Cara Membuat Bakpia Terlezat di Rumah – Kawan Mastah

Bakpia Terlezat di Rumah – Kawan Mastah

Hello, Kawan Mastah! Siapa nih yang nggak suka makanan manis? Salah satu makanan manis yang cukup terkenal di Indonesia adalah bakpia. Bakpia adalah makanan ringan yang biasanya terbuat dari tepung terigu, gula, dan kacang hijau sebagai isian. Nah, kali ini kami akan memberikan resep dan cara membuat bakpia yang lezat dan mudah untuk kamu coba di rumah. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat bakpia, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu protein rendah
250 gram
Gula halus
50 gram
Margarin
100 gram
Garam
1/4 sendok teh
Air dingin
100 ml
Kacang hijau
150 gram
Gula pasir
100 gram
Garam
1/2 sendok teh

Cara Membuat Bakpia

Nah, setelah menyiapkan semua bahan-bahan, saatnya melakukan proses pembuatan bakpia. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Membuat Isian Kacang Hijau

Pertama, masak kacang hijau hingga empuk. Kemudian, tambahkan gula pasir dan garam ke dalam kacang hijau yang sudah matang tadi. Aduk rata dan sisihkan.

Nah, isian kacang hijau ini nantinya akan digunakan sebagai isi bakpia kita.

2. Membuat Adonan Bakpia

Langkah selanjutnya adalah membuat adonan bakpia. Caranya, campurkan tepung terigu, gula halus, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata.

Tambahkan margarin ke dalam campuran tepung terigu tadi. Kemudian, uleni adonan hingga margarin tercampur rata dengan tepung terigu. Tuangkan air sedikit-sedikit sambil terus diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.

3. Membentuk Adonan Bakpia

Setelah adonan bakpia siap, ambil sejumput adonan dan pipihkan dengan tangan atau rolling pin. Letakkan isian kacang hijau di atas adonan tersebut.

Setelah itu, tutup isian kacang hijau dengan adonan yang sudah dipipihkan tadi. Lipat adonan menjadi segitiga atau persegi panjang dan rapatkan pinggirannya.

Lakukan proses ini hingga adonan dan isian kacang hijau habis.

4. Memanggang Bakpia

Terakhir adalah memanggang bakpia. Panaskan oven hingga suhu 180 derajat Celsius. Kemudian, panggang bakpia selama 20-25 menit atau hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Setelah matang, keluarkan bakpia dari oven dan diamkan hingga dingin. Bakpia siap disajikan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu bakpia?

Bakpia adalah makanan ringan yang biasanya terbuat dari tepung terigu, gula, dan kacang hijau sebagai isian.

2. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakpia?

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tepung terigu, gula halus, margarin, garam, air dingin, kacang hijau, dan gula pasir.

3. Bagaimana cara membuat isian kacang hijau untuk bakpia?

Isian kacang hijau bisa dibuat dengan memasak kacang hijau hingga empuk, lalu menambahkan gula pasir dan garam ke dalamnya. Aduk rata dan jadikan isian bakpia.

4. Berapa suhu dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanggang bakpia?

Oven perlu dipanaskan hingga suhu 180 derajat Celsius. Bakpia kemudian dipanggang selama 20-25 menit atau hingga matang dan berwarna kecoklatan.

5. Berapa lama bakpia bisa disimpan?

Bakpia bisa disimpan dalam wadah kedap udara selama 2-3 hari.

Cara Membuat Bakpia Terlezat di Rumah – Kawan Mastah