutan kentang yang sudah kukus tadi ke dalam adonan kue. Aduk perlahan hingga tercampur rata.

4. Tambahkan kelapa parut

Tambahkan kelapa parut ke dalam adonan kue. Aduk perlahan hingga tercampur rata. Jika ingin memberikan warna pada kue, Anda bisa menambahkan pewarna makanan sesuai selera.

5. Siapkan loyang

Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin atau mentega. Kemudian, tuang adonan kue ke dalam loyang. Pastikan permukaan adonan kue merata.

6. Kukus kue

Kukus kue selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga matang. Setelah itu, angkat dan dinginkan. Kue lumpur kentang siap disajikan!

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa bedanya kue lumpur kentang dengan kue lainnya?

Kue lumpur kentang memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Selain itu, aroma kentang dan kelapa parut yang khas membuat kue ini memiliki rasa yang unik dan lezat.

2. Apakah kue lumpur kentang bisa disimpan di dalam kulkas?

Ya, kue lumpur kentang bisa disimpan di dalam kulkas selama dua hingga tiga hari. Pastikan untuk menyimpannya di dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak mudah rusak atau terkontaminasi dengan bau lain.

3. Bisakah saya menambahkan bahan-bahan lain ke dalam adonan kue?

Tentu saja! Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti kismis, kacang, atau cokelat sesuai selera. Namun, pastikan bahwa bahan-bahan tersebut tidak akan mengubah tekstur atau rasa kue secara signifikan.

4. Bisakah saya mengganti kentang dengan tepung kentang?

Ya, Anda bisa mengganti kentang dengan tepung kentang. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan takaran agar adonan kue tetap memiliki tekstur dan rasa yang sama.

5. Apakah saya bisa menggunakan santan encer?

Tidak disarankan. Penggunaan santan encer atau air kelapa akan mengurangi kekentalan adonan kue dan membuat kue tidak mengembang dengan sempurna.

Itulah tadi cara membuat kue lumpur kentang yang lezat dan mudah untuk dibuat. Selamat mencoba di rumah, Kawan Mastah!

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang untuk Kawan Mastah