Cara Buat Popcorn Manis

Hello Kawan Mastah! Siapa sih yang tidak suka dengan popcorn manis? Makanan ringan yang satu ini memang sangat menyenangkan untuk disantap saat sedang nonton film atau bersantai di rumah. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata membuat popcorn manis sangatlah mudah? Yuk, simak cara buat popcorn manis yang kami sajikan di bawah ini!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat popcorn manis, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Biji jagung
100 gram
Gula pasir
50 gram
Minyak goreng
2 sendok makan
Garam
secukupnya

Dengan menyiapkan bahan-bahan tersebut, kamu sudah siap untuk membuat popcorn manis yang lezat!

Langkah-langkah

1. Panaskan Wajan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memanaskan wajan di atas kompor dengan api sedang. Setelah wajan cukup panas, masukkan minyak goreng dan biarkan selama beberapa detik.

2. Tambahkan Biji Jagung

Selanjutnya, tambahkan biji jagung ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga seluruh biji tertutupi minyak goreng. Kemudian, tutup wajan dan biarkan biji jagung matang.

3. Tambahkan Gula Pasir

Saat biji jagung sudah mulai meletup-letup, buka tutup wajan dan tambahkan gula pasir secukupnya. Aduk-aduk hingga seluruh jagung tercampur dengan gula pasir.

4. Tambahkan Garam

Setelah gula pasir tercampur dengan jagung, tambahkan garam secukupnya untuk menambahkan cita rasa yang gurih pada popcorn manis kamu.

5. Angkat dan Sajikan

Ketika semua bahan sudah tercampur dan gula sudah meleleh, angkat popcorn manis dari wajan dan sajikan di dalam mangkuk atau stoples. Selamat menikmati popcorn manis yang lezat!

FAQ

1. Bisa gak make oven?

Tentu saja bisa, kamu hanya perlu menyiapkan oven dan melapisi biji jagung dengan gula pasir dan minyak goreng. Kemudian, panggang di dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 10-15 menit atau hingga biji jagung meletup.

2. Bisa gak make jagung kaleng?

Bisa, namun hasilnya mungkin tidak selezat popcorn manis yang dibuat dengan biji jagung segar. Jagung kaleng biasanya sudah terlalu matang dan tidak akan meletup seperti biji jagung segar.

3. Apakah popcorn manis dapat disimpan?

Tentu saja, kamu bisa menyimpan popcorn manis dalam mangkuk atau stoples yang tertutup rapat. Popcorn manis dapat bertahan hingga beberapa hari asalkan disimpan di tempat yang kering dan tidak lembab.

4. Bisa gak menambahkan topping tambahan?

Tentu saja, kamu bisa menambahkan topping tambahan seperti kacang mede, kismis, atau cokelat cair untuk menambahkan variasi pada popcorn manis kamu.

5. Apakah popcorn manis sehat?

Popcorn manis mengandung gula dan minyak goreng yang cukup tinggi kalori. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi popcorn manis secara berlebihan agar tidak berdampak buruk pada kesehatan.

Itulah beberapa FAQ yang sering ditanyakan tentang cara buat popcorn manis. Semoga informasi ini dapat membantu kamu untuk membuat popcorn manis yang lezat dan sehat!

Cara Buat Popcorn Manis