Tata Cara Sholat Dhuha dan Bacaannya Beserta Gambarnya

Halo Kawan Mastah! Pernahkah kamu mendengar tentang sholat dhuha? Sholat dhuha adalah salah satu sholat sunah yang sangat dianjurkan untuk kita lakukan. Sholat ini dilakukan pada waktu setelah matahari terbit dan sebelum waktu dzuhur tiba. Pada artikel ini, kamu akan mempelajari tata cara sholat dhuha beserta bacaannya beserta gambarnya. Yuk, simak!

1. Persiapan Sebelum Sholat Dhuha

Sebelum memulai sholat dhuha, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan agar sholatmu lebih khusyuk dan lancar. Berikut adalah persiapan tersebut:

1. Mempersiapkan Tempat yang Bersih

Pastikan tempat yang akan kamu gunakan untuk sholat dhuha sudah bersih dari debu, kotoran, dan benda-benda lain yang mengganggu konsentrasi. Jangan lupa juga untuk membuka jendela atau pintu agar udara dalam ruangan menjadi lebih sejuk.

2. Wudu atau Mandi

Sebelum sholat dhuha, pastikan kamu sudah melakukan wudu atau mandi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membersihkan dirimu dari segala macam kotoran baik itu fisik maupun non-fisik.

3. Menjaga Niat yang Khusyuk

Setelah melakukan persiapan fisik, pastikan juga kamu menjaga niat yang khusyuk dan fokus pada sholat dhuha yang akan dilakukan. Ingatlah untuk merenungkan segala macam kebaikan yang akan kamu dapatkan setelah melakukan sholat dhuha.

4. Membaca Doa Sebelum Sholat

Sebelum memulai sholat dhuha, ada beberapa doa yang bisa kamu baca terlebih dahulu. Salah satunya adalah:

Doa Sebelum Sholat Dhuha
Bismillaahirrahmaanirrahiim
Allaahumma sholli wa sallim wa baarik ‘alaa sayyidinaa muhammadin sholawaatu ‘alaah wa salaam

Setelah selesai membaca doa, kamu sudah siap untuk memulai sholat dhuha. Berikut adalah tata cara sholat dhuha beserta bacaannya:

2. Tata Cara Sholat Dhuha

Sholat dhuha sama seperti sholat pada umumnya, hanya saja waktu pelaksanaannya berbeda. Berikut ini adalah tata cara sholat dhuha:

1. Niat Sholat Dhuha

Seperti sholat sunah pada umumnya, sholat dhuha diawali dengan niat. Niat ini bisa dilakukan di dalam hati atau bisa juga diucapkan secara lisan.

2. Takbiratul Ihram

Setelah niat, langkah selanjutnya adalah takbiratul ihram. Cara melakukannya sama seperti sholat pada umumnya. Namun, ada beberapa yang mengangkat kedua tangannya sedikit di atas bahu.

3. Membaca Doa Iftitah

Setelah takbiratul ihram, kamu harus membaca doa iftitah sebelum melaksanakan rukun pertama sholat yaitu ruku. Doa iftitah bisa kamu baca di bawah ini:

Doa Iftitah
Subhana kallahumma wa bihamdika wa tabaarakasmuka wa ta’aala jadduka wa laa ilaha ghayruka

4. Membaca Al-Fatihah dan Surat Pendek

Setelah membaca doa iftitah, kamu bisa melanjutkan dengan membaca al-fatihah dan surat pendek seperti biasa.

5. Ruku

Setelah selesai membaca surat, langkah berikutnya adalah melakukan ruku. Dalam ruku, kamu harus membungkukkan badan dengan posisi tangan di atas lutut dan membaca “subhanallah humma rabbana wa bihamdika”.

6. I’tidal

Setelah ruku, kamu harus kembali ke posisi awal dengan tangan di samping badan dan membaca “sami’a allahuliman hamidah. Rabbana wa la kal hamd”.

7. Sujud

Setelah i’tidal, kamu harus melakukan sujud dengan posisi tangan menopang badan dan dahi menyentuh lantai. Di dalam sujud, bacalah “subhanallah humma rabbana wa bihamdika”.

8. Duduk di Antara Dua Sujud

Setelah melakukan sujud, kamu harus duduk di antara dua sujud dengan posisi menopang badan di atas lutut dan membaca “rabbighfirlii, warhamnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii, wa’aafinii”.

9. Sujud Kedua

Setelah duduk di antara dua sujud, kamu harus kembali melakukan sujud seperti pada langkah ke-7.

10. Duduk Tasyahud Awal

Setelah selesai melakukan sujud kedua, kamu harus duduk tasyahud awal dengan posisi tangan kanan menengadah dan tangan kiri diposisikan di atas paha kiri. Bacalah tasyahud awal seperti biasa.

11. Salam

Setelah tasyahud awal, kamu bisa mengakhiri sholat dengan membaca salam ke kanan dan kiri.

3. Bacaan Sholat Dhuha

Berikut adalah bacaan sholat dhuha yang harus kamu baca:

Bacaan Sholat Dhuha
Subhana alladzii khalaqat ts-samawaati wal ardha wa laa ‘azwaja lahoo wa maarijal buldani aqramana alaa khairim ma sanaa’u

Bacaan tersebut harus dibaca dalam setiap rakaat sholat dhuha. Jangan lupa untuk membaca doa sesudah sholat dhuha.

4. Doa Sesudah Sholat Dhuha

Setelah selesai melakukan sholat dhuha, kamu perlu membaca doa sesudah sholat dhuha. Berikut adalah doa tersebut:

Doa Sesudah Sholat Dhuha
Allaahumma ash-hadu annaka antallaahu laa ilaaha illa anta wa anna muhammadan ‘abduka wa rasuuluka

Setelah membaca doa tersebut, sholat dhuha sudah selesai. Selamat mencoba!

5. FAQ tentang Sholat Dhuha

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang sholat dhuha:

1. Apa itu sholat dhuha?

Sholat dhuha adalah sholat sunah yang dianjurkan bagi umat muslim untuk dilakukan pada waktu setelah matahari terbit dan sebelum waktu dzuhur tiba.

2. Bagaimana tata cara sholat dhuha?

Tata cara sholat dhuha sama seperti tata cara sholat pada umumnya, hanya saja perbedaannya terletak pada waktu pelaksanaannya. Kamu bisa melihat tata cara sholat dhuha di atas.

3. Apa saja bacaan yang harus dibaca dalam sholat dhuha?

Bacaan yang harus dibaca dalam sholat dhuha adalah bacaan sholat dhuha dan surat-surat pendek seperti biasa.

4. Apa keutamaan dari sholat dhuha?

Sholat dhuha memiliki banyak sekali keutamaan di antaranya adalah menenangkan hati, menjaga kesehatan, serta mendatangkan banyak keberkahan.

5. Kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat dhuha?

Waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat dhuha adalah setelah matahari terbit dan sebelum waktu dzuhur tiba.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang tata cara sholat dhuha beserta bacaannya beserta gambarnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin melakukan sholat dhuha. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan beribadah dengan khusyuk. Terima kasih Kawan Mastah!

Tata Cara Sholat Dhuha dan Bacaannya Beserta Gambarnya