Cara Buat Nastar Lembut dan Lumer

Hello Kawan Mastah! Apa kabar hari ini? Kali ini kami ingin berbagi cara membuat nastar yang lembut dan lumer di mulut. Nastar adalah salah satu kue yang tidak pernah lekang oleh waktu. Kue yang satu ini selalu menghadirkan rasa manis dari adonan kue yang lembut dan taburan selai nanas di dalamnya. Membuat nastar memang tidak sulit, tapi bagaimana agar nastar kita menjadi lembut dan lumer di mulut? Simak tips dan trik berikut ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan nastar, pastikan terlebih dahulu bahan-bahan yang kamu butuhkan sudah tersedia. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
500 gram
Gula halus
200 gram
Margarin
250 gram
Kuning telur
4 butir
Selai nanas
secukupnya

Setelah kamu memastikan bahan-bahan sudah ada, kamu bisa langsung memulai pembuatan nastar lembut dan lumermu!

Cara Membuat Adonan Nastar

Adonan nastar adalah kunci dari kelembutan nastar yang kamu buat. Berikut adalah langkah-langkah membuat adonan nastar:

1. Campurkan Tepung Terigu dan Gula Halus

Campurkan tepung terigu dan gula halus dalam wadah besar. Aduk hingga tercampur rata.

2. Tambahkan Margarin

Tambahakan margarin pada campuran tepung terigu dan gula halus. Bila kamu menginginkan adonan yang lebih lembut dan mudah diuleni, kamu bisa memakai mentega. Aduk semua bahan hingga margarin tercampur rata pada campuran tepung terigu dan gula halus.

3. Tambahkan Kuning Telur

Setelah margarin tercampur rata, tambahkan kuning telur pada campuran tersebut. Aduk semua bahan hingga kuning telur tercampur rata pada campuran tepung terigu, gula halus, dan margarin.

4. Diamkan Adonan

Setelah semua bahan tercampur rata, diamkan adonan selama kurang lebih 15 menit. Hal ini bertujuan agar adonan menjadi lebih lembut dan mudah diuleni.

5. Bentuk Adonan Nastar

Setelah adonan didiamkan, ambil sejumput adonan dan bentuk adonan menjadi bulatan kecil. Letakkan bulatan kecil tersebut pada loyang yang telah diberi alas kertas roti.

6. Beri Selai Nanas

Setelah kamu membentuk adonan nastar, berikan selai nanas di atas bulatan adonan tersebut. Caranya dengan menggunakan sendok kecil, letakkan selai nanas pada tengah bulatan adonan. Pastikan selai tidak terlalu banyak, hanya secukupnya agar rasa nanas tidak terlalu dominan.

7. Bentuk Kembali Adonan Nastar

Setelah selai nanas ditaruh di tengah bulatan adonan, rapatkan tepi bulatan adonan hingga menutupi selai nanas. Bentuk kembali bulatan adonan nastar hingga menjadi nastar yang mochi.

8. Panggang Nastar

Setelah kamu membentuk nastar, panggang nastar dalam oven dengan suhu 160 derajat Celcius. Panggang selama kurang lebih 20 menit hingga nastar matang dan kekuningan.

Tips Membuat Nastar yang Lembut dan Lumer

Agar nastar yang kamu buat menjadi lembut dan lumer di mulut, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan:

1. Margarin/Mentega yang Baik

Pemilihan margarin atau mentega yang baik akan mempengaruhi kelembutan nastar yang dihasilkan. Pilih margarin atau mentega yang berkualitas tinggi dan tidak terdapat bahan pengawet berbahaya.

2. Jangan Kerasi Adonan

Saat menguleni adonan nastar, jangan berlebihan sehingga adonan menjadi keras. Karena adonis yang terlalu banyak diuleni akan membuat nastar menjadi keras dan tidak lembut.

3. Jangan Terlalu Masak

Jangan terlalu lama memanggang nastar karena bisa membuat nastar menjadi kering dan keras. Panggang nastar sampai matang dan kekuningan, tidak perlu terlalu lama.

FAQ

1. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nastar?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nastar adalah tepung terigu, gula halus, margarin/mentega, kuning telur, dan selai nanas.

2. Apakah margarin atau mentega yang digunakan mempengaruhi hasil akhir nastar?

Ya, memilih margarin atau mentega yang berkualitas tinggi akan mempengaruhi kelembutan nastar yang dihasilkan.

3. Berapa lama memanggang nastar?

Panggang nastar selama kurang lebih 20 menit pada suhu 160 derajat Celcius atau sampai matang dan kekuningan.

4. Bagaimana agar rasa selai nanas tidak terlalu dominan di dalam nastar?

Pastikan selai nanas yang diberikan pada nastar tidak terlalu banyak, hanya secukupnya agar rasa nanas tidak terlalu dominan.

5. Apa yang menyebabkan nastar menjadi keras?

Adonan yang terlalu banyak diuleni dan terlalu lama memanggang nastar bisa membuat nastar menjadi keras.

Cara Buat Nastar Lembut dan Lumer