Cara Membuat Banana Roll untuk Kawan Mastah

Halo Kawan Mastah, kali ini kita akan belajar membuat banana roll yang lezat. Banana roll adalah camilan yang terbuat dari pisang yang digulung dalam adonan tepung dan digoreng hingga kecokelatan. Camilan ini cocok disantap saat waktu senggang atau saat kumpul bersama teman-teman. Yuk, simak cara membuatnya!

Bahan-bahan

Sebelum kita mulai membuat banana roll, pastikan kita sudah menyiapkan semua bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Pisang raja
4 buah
Tepung terigu
1 1/2 cup
Gula pasir
1/4 cup
Garam
1/2 sendok teh
Air matang
1 1/2 cup
Tepung maizena
1/4 cup
Minyak goreng
secukupnya

Selain bahan di atas, kita juga membutuhkan wadah untuk mencampur adonan dan wadah untuk menggoreng banana roll. Sudah siap dengan semua bahan? Kita bisa mulai membuat banana roll.

Cara Membuat Banana Roll

1. Siapkan Tepung dan Adonan

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, dan garam dalam satu wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan sempurna. Kemudian, tambahkan air matang dan aduk lagi hingga tercampur dan menjadi adonan yang sedikit kental.

2. Potong Pisang

Potonglah pisang menjadi empat bagian dengan gaya potongan miring. Pastikan pisang tidak terlalu tipis atau terlalu tebal. Masukkan potongan pisang ke dalam adonan tepung dan aduk hingga pisang terbalut adonan. Lakukan sampai semua potongan pisang terbalut adonan.

3. Goreng Banana Roll

Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Setelah minyak panas, celupkan potongan pisang yang sudah terbalut adonan tepung ke dalam minyak panas. Goreng hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan banana roll dari wajan, lalu sisihkan.

4. Taburi Tepung Maizena

Sebelum disajikan, taburkan tepung maizena pada banana roll yang sudah digoreng tadi. Hal ini bertujuan agar banana roll tidak lengket dan terasa lebih renyah saat dimakan.

5. Sajikan dan Nikmati

Setelah banana roll sudah siap, sajikan pada piring saji dan nikmati bersama teman-teman atau keluarga. Banana roll dapat disajikan dengan saus coklat atau saus karamel sebagai pelengkap.

FAQ

1. Bisa gak diganti pisang yang lain?

Bisa, tetapi pisang raja lebih cocok digunakan karena pisang ini lebih manis dan tidak terlalu lembek.

2. Berapa lama banana roll dapat disimpan?

Banana roll dapat disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama satu hari. Namun, banana roll lebih baik disajikan saat masih hangat dan renyah.

3. Bisakah menggunakan blender untuk membuat adonan tepung?

Bisa, tetapi sebaiknya adonan tepung diaduk secara manual agar adonan tidak terlalu cair dan terlalu lembut.

4. Bisakah menggunakan minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng makanan sebelumnya?

Tidak disarankan karena minyak goreng yang sudah digunakan terlalu kotor dan dapat mempengaruhi rasa banana roll.

5. Bisakah dihindari penggunaan tepung maizena?

Bisa, tetapi banana roll menjadi lebih lengket dan tidak terlalu renyah saat dimakan.

Sampai di sini dulu Kawan Mastah, selamat mencoba membuat banana roll di rumah dan semoga berhasil! Jangan lupa bagikan resep ini pada teman-teman yang ingin belajar membuat banana roll juga. Terima kasih sudah membaca artikel saya.

Cara Membuat Banana Roll untuk Kawan Mastah