Cara Melacak Akun FB Palsu Lewat HP

Hello Kawan Mastah, mungkin kamu pernah mengalami kejadian yang tidak menyenangkan ketika berinteraksi dengan akun Facebook palsu. Hal ini sangat merugikan bagi kita sebagai pengguna Facebook, terutama jika akun tersebut digunakan untuk melakukan penipuan atau tindakan kriminal. Nah, kali ini kita akan membahas cara melacak akun Facebook palsu lewat HP. Yuk simak!

Apa itu Akun Facebook Palsu?

Sebelum kita membahas cara melacak akun Facebook palsu, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu akun Facebook palsu. Akun Facebook palsu adalah akun yang menggunakan identitas palsu atau menggunakan identitas orang lain tanpa memiliki izin. Akun Facebook palsu ini biasanya digunakan untuk melakukan tindakan kriminal seperti penipuan, penggelapan, perampokan, dan lain sebagainya.

Namun, tidak semua akun Facebook yang menggunakan nama atau foto orang lain adalah akun palsu. Bisa jadi itu adalah akun yang benar-benar dimiliki oleh orang tersebut namun tidak memakai nama asli atau foto dirinya sendiri. Jadi, jangan langsung menuduh bahwa akun tersebut palsu sebelum kamu memiliki bukti yang kuat.

Berbagai Tanda Akun Facebook Palsu

Sebelum kamu melacak akun Facebook palsu, ada baiknya kamu mengetahui tanda-tanda akun Facebook palsu. Berikut adalah beberapa tanda akun Facebook palsu:

No
Tanda-tanda Akun Facebook Palsu
1
Foto profil yang tidak jelas atau buram
2
Nama yang tidak jelas atau terlihat asing
3
Tidak memiliki foto sampul atau foto sampul yang terlihat mencurigakan
4
Akun yang dibuat baru-baru ini tetapi sudah memiliki banyak teman
Tidak memiliki banyak aktivitas atau posting yang mencurigakan

1. Foto profil yang tidak jelas atau buram

Akun Facebook palsu biasanya menggunakan foto profil yang tidak jelas atau buram. Foto profil ini bisa saja gambar binatang, gambar bunga, gambar tempat wisata, atau gambar model yang terlihat cantik atau tampan. Foto profil yang buram atau tidak jelas ini bertujuan agar pemilik akun palsu tidak terlihat jelas.

Namun, ada juga akun Facebook yang menggunakan foto profil orang lain namun dengan izin dari pemilik foto. Jadi, pastikan kamu memastikan terlebih dahulu apakah pemilik akun sudah mendapatkan izin dari pemilik foto atau tidak.

2. Nama yang tidak jelas atau terlihat asing

Nama akun yang terlihat asing atau tidak jelas juga bisa menjadi tanda akun Facebook palsu. Biasanya, akun Facebook palsu menggunakan nama yang tidak umum atau terlihat aneh. Nama ini bertujuan agar pemilik akun palsu tidak terlacak oleh orang lain.

3. Tidak memiliki foto sampul atau foto sampul yang terlihat mencurigakan

Akun Facebook yang palsu juga tidak memiliki foto sampul atau menggunakan foto sampul yang terlihat mencurigakan. Foto sampul ini bisa saja gambar yang terlihat aneh atau tidak sesuai dengan tema akun yang sebenarnya.

4. Akun yang dibuat baru-baru ini tetapi sudah memiliki banyak teman

Akun Facebook palsu biasanya dibuat baru-baru ini, namun sudah memiliki banyak teman. Hal ini terjadi karena pemilik akun menggunakan bot atau menjalankan program otomatis untuk menambah teman. Akun ini juga bisa saja menggunakan identitas yang sama dengan orang yang sudah memiliki banyak teman di Facebook.

5. Tidak memiliki banyak aktivitas atau posting yang mencurigakan

Akun Facebook palsu cenderung tidak memiliki banyak aktivitas atau posting yang mencurigakan. Hal ini dilakukan agar pemilik akun tidak terlacak oleh orang lain. Namun, jika kamu melihat akun yang memiliki banyak teman namun tidak memiliki banyak aktivitas atau posting, maka kamu perlu lebih waspada.

Cara Melacak Akun Facebook Palsu Lewat HP

Setelah mengetahui tanda-tanda akun Facebook palsu, sekarang kamu bisa mulai melacak akun palsu tersebut. Berikut adalah cara melacak akun Facebook palsu lewat HP:

1. Cek Informasi Profil

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melacak akun Facebook palsu adalah dengan mengecek informasi profil akun tersebut. Pastikan kamu memeriksa foto profil, foto sampul, nama, tanggal lahir, tempat tinggal, dan informasi lain yang terdapat di profil akun tersebut. Apabila ada beberapa informasi yang tidak sesuai atau terdapat kejanggalan, maka kemungkinan besar akun tersebut palsu.

2. Mengecek Aktivitas Akun

Cara kedua adalah dengan mengecek aktivitas akun tersebut. Periksa apakah akun tersebut memiliki riwayat aktivitas yang mencurigakan atau tidak. Jika akun hanya memiliki sedikit aktivitas atau posting, maka kamu perlu lebih waspada.

3. Mengecek Teman dan Followers

Selanjutnya, periksa daftar teman dan follower dari akun tersebut. Apabila banyak teman dan follower yang memiliki karakteristik yang sama dengan akun palsu tersebut, maka akun tersebut kemungkinan besar adalah akun palsu.

4. Mengecek Grup atau Halaman yang Diikuti

Cara terakhir adalah dengan mengecek grup atau halaman yang diikuti oleh akun tersebut. Pastikan bahwa grup atau halaman yang diikuti sesuai dengan profil dan karakteristik akun tersebut. Jika grup atau halaman yang diikuti tidak sesuai, maka kemungkinan besar akun tersebut palsu.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika menemukan akun Facebook palsu?

Jika kamu menemukan akun Facebook palsu, sebaiknya kamu melaporkannya ke Facebook dengan cara mengklik tiga titik di pojok kanan atas profil akun tersebut, lalu pilih “Laporkan Akun”. Kemudian, pilih alasan kamu melaporkan akun tersebut dan ikuti petunjuk selanjutnya.

2. Apakah bisa melacak akun Facebook palsu dengan hanya mengandalkan foto profil?

Tidak bisa. Melacak akun Facebook palsu dengan hanya mengandalkan foto profil bukanlah metode yang efektif. Kamu perlu mengkombinasikan beberapa cara seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

3. Apakah harus menggunakan aplikasi khusus untuk melacak akun Facebook palsu?

Tidak wajib. Kamu bisa menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh Facebook untuk melacak akun Facebook palsu. Namun, jika kamu merasa kesulitan atau ingin menggunakan aplikasi khusus, kamu bisa mencari di Play Store atau App Store.

Cara Melacak Akun FB Palsu Lewat HP