Cara Membuat Kue Bolu Pisang untuk Kawan Mastah

Hello, Kawan Mastah! Apa kabar? Kali ini, saya akan berbagi resep cara membuat kue bolu pisang yang lezat dan mudah. Bolu pisang adalah salah satu kue yang disukai banyak orang, karena rasanya yang lembut dan manis. Dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, Kawan Mastah bisa membuat kue bolu pisang sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan kue bolu pisang, pastikan Kawan Mastah sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan yang harus disiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
225 gram
Roti tawar
2 lembar (potong-potong)
Gula pasir
150 gram
Mentega
100 gram (lelehkan)
Pisang raja
2 buah (haluskan)
Susu cair
100 ml
Telur ayam
4 butir
Baking powder
1 sdm
Essence vanila
1 sdt
Garam
1/4 sdt

Langkah-langkah Pembuatan

Setelah semua bahan disiapkan, Kawan Mastah bisa langsung memulai proses pembuatan kue bolu pisang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan loyang dan oven

Pertama-tama, siapkan loyang bulat dengan diameter sekitar 22 cm. Olesi loyang dengan mentega atau margarin, lalu taburi dengan sedikit tepung terigu. Sementara itu, panaskan oven pada suhu 175 derajat Celsius.

2. Campurkan tepung terigu dengan baking powder dan garam

Ambil sebuah wadah, lalu campurkan tepung terigu dengan baking powder dan garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna. Sisihkan.

3. Haluskan roti tawar

Haluskan roti tawar menggunakan blender atau chopper. Sisihkan.

4. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang

Ambil wadah lain, lalu kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer atau whisker hingga mengembang dan berwarna putih pucat.

5. Masukkan essense vanila dan lelehan mentega

Tambahkan essense vanila dan lelehan mentega ke dalam adonan telur dan gula pasir. Aduk rata menggunakan spatula atau whisker.

6. Masukkan tepung terigu secara bertahap

Tuangkan campuran tepung terigu secara bertahap ke dalam adonan telur dan gula pasir. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

7. Masukkan roti tawar dan pisang yang sudah dihaluskan

Tambahkan roti tawar dan pisang yang sudah dihaluskan ke dalam adonan. Aduk rata menggunakan spatula atau whisker.

8. Tambahkan susu cair

Tambahkan susu cair ke dalam adonan, lalu aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

9. Tuang adonan ke dalam loyang

Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu tadi. Ratakan permukaan adonan menggunakan spatula.

10. Panggang di dalam oven selama 45-50 menit

Letakkan loyang di dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Panggang kue selama 45-50 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan. Tes kematangan kue dengan menusukkan tusuk gigi ke dalam bagian tengah kue. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti kue sudah matang.

FAQ

1. Apakah kue bolu pisang bisa disimpan di dalam kulkas?

Ya, kue bolu pisang bisa disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari. Simpan kue dalam wadah tertutup agar tetap lembut dan tidak mudah kering.

2. Bolehkah menggunakan pisang lain selain pisang raja?

Tentu saja. Kawan Mastah bisa menggunakan pisang cavendish atau pisang kepok sebagai pengganti pisang raja.

3. Apakah kue bolu pisang cocok untuk dijadikan kue ulang tahun?

Tentu saja. Kue bolu pisang bisa dihias menjadi kue ulang tahun yang cantik dan lezat. Kawan Mastah bisa menambahkan buttercream atau fondant sebagai hiasan.

4. Apakah kue bolu pisang bisa dibuat tanpa baking powder?

Tidak bisa. Baking powder berfungsi sebagai bahan pengembang pada kue bolu pisang. Tanpa baking powder, kue tidak akan mengembang dan menjadi padat.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue bolu pisang?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue bolu pisang sekitar 1-2 jam, tergantung dari keahlian dan pengalaman Kawan Mastah dalam memasak.

Demikianlah resep cara membuat kue bolu pisang yang lezat dan mudah. Semoga bermanfaat untuk Kawan Mastah yang suka memasak dan mencoba hal-hal baru. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Cara Membuat Kue Bolu Pisang untuk Kawan Mastah