Cara Membuat Kerupuk Bawang untuk Kawan Mastah

Hello, Kawan Mastah! Apa kabar? Kali ini kita akan bahas tentang cara membuat kerupuk bawang. Kerupuk bawang adalah salah satu jenis kerupuk yang sangat terkenal di Indonesia. Kerupuk ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan di kala senggang atau saat bersantai. Nah, bagi Kawan Mastah yang ingin mencoba membuat kerupuk bawang sendiri di rumah, yuk simak cara membuatnya berikut ini!

1. Siapkan Bahan-Bahannya

Sebelum memulai membuat kerupuk bawang, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kerupuk bawang antara lain:

Bahan Utama
Jumlah
Tepung kanji
500 gram
Bawang merah
500 gram
Air bersih
Secukupnya
Garam
Secukupnya
Minyak goreng
Secukupnya

Setelah semua bahan sudah disiapkan, lanjut ke tahap selanjutnya.

2. Iris Bawang Merah

Setelah bahan-bahan sudah disiapkan, iris bawang merah yang sudah dicuci bersih dengan ukuran yang tipis-tipis. Hal ini bertujuan agar bawang merah dapat meresap ke dalam adonan tepung dengan baik saat proses penggorengan.

2.1. Tips Memotong Bawang Merah

Untuk mempermudah dalam memotong bawang merah, sebaiknya gunakan pisau yang tajam dan cukup panjang. Anda juga bisa memotong bawang merah dengan menggunakan alat khusus yaitu mesin potong bawang.

2.2. Cara Membersihkan Bawang Merah

Sebelum diiris, bawang merah harus dibersihkan terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencucinya menggunakan air bersih dan mengupas kulit bawang merah.

3. Campurkan Tepung Kanji dan Bawang Merah

Setelah bawang merah sudah diiris tipis, campurkan bawang merah yang sudah diiris dengan tepung kanji hingga merata. Tambahkan air secukupnya hingga adonan tepung kanji dan bawang merah dapat dicampur sampai adonan menjadi kalis dan tidak mudah hancur.

4. Bentuk Adonan

Setelah adonan tepung kanji dan bawang merah sudah siap, bentuk adonan sesuai dengan selera. Anda bisa membentuknya dengan menggunakan sendok atau cetakan kerupuk. Pastikan adonan sudah benar-benar padat agar saat digoreng tidak mudah hancur.

5. Goreng Adonan

Setelah adonan sudah dibentuk, panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng adonan hingga berwarna kuning kecokelatan. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

6. Kerupuk Bawang siap dihidangkan

Nah, kerupuk bawang yang sudah matang siap dihidangkan. Selamat mencoba membuat kerupuk bawang sendiri di rumah, Kawan Mastah!

FAQ Cara Membuat Kerupuk Bawang

1. Apakah tepung kanji bisa diganti dengan tepung terigu?

Tidak bisa, Kawan Mastah. Tepung kanji memiliki kandungan pati yang lebih tinggi daripada tepung terigu, sehingga membuat kerupuk bawang lebih renyah dan crispy.

2. Apakah kerupuk bawang bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Bisa, Kawan Mastah. Kerupuk bawang dapat disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan diletakkan dalam ruangan yang kering. Kerupuk bawang bisa bertahan hingga 1 bulan jika disimpan dengan benar.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk bawang?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk bawang sekitar 1-2 jam tergantung dari banyaknya adonan yang dibuat dan jumlah kerupuk yang diinginkan.

4. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk bawang?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk bawang antara lain tepung kanji, bawang merah, air, garam, dan minyak goreng.

5. Apakah kerupuk bawang bisa digoreng dalam minyak goreng yang sudah pernah digunakan sebelumnya?

Tidak disarankan, Kawan Mastah. Karena minyak goreng yang sudah digunakan sebelumnya mengandung sisa-sisa partikel yang dapat mempengaruhi rasa dan aroma kerupuk bawang yang dihasilkan.

Cara Membuat Kerupuk Bawang untuk Kawan Mastah