Cara Search di Excel Untuk Pemula Kawan Mastah

Hello, Kawan Mastah! Apakah kamu sering merasa kesulitan saat mencari data di Excel? Jangan khawatir, karena di artikel ini saya akan memberikan tips dan trik untuk melakukan pencarian di Excel dengan mudah dan cepat.

Apa itu Pencarian di Excel?

Sebelum kita mulai, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu pencarian di Excel. Pencarian di Excel adalah cara untuk menemukan data yang ingin kita cari dari sejumlah data yang ada di worksheet Excel. Dengan fitur pencarian ini, kita tidak perlu lagi mencari data secara manual, yang tentunya memakan waktu dan lebih merepotkan.

Bagaimana Cara Melakukan Pencarian di Excel?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan pencarian di Excel, di antaranya sebagai berikut:

1. Menggunakan Tombol “Find”

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan tombol “Find”. Tombol ini bisa kita temukan di bagian sebelah kanan atas worksheet Excel. Kita cukup klik tombol ini dan memasukkan kata kunci yang ingin kita cari, maka Excel akan menemukan semua data yang mengandung kata kunci tersebut.

2. Menggunakan Shortcut Keyboard “Ctrl+F”

Selain menggunakan tombol “Find”, kita juga bisa menggunakan shortcut keyboard “Ctrl+F” untuk melakukan pencarian di Excel. Kita cukup menekan tombol “Ctrl+F” dan memasukkan kata kunci yang ingin kita cari, maka Excel akan menemukan semua data yang mengandung kata kunci tersebut.

3. Menggunakan Fungsi “Search”

Selain itu, kita juga bisa menggunakan fungsi “Search” untuk melakukan pencarian di Excel. Fungsi ini bisa kita temukan di bagian “Formulas” Excel. Kita cukup memasukkan kata kunci yang ingin kita cari, maka Excel akan menemukan semua data yang mengandung kata kunci tersebut.

4. Menggunakan Fungsi “Filter”

Terakhir, kita juga bisa menggunakan fungsi “Filter” untuk melakukan pencarian di Excel. Fungsi ini bisa kita temukan di bagian “Data” Excel. Kita cukup menekan tombol “Filter” dan memilih kolom yang ingin kita cari, maka Excel akan menampilkan data-data yang mengandung kata kunci tersebut.

Apa Saja Keuntungan dari Melakukan Pencarian di Excel?

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan melakukan pencarian di Excel, di antaranya sebagai berikut:

1. Waktu Lebih Efektif

Dengan melakukan pencarian di Excel, kita tidak perlu lagi mencari data secara manual. Hal ini tentunya akan menghemat waktu kita dan membuat pekerjaan kita lebih efektif.

2. Lebih Mudah dan Cepat

Selain itu, pencarian di Excel juga lebih mudah dan cepat dilakukan. Kita tinggal memasukkan kata kunci yang ingin kita cari, maka Excel akan menemukan semua data yang mengandung kata kunci tersebut.

3. Mengurangi Kesalahan Manusia

Dengan melakukan pencarian di Excel, kesalahan manusia dalam mencari data secara manual dapat dihindari. Kita tidak perlu lagi khawatir salah mencari data atau mengabaikan data yang seharusnya kita temukan.

Keuntungan Pencarian di Excel
Keterangan
Waktu lebih efektif
Menghemat waktu dan membuat pekerjaan lebih efektif
Lebih mudah dan cepat
Tinggal memasukkan kata kunci yang ingin dicari
Mengurangi kesalahan manusia
Tidak perlu khawatir salah mencari atau mengabaikan data

FAQ

1. Apa itu fitur “Find” di Excel?

Fitur “Find” di Excel adalah fitur untuk mencari data yang ingin kita cari dari sejumlah data yang ada di worksheet Excel. Kita bisa memasukkan kata kunci yang ingin dicari, dan Excel akan menemukan semua data yang mengandung kata kunci tersebut.

2. Apa itu fungsi “Search” di Excel?

Fungsi “Search” di Excel adalah fungsi untuk mencari data yang ingin kita cari dari sejumlah data yang ada di worksheet Excel. Kita bisa memasukkan kata kunci yang ingin dicari, dan Excel akan menemukan semua data yang mengandung kata kunci tersebut.

3. Apa itu fungsi “Filter” di Excel?

Fungsi “Filter” di Excel adalah fungsi untuk menampilkan data yang kita inginkan berdasarkan kriteria tertentu. Kita bisa memfilter data berdasarkan kolom, atau berdasarkan range tertentu.

Penutup

Itulah beberapa tips dan trik untuk melakukan pencarian di Excel dengan mudah dan cepat. Dengan memahami cara pencarian di Excel, kita bisa menghemat waktu dan membuat pekerjaan kita lebih efektif. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kawan Mastah semua. Terima kasih!

Cara Search di Excel Untuk Pemula Kawan Mastah